Sabtu, 25 Mei 2024

Meriam Bambu "Beledogan" yang Masih Eksis Kala Ramadhan

[Foto InilahBanten/Syam]
Kamis, 15 Apr 2021 | 16:55 WIB - Pandeglang

lBC, Pandeglang - Meriam bambu atau yang kerap disebut dengan beledogan menjadi salah satu alat yang kerap dijadikan sebagai penghibur anak-anak saat bulan ramadhan tiba. Seperti halnya yang dimainkan oleh anak-anak Kampung Cilaja Kelurahan Cilaja Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang.

Mainan yang terbuat dari bahan bambu dengan ukuran panjang 1,5 meter dengan diberikan lubang seukuran kurang lebih 5 cm untuk memasukan minyak tanah yang dimana nantinya disulut dengan menggunakan api sehingga menghasilkan suara ledakan yang lumayan dahsyat.

Salah seorang warga Ari Sihabudin menceritakan, permainan meriam bambu kerap dijadikan salah satu permainan oleh anak-anak sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba.

"Biasanya kalau sebelum buka puasa sambil ngabuburit gitu dan setelah shalat tarawih selalu dimainkan," kata Ari saat ditemui dilokasi pada Kamis, 15 April 2021.

Ditambahkannya, jika suara ledakan yang dihasilkan ingin lebih keras maka salah satu media yang dijadikan sebagai bahan untuk menghasilkan ledakan menggunakan karbit. Akan tetapi, memiliki resiko yang bisa membahayakan anak-anak pasalnya. Dengan ledakan yang begitu keras daripada menggunakan bahan minyak tanah. Pastinya, bisa menyebabkan bambu menjadi pecah. Alhasil pasti bakal melukai pemainnya.

Selain itu, bambu yang di jadikan sebagai meriam juga bisa saja diganti dengan pohon pepaya. Namun, memiliki potensi pecah saat ledakan yang dihasilkan lebih keras.

“Bisa pakai pohon pepaya juga tapi, itu bisa saja pecah karena kan tidak kuat. Dan bambu juga tidak asal bambu yang digunakannya. Kalau bambu yang masih umurnya muda itu suaranya tidak nyaring jadi tang di gunakan harus bambu yang betul-betul sudah tua," tandasnya.[Syam/Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Meriam Bambu "Beledogan" yang Masih Eksis Kala Ramadhan

INILAH SERANG

1357 dibaca
Lakukan Survei, Demokrat Gandeng LSI
1224 dibaca
Polda Banten Limpahkan Berkas dan 2 Tersangka Mafia Tanah

HUKUM & KRIMINAL

2190 dibaca
Tiga Tersangka Curanmor Tersungkur Ditembak
1190 dibaca
Oknum Sekuriti Pabrik Nekad Nyambi Jual Sabu

POLITIK

1802 dibaca
Kompak, Pendukung Vera-Nurhasan Memilih Nobar Debat di Gedung Golkar
1750 dibaca
Konsolidasi, Ribuan PKS Muda Banten Ikut The Beach Party

PENDIDIKAN

1115 dibaca
HUT Ke-16 Himpaudi, Wagub Banten Soroti Gangguan Tumbuh Kembang Anak di Masa Pan...
2110 dibaca
Tak Kunjung Cair, Dimana Dindikbud Banten Mengendap Dana BOS
Top