Minggu, 13 Juni 2021

Lagi, Belasan ODGJ di Kota Serang Dirazia

Belasan ODGJ saat diamankan pada Kamis, 22 Februari 2018. (Foto Den/lnilahBanten)
Kamis, 22 Feb 2018 | 16:53 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang – Belasan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kecamatan Serang, Kota Serang kembali dirazia oleh Polisi beserta Satpol PP Kota Serang pada Kamis, 22 Februari 2018. Diamankannya ODGJ ini merupakan salah satu upaya penertiban dari maraknya isu kemunculan Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk menghindari adanya tindakan anarkis masyarakat.

Kepala Satpol PP Kota Serang, Maman Lutfi mengatakan ODGJ ini diambil kemudian diidentifikasi kejiwaannya, lalu diserahkan ke Dinas Sosial Kota Serang untuk diberikan ke yayasan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kekhawatiran pemukulan terhadap ODGJ dan kecurigaan berlebih masyarakat terhadap ODGJ sehingga timbul anarkis.

“Di Kota Serang ini banyak eksodus ODGJ. Kegiatan ini rutin setiap Kamis. Jadwal dilakukan bergantian di setiap kecamatan. Hari ini sebelas kami amankan. Kemarin ada enam. Berarti ada tujuh belas ODGJ,” paparnya.

Baca juga: Warga Padarincang Datangi Mapolres Serang Kota, Ada Apa?

Ditempat yang sama Kapolsek Serang Kota, Kompol Irwanda mengatakan pembersihan yang dianggap ODGJ di sepanjang jalur Polres Serang Kota yang masuk Polsek Serang Kota. Dilakukan pengembangan di wilayah Kecamatan Cipocok seperti di Jalan Kiyai Abdul Hadi, Jalan Bogeg dan Jalan Jendral Soedirman Kota Serang.

Baca juga: Jalan di Walantaka Rusak, Warga Tanam Pohon Pisang

Diamankannya ODGJ ini agar tidak ada lagi masyarakat yang merasa tidak senang karena kecurigaan terhadap isu PKI dan pemukulan ulama, yang membuat warga main hakim sendiri dengan cara dipukuli.

“Masyarakat untuk selalu waspada jangan mudah terprovokasi, langsung main pukul atau dikeroyok itu sudah menyalahi UU tidak boleh melakukan anarki  terhadap orang gila,” katanya.

Menurutnya, memang isu yag berkembang dan viral adanya orang gila masuk pondok pesantren mengancam kepada pimpinan ponpes dan ulama yang diduga PKI. Ia tegaskan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan informasi secara benar isu yang meresahkan warga tersebut.

“Yang jelas (kegiatan-red) ini untuk mengamankan Kota Serang biar bersih dari ODGJ. Akan terus melakukan kegiatan ini sampai bersih dari ODGJ,” tandasnya.[Den]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Lagi, Belasan ODGJ di Kota Serang Dirazia

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

152 dibaca
Polres Serang Bagikan Masker ke Pengunjung Ponpes Syech Nawawi Tanara
704 dibaca
Polres Serang Amankan Belasan Preman dan Sita Uang Pungli
160 dibaca
Polres Serang Ringkus Dua Pengedar Obat Tramadol dan Hexymer

HUKUM & KRIMINAL

49 dibaca
Polda Banten Gagalkan Penyelundupan 90 Ribu Bibit Lobster
704 dibaca
Polres Serang Amankan Belasan Preman dan Sita Uang Pungli
160 dibaca
Polres Serang Ringkus Dua Pengedar Obat Tramadol dan Hexymer

POLITIK

390 dibaca
Pemkab Serang Soroti Pilkades Serentak di Dua Kecamatan
448 dibaca
Amankan Pemilihan Anggota BPD Tanara, Polres Serang Prokes Covid-19
651 dibaca
Andika Minta PPP Banten Dukung Pemprov Sejahterakan Masyarakat

PENDIDIKAN

354 dibaca
Andika: Data BPS Menunjukkan Kualitas Pendidikan Penduduk Banten Meningkat
382 dibaca
PPDB di Kabupaten Serang Dibuka 21 Juni, Ini Tahapannya
Top