Selasa, 31 Januari 2023

Larangan Hubungan Saat Haid: Ini Kajian Ilmiahnya

[foto ilustrasi/net]
Sabtu, 28 Nov 2020 | 23:45 WIB - Mozaik Islami

 

HUBUNGAN intim, selain menjadi ritual wajib bagi pasangan suami istri, ternyata menimbulkan beragam manfaat. Namun bagaimana jika hendak berhubungan intim saat datang bulanhaid, yang konon katanya sangat dilarang. Kenapa tak boleh?

Laura Berman, PhD, seorang pakar seks dan terapis, mengungkapkan hubungan suami-istri saat sedang haid itu dapat merugikan kesehatanbaik itu untuk pria maupun wanita. Banyak risiko yang dapat muncul akibat melakukan hubungan intim saat datang bulan.

Berikut ini beberapa risiko yang dapat dialami pasutri jika berhubungan intim saat haid seperti disarikan dari Dokter Sehat:

Penyakit menular seksual

Ketika haid, leher rahim akan terbuka lebar. Hal itu mempermudah masuknya kuman dan bakteri, bahkan bisa menyebar hingga ke rongga panggul. Ketika berhubungan intim dilakukan saat haid, hal itu membuat wanita berisiko tertular hepatitis dan HIV.

Infeksi

Saat haid, dinding vagina akan membengkak atau inflamasi. Ketika terjadi inflamasi, lapisan dinding rahim akan luruh bersamaan keluarnya darah haid. Darah ini kemudian berpotensi menjadi media pengembangan bakteri dan kuman, hal itu dapat mengakibatkan infeksi saluaran kencing, sperma dan prostat pada pria.

Endometriosis

Berhubungan intim ketika haid dapat menyebabkan aliran balik darah haid dari rahim menuju ke saluran indung telur hingga masuk ke dinding perut. Kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya endometriosispertumbuhan sel-sel di luar dinding rahim (endometrium).

Sudden Death

Gerakan penis ketika berhubungan intim di masa haid, dapat menyebabkan gelembung udara masuk ke pembuluh darah yang terbuka. Jika gelembung udara atau emboli masuk ke dalam pembuluh darah, hal itu bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan mengakibatkan kematian mendadak.

Hubungan terlarang

Dalam ajaran islam, berhubungan intim ketika haid itu sangat dilarang. Cermati firman Allah berikut ini.

"Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: "Haid itu adalah suatu kotoran." Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri) dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (QS Al-Baqarah: 222).

"Lakukanlah segala sesuatu terhadap wanita haid kecuali menyetubuhinya." (hadis riwayat Muslim, At-Tirmidzi, An-Nasai, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, Ad-Darimi).

Jadi, sebaiknya tunda dahulu hasrat untuk berkumpul dengan istri ketika haid. [mozaik.inilah.com]

Bagikan:

KOMENTAR

Larangan Hubungan Saat Haid: Ini Kajian Ilmiahnya

INILAH SERANG

143 dibaca
Pedagang Baju Emperan di Kibin Nyambi Jualan Sabu
124 dibaca
Andika Hazrumy Masuk Daftar 20 Politisi Muda Terpopuler
113 dibaca
DKBP3A Kabupaten Serang Gelar Pelatihan Manajemen dan Penanganan Kasus KTPA Lintas Sektor

HUKUM & KRIMINAL

143 dibaca
Pedagang Baju Emperan di Kibin Nyambi Jualan Sabu
160 dibaca
Baru Jualan Ganja, Warga Kaligandu Ditangkap Satresnarkoba Polres Serang

POLITIK

124 dibaca
Andika Hazrumy Masuk Daftar 20 Politisi Muda Terpopuler
114 dibaca
PPS Resmi Dilantik, Pemkab Serang Siap Berkolaborasi Sukseskan Pemilu
117 dibaca
Andika Hazrumy Lantik DPC Ormas MKGR Kabupaten Serang

PENDIDIKAN

342 dibaca
Hadir di STAI Darul Qalam Tangerang, Airin Beri Motivasi Mahasiswa
318 dibaca
Wabup Serang Ajak Mahasiswa Univ Banten Manfaatkan IT Kembangkan Ekraf
Top