Selasa, 27 Oktober 2020

Majukan Daerah, Wagub Ingin Jalin Triple Helix dengan Ikayasa

[Foto Istimewa]
Minggu, 01 Sept 2019 | 16:34 WIB - Cilegon

lBC, Cilegon – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy mengajak Ikayasa atau Ikatan Alumni Kamayasa (Keluarga Mahasiswa Tirtayasa) untuk mengedepankan kemitraan pemerintah daerah, perguruan tinggi dan industri atau dikenal dengan konsep triple helix dalam kerangka pembangunan daerah. Menurut Andika, salah satu tantangan yang harus direspon di era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, mengingat MEA akan berimplikasi pada free flow of skilled labour.

“Melalui konsep triple helix, universitas tidak hanya berperan sebagai penghasil pengetahuan, namun juga penghasil lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan industri dan masyarakat,” kata Andika dalam sambutannya pada acara pembukaan Pertemuan Puncak Ikayasa Forum di gedung DPRD Kota Cilegon pada Minggu, 1 September 2019. Acara pertemuan bagi para kader dan alumni organisasi mahasiswa primordial Banten di luar Banten tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Ikayasa Faqih Usman yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Cilegon.

Meski begitu, Andika menyayangkan, konsep triple helix belum dapat berjalan maksimal disebabkan oleh kurangnya kepercayaan dan pemahaman antar sektor. Pemerintah Provinsi Banten sediri, lanjutnya, berdasarkan peraturan perundang-undangan akan mengedepankan kebijakan-kebijakan yang mendorong tumbuh kembangnya hubungan kemitraan antara pemerintah daerah, industri dan perguruan tinggi.

Disisi lain, kata Andika, universitas juga harus mulai memformulasikan strategi dan kebijakan akademik yang mampu merespon tuntutan dunia industri dan masyarakat sehingga hasil penelitian dan lulusan dapat menjawab permasalahan yang ada. Termasuk juga sektor industri, lanjutnya, harus segera mendekatkan diri dan terbuka terhadap universitas atau lembaga pendidikan vokasional.

“Sehingga sumber daya manusia universitas dapat berkolaborasi dengan dunia industri untuk memformulasikan kegiatan yang dapat menjawab permasalahan yang ada,” imbuhnya.

Lebih jauh Andika mengatakan, Ikayasa diharapkan dapat berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah mengatasi berbagai tantangan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah, mulai dari memotret kebutuhan dan aspirasi masyarakat, menghadirkan inovasi, menciptakan modal sosial, inisiasi potensi perubahan serta melestarikan kearifan lokal masyarakat sebagai modal utama pembangunan daerah.

Sebagai bagian dari perguruan tinggi, kata andika, Ikayasa dan Kamayasa diharapkan dapat berkontribusi dalam membumikan gerakan intelektualisme di kampus melalui pengarustamaan gerakan literasi dan meningkatkan karya melalui tulisan. Sikap kritis yang membangun dan norma- norma etika dalam menyampaikan pendapat, kata Andika, juga agar diperhatikan untuk keharmonisan dalam keberagaman pendapat di masyarakat.

Sementara itu Ketua Umum Ikayasa Faqih Usman mengatakan, menyambut baik ajakan Andika. Faqih mengaku sangat mengapresiasi ajakan Andika, dan akan segera merapatkan barisan untuk menyambut ajakan tersebut. Meski begitu, Faqih juga meminta pemda di Banten termasuk Pemprov Banten memberikan dukungan yang konkrit terkait keberadaan organisasi tersebut.

“Pemkab Serang baru-baru ini telah menghibahkan anggaran bagi pembangunan asrama Kamayasa di Bandung. Kami harap pemda lain di Banten juga dapat mengikuti jejak Pemkab Serang ini,” ujarnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Majukan Daerah, Wagub Ingin Jalin Triple Helix dengan Ikayasa

PEMERINTAHAN

89 dibaca
Libur Panjang, Sekda : Mending Sama Keluarga
124 dibaca
Pemkab Serang Raih Penghargaan 5 Kali Opini WTP dari Kemenkeu

POLITIK

214 dibaca
Ucapan Terima Kasih Warga, Ratu Tatu Dihadiahi Bontot Pontang
276 dibaca
Ciptakan Pilkada Kabupaten Serang Aman Damai Sehat dan sejuk

HUKUM & KRIMINAL

91 dibaca
Dua Residivis Sindikat Curanmor Dibekuk Polisi
171 dibaca
Belum Dapat Untung jadi Pengedar Pil Heximer, Dua Pemuda Ditangkap

PERISTIWA

65 dibaca
Libur Panjang, Polres Serang Terjunkan 143 Personil di Pusat Keramaian
69 dibaca
Sajadah Pengimaman Mesjid Al-Falah Dibakar Diduga ODGJ

EKONOMI & BISNIS

80 dibaca
Waduh, Upah Minimum Tahun Depan Tidak Naik
594 dibaca
Kemendag-Facebook Berdayakan UMKM Indonesia
Top