Selasa, 13 November 2018

Melalui ARDEX-18, Provinsi Banten Siap Atasi Dampak Bencana

[Foto Istimewa]
Kamis, 08 Nov 2018 | 16:17 WIB - Cilegon Peristiwa

lBC, Serang - Provinsi Banten mendapat kehormatan sebagai tuan rumah ASEAN Regional Disaster Emergency Respone Simulation Exercise (ARDEX-18) tahun 2018. Pemilihan Provinsi Banten sebagai lokasi pelaksanaan ARDEX-18 tahun 2018 dikarenakan industri di Provinsi Banten berkembang pesat dan menjadikan pentingnya antisipasi terhadap dampak-dampak bahan kimia yang disebabkan bencana alam.

Oleh karenanya, pada Kamis, 8 November 2018 berlokasi di Kawasan Industri Krakatau, Kota Cilegon dilaksanakan simulasi guna mengantisipasi ancaman gempa bumi dan tsunami yang berdampak terhadap bencana industri.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten Komari menyampaikan dengan ditunjuknya Provinsi Banten sebagai lokasi ARDEX-18 tahun 2018 menunjukan bahwanya kesiapan Provinsi Banten dalam menerima teknologi-teknologi baru dalam penanggulangan bencana.

“Semakin hari dampak dari bencana alam semakin beragam, bahkan dampak yang sebelumnya tidak kita bayangkan. Kedepannya Provinsi Banten bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain dalam hal kesiapan menerima teknologi-teknologi yang akan terus berkembang, khususnya dalam upaya antisipasi dampak bencana,” ujar Komari.

Direktur Eksekutif ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Center) Adelina Kamal menjelaskan, ARDEX merupakan latihan bersama (gladi) penanggulangan bencana yang rutin dilaksanakan 2 (dua) tahun sekali, dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kerjasama negara-negara ASEAN dalam penanggulangan bencana. Sedangkan, ARDEX-18 merupakan kerjasama antara pemerintah Kota Cilegon, Pemerintah Provinsi Banten, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) se-Provinsi Banten, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta utusan negara-negara di kawasan ASEAN. Mereka dengan sigap memperagakan penanggulangan dampak bencana di Kawasan Industrial.

Adelina juga mengungkapkan, dengan adanya persetujuan kerjasama 10 negara ASEAN dalam ASEAN Agreement on Disaster Management and Emergency Response (AADMER), telah melahirkan regional Standard Operating Procedure (SOP) yang akan diuji mekanismenya dalam tahapan perhelatan ARDEX 2018. 

“Poin-poinnya seperti meminimalisasi pencemaran bahan kimia, memberikan pertolongan pertama bagi korban yang terpapar bahan kimia serta merencanakan pemulihan wilayah yang terkontaminasi,”tutur Adelina.

Selanjutnya, ujar Adelina, tahapan simulasi ARDEX meliputi latihan Gladi Posko atau Command Post Exercise (CPX) dan Gladi Lapang atau Field Training Exercise (FTX).  Uji SOP turut dilaksanakan untuk memastikan keberadaan dan kemampuan kapasitas negara-negara ASEAN dalam pemberian bantuan.[Kominfo]

Reporter: Mufin
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

WH: Suami Ibu Belum Tentu Ngasih 1 Juta Tiap Tahun
Selasa, 18 Sept 2018 | 19:52 WIB
WH: Suami Ibu Belum Tentu Ngasih 1 Juta Tiap Tahun
Lakalantas Beruntun, Satu Meninggal Dunia Seketika
Sabtu, 08 Sept 2018 | 00:05 WIB
Lakalantas Beruntun, Satu Meninggal Dunia Seketika
Lalin ke Anyer Satu Arah Hingga 24 Juni
Sabtu, 16 Jun 2018 | 22:26 WIB
Lalin ke Anyer Satu Arah Hingga 24 Juni

KOMENTAR

Melalui ARDEX-18, Provinsi Banten Siap Atasi Dampak Bencana

PEMERINTAHAN

235 dibaca
Puluhan Pejabat Fungsional Pemprov Banten Dilantik
1028 dibaca
Perintah Perpres 16/2018, LPSE Dibentuk dalam Satu Badan/Dinas
217 dibaca
Lokakarya, Pemprov Bahas Pengurangan Kawasan Kumuh di Banten

POLITIK

263 dibaca
Caleg Golkar Dilarang Saling Menjelekkan dan Menjegal
210 dibaca
Dikukuhkan, Karya Nyata ICMI Ditunggu Masyarakat Banten
289 dibaca
Memilih Pemimpin di Pilpres 2019 Menurut UAS

HUKUM & KRIMINAL

146 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal
632 dibaca
Sebar Ujaran Kebencian di Facebook, Warga Petir Ditangkap
340 dibaca
6 Oknum Anggota Ormas Pengeroyok Polisi Terancam 7 Tahun Penjara

PERISTIWA

106 dibaca
Melalui ARDEX-18, Provinsi Banten Siap Atasi Dampak Bencana
1182 dibaca
Mayat Laki-laki Membusuk di Rumah Kontrakan Gegerkan Warga Cikande
1781 dibaca
Di Waringinkurung, Polisi dan TNI Ini Kompak Gotong Keranda Mayat

EKONOMI & BISNIS

80 dibaca
Andika Ingin Ekraf Jadi Tulang Punggung Baru Perekonomian di Banten
102 dibaca
Selama Oktober 2018, Nilai Tukar Petani di Banten Alami Kenaikan
Top