Sabtu, 13 Juli 2024

Masuk 75 ADWI 2023, Desa Kubang Baros Raih Juara Harapan Souvenir Terbaik

[Foto Istimewa]
Selasa, 29 Agt 2023 | 21:47 WIB - Serang Wisata HEADLINE

lBC, Serang - Desa Wisata Kubang Baros, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang masuk 75 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari 4.573 desa se Indonesaia yang mendaftar ADWI. Selain masuk 75 besar, Desa Kubang Baros juga meraih Juara Harapan Kategorai Souvenir Desa Wisata Terbaik.

 

Penghargaan ADWI diserahkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Minggu, 27 Agustus 2023. Penghargaan tersebut diterima langsung Kepala Desa Kubang Baros Aang Fathoni, hadir pula Camat Cinangka, Kepala Disporapar Anang Dwi Satya Prasadya, Kepala Bidang Bina Destinasi dan Sarana Pariwisata Disporapar Kabupaten Serang Imron.

 

Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwisatya Prasada mengatakan Desa Kubang Baros meraih juara harapan kategori souvenir desa wisata terbaik pada ajang ADWI 2023. ”Alhamdulillah Kubang Baros masuk ke 75 besar, dari peserta sebanyak 4.573 desa yang mendaftar ADWI,”ujar Anas melalui keterangan tertulisnya yang disiarkan Diskominfosatik Kabupaten Serang pada Selasa, 29 Agustus 2023.

 

Anas menjelaskan bahwa Desa Kubang Baros merupakan desa rintisan. Dimana dalam ajang tersebut Kubang Baros mendapatkan 10 ribu like dan ratusan komentar positif. "Sebenarnya ada dua kategori, terbaik dan favorit. Kalau favorit yang di like di medsos, kalau terbaik yang penataannya benar benar terbaik bagus, desanya memang sudah siap," ucapnya.

 

Mantan Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang ini mengakui jika Desa Kubang Baros masih banyak yang perlu diperbaiki khususnya 3A nya, yakni Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas. Untuk menjadi yang terbaik 3A harus diterapkan secara berkelanjutan. "Makanya kenapa Desa Kubang Baros dapat kategori souvenir karena memang bagus, dari awal juga saya yakin itu karena bagus ekraft nya," tuturnya.

 

Anas mengatakan dalam ADWI 2023, Kubang Baros menonjolkan ekonomi kreatif dari buah maja. Dimana buah tersebut diolah menjadi jamu dan tas serta tempat lampu. "Itu langka," katanya.

 

Anas mengatakan dengan meraih juara harapan, keuntungan yang didapat Desa Wisata Kubang Baros adalah antara lain akan lebih dikenal masyarakat. Kemudian juga akan memotivasi masyarakat desa untuk dapat ikut dalam membangun suasana wisata di desanya. "Kemudian akan dapat lebih berkolaborasi dengan dunia usaha, memotivasi masyarakat untuk berkembang kreatifitasnya menggali potensi yang ada di Desa Kubang Baros," ucapnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Masuk 75 ADWI 2023, Desa Kubang Baros Raih Juara Harapan Souvenir Terbaik
jbkj

INILAH SERANG

1484 dibaca
Andika Minta OPD Fokus Lakukan Pencegahan dan Penanganan HIV/Aids
1387 dibaca
Pemkab Serang Akan Raih Piala Paritrana Terbaik Nasional

HUKUM & KRIMINAL

1740 dibaca
Kasus Walikota Cilegon, Ini Kata Mendagri Tjahjo
841 dibaca
Tunggu Konsumen, Dua Pengedar Sabu Dicokok Polisi

POLITIK

1423 dibaca
Deklarasi Anti Politik Uang Paslon Cagub dan Cawagub Banten
1760 dibaca
Alokasi Dana Rp21 M, Panitia Dilarang Pungut Biaya ke Calon Kades

PENDIDIKAN

3865 dibaca
PPDB SMAN/SMKN dan SKhN Provinsi Banten TA 2023/2024 Diluncurkan
Top