Sabtu, 16 Januari 2021

Mau Liburan Tahun Baru, Tiket Kereta Api Udah Bisa Dipesen yah

Foto Instagram KAI
Senin, 23 Nov 2020 | 23:50 WIB - Nasional Ekonomi & Bisnis

IBC, JAKARTA - Menjelang libur panjang natal 2020 dan tahun baru 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka pemesanan tiket kereta api jarak jauh. Masyarakat sudah dapat memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, serta kanal penjualan resmi lainnya.

"Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya, seperti dilansir dari detik.com Senin (23/11/2020)

Tiket-tiket yang dijual di antaranya KA Taksaka relasi Yogyakarta-Gambir, KA Gajayana relasi Malang-Gambir PP, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan-Pasar Senen, KA Argo Parahyangan Bandung-Gambir, KA Mutiara Selatan Surabaya Gubeng-Bandung PP, dan lain sebagainya.

KAI tetap mengoperasikan kereta dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin sejak di stasiun dan di atas kereta selama dalam perjalanan. Pada masa pandemi, KAI menjual tiket kereta jarak jauh dan lokal hanya 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan physical distancing sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020.

Pelanggan kereta jarak jauh tetap diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Pelanggan juga diharuskan menunjukkan surat bebas COVID-19 lewat tes PCR/rapid test yang berlaku 14 hari sejak diterbitkan, atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan/atau rapid test.

KAI menyediakan layanan rapid test seharga Rp 85.000 di 31 stasiun antara lain Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang. Lalu, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Kediri, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

"Jika dilakukan di Stasiun, masyarakat diimbau untuk melakukan rapid test setidaknya H-1 tanggal keberangkatan. Tujuannya untuk menghindari antrean dan terburu-buru pada hari keberangkatan," ujar Joni.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pengoperasin KA di akhir tahun 2020 ini, masyarakat dapat menghubungi contact center KAI melalui telepon di (021)121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (Detik.com/IBC)***

Redaktur: Nunu
Bagikan:

LAINNYA

Korban Sriwijaya Air Tak Perlu Urus Akta Kematian
Jumat, 15 Jan 2021 | 20:25 WIB
Korban Sriwijaya Air Tak Perlu Urus Akta Kematian
Tiket Vaksin Bisa Didapat Via WhatsApp
Jumat, 15 Jan 2021 | 19:45 WIB
Tiket Vaksin Bisa Didapat Via WhatsApp
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
Selasa, 12 Jan 2021 | 13:47 WIB
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air

KOMENTAR

Mau Liburan Tahun Baru, Tiket Kereta Api Udah Bisa Dipesen yah

BERITA TERKAIT

INILAH BANTEN

72 dibaca
HPN 2021 SMSI Sumbang Jalan dan Sarana Sanitasi
194 dibaca
Kapolda: Jadilah Polisi yang Empati, Mengayomi dan Dekat Dengan Rakyat

INILAH SERANG

45 dibaca
Bupati Tatu Beberkan Reaksi Pasca Divaksin
108 dibaca
Lakalantas Dua Truk di Tol Tangerang-Merak, Satu Meninggal Dunia

HUKUM & KRIMINAL

120 dibaca
Jokowi Minta Aparat Tindaklanjuti Temuan Komnas HAM soal FPI
923 dibaca
Sejumlah Pejabat Polres Serang Dimutasi dan Promosi, Ini Daftarnya

POLITIK

123 dibaca
Partisipasi Masyarakat di Pilkades Diprediksi Tinggi
360 dibaca
Kapan Pelantikan Bupati-Wabup Serang Terpilih, Ini Penjelasan Ketua KPU

PENDIDIKAN

103 dibaca
Nadiem Makarim Bicara Korban Sriwijaya Air
241 dibaca
Tenaga Pengajar Berstatus ASN di Pandeglang Masih Minim
Top