Sabtu, 25 Mei 2024

Meski Over Crowed, Rutan Rangkasbitung Tetap Aman

Kepala Rutan Rangkasbitung saat bersilaturahmi dengan Bupati Lebak. (Foto-ist)
Selasa, 21 Nov 2017 | 15:49 WIB - Lebak Hukum & Kriminal

IBC, Lebak – Kepala rumah tahanan Rangkasbitung, Aliandra Harahap mengatakan, meski saat ini warga binaan pemasyarakat (WBP) di Rutankas dalam keadaan Over Crowed. Akan tetapi, suasana di dalam lapas masih dalam keadaan aman dan terkendali, hal tersebut dikatakan Aliandra di hadapan Bupati Lebak Hj Iti Octavia Jayabaya saat tim Rutankas melakukan silaturahmi ke pendopo Lebak, Selasa 21-November-2017.

“Saat ini isi penghuni 200 orang, memang sudah over crowded dari 100 orang kapasitas seharusnya. Namun Alhamdulillah, Rutan Rangkasbitung dalam keadaan aman, tertib dan kondusif, ”kata Aliandra ke Bupati lebak.

Aliandra menlanjutkan, latar belakang jajarannya melakukan silaturahmi kepada orang nonor satu di kabupaten Lebak tersebut dikarenakan, ia  menyadari bahwa untuk mewujudkan sistem pemasyarakatan yang ideal itu tidak lah mudah. Dengan begitu, perlu kiranya  meminta dukungan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak.  

Ia pun  menyadari, bahwa tugas berat membina para WBP tidaklah mudah, sehingga perlu kiranya membina secara bersama-sama para  WBP yang mayoritas warga Lebak. Selama ini, kerjasama dan dukungan pemda Lebak terhadap WBP Rutan Rangkasbitung memang cukup baik, akan tetapi pihaknya  meinginkan kedepan sinergi Pemda dengan Rutan Rangkasbitung lebih baik lagi.

“Dalam sistem Pemasyarakatan Indonesia, Pemda Lebak menjadi salah satu pilar dari 2 pilar utama pemasyarakatan lainnya, yaitu petugas dan WBP, jadi mustahil pembinaan kami akan berhasil tanpa didukung oleh Pemda Lebak, kami berharap dukungan dari Ibu Bupati agar pembinaan WBP dapat terarah dan menjadi lebih baik”,  kata pria yang pernah menjabat kasubag TU Pimpinan dan Protokol Ditjenpas ini.

Menanggapi Kepala Rutan, Bupati Lebak, Hj. Iti Otcavia Jayabaya menyampaikan apreasiasinya terhadap Kepala Rutan dan jajaran atas pengabdianya dalam membina warga Lebak.

"Saya instruksikan kepada dinas terkait, program yang apa bisa diselaraskan dengan program di rutan. Kita akan dukunglah, kita bisa berikan apa untuk Rutan, agar pembinaan kepada WBP (warga Lebak) bisa terlaksana dengan baik, WBP bisa kembali beradaptasi dengan masyarakat dan memiliki bekal keterampilan setelah bebas nanti ," pesan Iti.

 

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Meski Over Crowed, Rutan Rangkasbitung Tetap Aman

INILAH SERANG

1592 dibaca
Hari Pertama Ops Patuh Kalimaya, Satlantas Tilang Ratusan Pengendara
397 dibaca
Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Serang-Perumda Tirta Albantani Gandeng PT SCTK

HUKUM & KRIMINAL

1487 dibaca
Polres Lebak Siapkan 368 Personil untuk Amankan Natal dan Tahun Baru
1769 dibaca
BPJS Ketenagakerjaan dan Kejati Banten Gelar Rapat Evaluasi

POLITIK

1516 dibaca
KPU Harus Beberkan Mekanisme Pemilihan Calon Tunggal di Pilkada Lebak
338 dibaca
Golkar-Demokrat Banten Jajaki Koalisi Semua Pilkada

PENDIDIKAN

1132 dibaca
CSR Perusahaan di Kabupaten Serang untuk Pendidikan Masih Minim
311 dibaca
Pemprov Banten Ajak Anak Yatim dan Dhuafa Baca dan Berwisata
Top