Selasa, 27 Oktober 2020

Muswil Dekopin, Andika: Banten Fokus Pemulihan Ekonomi Tanpa Korbankan Kesehatan

Rabu, 23 Sept 2020 | 19:08 WIB - Banten Ekonomi & Bisnis

lBC, Serang - Wakil Gubernur (Wagub)Banten Andika Hazrumy menghadiri Musyawarah Wilayah Dewan Koperasi Indonesia Banten di gedung PKPRI Kabupaten Serang, Cigabus, Kota Serang pada Rabu, 23 September 2020. Dalam sambutannya Andika menegaskan Pemprov Banten saat ini tengah fokus mengkaji kebijakan-kebijakan terkait pemulihan ekonomumi yang tak harus mengorbankan kesehatan masyarakat.

"Ekonomi Banten terakhir dilaporkan terkontraksi minus 7 persen. Untuk itu kami fokus recovery ekonomi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Wagub. Hadir dalam acara tersebut Ketua Dekopin Banten Ratu Tatu Chasanah dan Ketua Dekopin Nurdin Halid.

Terkait pemulihan ekonomi tersebut, Wagub meminta Dekopin untuk dapat turut menggerakkan perkonomian yang terdampak pandemi Covid 19 sejauh ini. "Pemprov sendiri tentu berkomitmen untuk mensupport program-program Dekopin melalui program-program di dinas terkait," imbuhnya.

Andika mengaku kondisi pandemi Covid 19 di Banten saat ini cenderung memburuk dimana tidak ada daerah yang berstatus zona kuning, apalagi hijau. "Maka protokol kesehatan itu mutlak. Tapi protokol kesehatan jangan sampai menghambat perekonomian," ujarnya.

Terkait koperasi sendiri, kata Wagub, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022 Pemerintah Provinsi Banten memiliki program pengembangan kelembagaan dan pengawasan koperasi. Berikutnya program peningkatan kualitas usaha dan pemberdayaan koperasi dengan target capaian sebesar 6 persen koperasi yang bankable dan program pelatihan SDM Koperasi.

"Melalui Musyawarah Wilayah DEKOPIN Provinsi Banten, Pemerintah Provinsi 
Banten senantiasa mendorong sinergi positif antara upaya yang dilakukan oleh .Gerakan Koperasi dan  Pemerintah Daerah, sehingga Koperasi mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini,  lanjut Andika, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten akan memberikan bantuan modal/ hibah bagi Koperasi dan Pelaku UKM yang bersumber dari Dana Tidak Terduga Pemerintah Provinsi Banten.

"Selain itu, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten memfasilitasi bantuan bagi Koperasi 
dan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang besumber dari dana APBN," imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Koperasi dan UMKM menyelenggarakan kegiatan pelatihan-pelatihan tata kelola dan 
pemanfaatan teknologi informasi. Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten juga memfasilitasi Non Performing Loan (kredit bermasalah) bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) terkait rescheduling.

Sementara itu, Nurdin Halid dalam sambutannya mengatakan, koperasi sebagai salah satu solusi mempertahankan kestabilan ekonomi. Gerakan koperasi dinilai aman karena mengandalkan semangat kebersamaan.

Menurut Nurdin, gerakan koperasi merupakan wadah perjuangan yang mengedepankan kepentingan bersama. Konsepnya, masalah ekonomi tidak bisa diselesaikan hanya oleh orang per orang. "Kita akan mengalami ekonomi melemah. Gerakan koperasi harus jadi pengaman," katanya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Libur Panjang,  Sekda : Mending Sama Keluarga
Selasa, 27 Okt 2020 | 11:01 WIB
Libur Panjang, Sekda : Mending Sama Keluarga
Dua Residivis Sindikat Curanmor Dibekuk Polisi
Senin, 26 Okt 2020 | 18:32 WIB
Dua Residivis Sindikat Curanmor Dibekuk Polisi

KOMENTAR

Muswil Dekopin, Andika: Banten Fokus Pemulihan Ekonomi Tanpa Korbankan Kesehatan

PEMERINTAHAN

86 dibaca
Libur Panjang, Sekda : Mending Sama Keluarga
124 dibaca
Pemkab Serang Raih Penghargaan 5 Kali Opini WTP dari Kemenkeu

POLITIK

214 dibaca
Ucapan Terima Kasih Warga, Ratu Tatu Dihadiahi Bontot Pontang
276 dibaca
Ciptakan Pilkada Kabupaten Serang Aman Damai Sehat dan sejuk

HUKUM & KRIMINAL

91 dibaca
Dua Residivis Sindikat Curanmor Dibekuk Polisi
171 dibaca
Belum Dapat Untung jadi Pengedar Pil Heximer, Dua Pemuda Ditangkap

PERISTIWA

60 dibaca
Libur Panjang, Polres Serang Terjunkan 143 Personil di Pusat Keramaian
69 dibaca
Sajadah Pengimaman Mesjid Al-Falah Dibakar Diduga ODGJ

EKONOMI & BISNIS

77 dibaca
Waduh, Upah Minimum Tahun Depan Tidak Naik
594 dibaca
Kemendag-Facebook Berdayakan UMKM Indonesia
Top