Minggu, 20 Oktober 2019

Kwarda Bina Pengurus dan Pelatih Pramuka se-Banten

[Foto Istimewa]
Jumat, 11 Okt 2019 | 23:44 WIB - Banten

lBC, Serang - Ratusan pengurus dan pelatih Pramuka tingkat ranting dan cabang se Provinsi Banten berkumpul mengikuti Kursus Sistem Administrasi Kwartir (Sismintir) 2019, di Gedung Pramuka Kwarda Banten. Para pengurus yang menjadi ujung tombak organisasi Gerakan Pramuka tersebut, akan mengikuti pelatihan hingga Minggu, 11 sampai 13 Oktober 2019 ke depan.

Menurut Ketua Kwarda Banten, Mohammad Masduki, kursus ini sebagai pembekalan bagi para pengurus di kecamatan kecamatan dan kabupaten/kota, agar memahami sistem adminstrasi dan pengelolaan  manajemen Gerakan Pramuka.

"Para pengurus harus memahami secara baik soal pelaporan administrasi. Paham juga soal bagaimana manajemen pengelolaan organisasi di masing masing tingkatan," ucap Masduki pada Jumat, 11 Oktober 2019 di Kemang, Kota Serang.

Masih menurut mantan Wakil Gubernur Banten ini, pengelolaan organisasi Gerakan Pramuka tidak pernah usang dimakan waktu, meski banyak yang menilai 'miring' bahwa pramuka sudah menjadi organisasi tua dan ketinggalan zaman.

"Pramuka punya pola administrasi dan penelolaan manajemen yang baik. Saya yakin tidak pernah akan ditinggalkan," tambah Masduki seraya menjelaskan  bahwa manfaat dari kursus ini juga bisa diterapkan pada organisasi2 lain di luar pramuka.

Sementara itu ketua pelaksana kursus, Asep Herman mengatakan, kursus diikuti 160 pengurus dan pelatih Pramuka dari tingkat ranting dan cabang se Provinsi Banten.

Selama pelatihan, peserta akan diberikan materi materi soal keorganisasian, pengadmistrasian kegiatan, pengelolaan manajemen, serta aneka games. "Supaya kegiatan tidak monoton dan peserta tidak jenuh, panitia juga memasukan unsur games yang dipertandingkan antar peserta," ucap Asep sambil menambahkan, diakhir pelatihan diharapkan para peserta mendapatkan manfaat ilmu yang bisa diterapkan di Pramuka maupun organisasi kemasyarakatan.

Reporter: Didi Rosadi
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kwarda Bina Pengurus dan Pelatih Pramuka se-Banten
sayembara2

PEMERINTAHAN

152 dibaca
Pemprov Banten Terima Apresiasi dan Penghargaan dari Kemendagri
167 dibaca
Sosialisasikan SLRT, Layanan Sosial Kini Dilakukan Terpadu

POLITIK

679 dibaca
Didiskualifikasi, Balon Kades Garut Malah Kesurupan
117 dibaca
Rapatkan Barisan, Seluruh Dewan Golkar di Banten Diminta Solid

HUKUM & KRIMINAL

212 dibaca
Unit Reskrim Polsek Curug Tembak Gembong Curanmor
126 dibaca
Belum Nikmati Hasil Curanmor, Dua Pelaku Diringkus

PERISTIWA

68 dibaca
Bupati Serang Minta UPZ Maksimalkan Penerimaan ZIS
229 dibaca
Temui Massa Aksi Demo, Bupati Serang Jawab Semua Tuntutan

EKONOMI & BISNIS

105 dibaca
Musim Kemarau, PDAM Tirta Albantani Alami Kerugian Capai Rp5 Miliar
47 dibaca
Andika Jajaki Ekspor Gula Aren dan Manggis via Platform Digital
Top