Senin, 01 Juni 2020

Lagi, Banten Raih Predikat "Baik" dari Kemendagri

[Foto: Ray Munzir/SubagLiputan]
Selasa, 09 Okt 2018 | 19:48 WIB - Nasional

lBC, Bengkulu - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia dengan predikat "Baik" sebagai Provinsi yang menyelesaikan tindak lanjut hasil pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Daerah oleh inspektorat Jendral Kementetian dalam negeri Tahun 2017 dan tahun sebelumnya.

Penghargaan tersebut diterima Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dari Mendagri Tjahjo Kumolo pada acara Pembukaan Rapat Pemutahiran data tindak lanjut hasil pemeriksaan (TLHP) tingkat Nasional Tahun 2018 di Hotel Grage, Kota Bengkulu pada Selasa, 9 Oktober 2018. 

Pada kesempatan tersebut Mendagri mengimbau pemerintah daerah untuk tetap fokus pada percepatan pembangunan dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya.  Karena opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak menjamin kinerja Pemda sudah pasti baik. 

"Yang paling utama yakni dapat mempercepat pembangunan, kemiskinan berkurang dan perekonomian tinggi di atas nasional," ujar Mendagri.

Sementar terkait perubahan mekanisme pertanggungjawaban aparat pengawas internal pemerintahan (APIP) atau inspektorat daerah, tinggal menunggu waktu. Dirinya menjelaskan, secara struktur, inspektorat daerah tetap menjadi perangkat daerah yang merupakan bagian dari pemerintah daerah (pemda). Namun, tidak lagi bertanggung jawab kepada kepala daerah sebagaimana sebelumnya, melainkan langsung ke Mendagri.

"Karena bila seperti saat ini, tidak mungkin inspektur memeriksa Sekda yang jabatannya lebih tinggi," jelasnya.[Ray Munzir/SubagLiputan]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Lagi, Banten Raih Predikat "Baik" dari Kemendagri

PEMERINTAHAN

185 dibaca
Pakai Protokol Kesehatan, Pemkab Serang Gelar Halabihalal Terbatas
593 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Satgas Ketahanan Pangan Daerah

POLITIK

1114 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
1196 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

111 dibaca
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok
67 dibaca
Kantongi Sabu, Seorang Pemuda di Cilegon Diciduk Polisi

PERISTIWA

85 dibaca
Diduga Stres, Mahasiswi Bina Bangsa Gantung Diri
542 dibaca
Warga Curug Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

EKONOMI & BISNIS

531 dibaca
Sekretaris Bapenda: Bank Banten Gagal Bayar Disebabkan Utang ASN dan DPRD
586 dibaca
Bupati Serang Sebut Bantuan Beras Harus Serap Petani Lokal
Top