Senin, 01 Juni 2020

Kwarda Bina Pengurus dan Pelatih Pramuka se-Banten

[Foto Istimewa]
Jumat, 11 Okt 2019 | 23:44 WIB - Banten

lBC, Serang - Ratusan pengurus dan pelatih Pramuka tingkat ranting dan cabang se Provinsi Banten berkumpul mengikuti Kursus Sistem Administrasi Kwartir (Sismintir) 2019, di Gedung Pramuka Kwarda Banten. Para pengurus yang menjadi ujung tombak organisasi Gerakan Pramuka tersebut, akan mengikuti pelatihan hingga Minggu, 11 sampai 13 Oktober 2019 ke depan.

Menurut Ketua Kwarda Banten, Mohammad Masduki, kursus ini sebagai pembekalan bagi para pengurus di kecamatan kecamatan dan kabupaten/kota, agar memahami sistem adminstrasi dan pengelolaan  manajemen Gerakan Pramuka.

"Para pengurus harus memahami secara baik soal pelaporan administrasi. Paham juga soal bagaimana manajemen pengelolaan organisasi di masing masing tingkatan," ucap Masduki pada Jumat, 11 Oktober 2019 di Kemang, Kota Serang.

Masih menurut mantan Wakil Gubernur Banten ini, pengelolaan organisasi Gerakan Pramuka tidak pernah usang dimakan waktu, meski banyak yang menilai 'miring' bahwa pramuka sudah menjadi organisasi tua dan ketinggalan zaman.

"Pramuka punya pola administrasi dan penelolaan manajemen yang baik. Saya yakin tidak pernah akan ditinggalkan," tambah Masduki seraya menjelaskan  bahwa manfaat dari kursus ini juga bisa diterapkan pada organisasi2 lain di luar pramuka.

Sementara itu ketua pelaksana kursus, Asep Herman mengatakan, kursus diikuti 160 pengurus dan pelatih Pramuka dari tingkat ranting dan cabang se Provinsi Banten.

Selama pelatihan, peserta akan diberikan materi materi soal keorganisasian, pengadmistrasian kegiatan, pengelolaan manajemen, serta aneka games. "Supaya kegiatan tidak monoton dan peserta tidak jenuh, panitia juga memasukan unsur games yang dipertandingkan antar peserta," ucap Asep sambil menambahkan, diakhir pelatihan diharapkan para peserta mendapatkan manfaat ilmu yang bisa diterapkan di Pramuka maupun organisasi kemasyarakatan.

Reporter: Didi Rosadi
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kwarda Bina Pengurus dan Pelatih Pramuka se-Banten

PEMERINTAHAN

182 dibaca
Pakai Protokol Kesehatan, Pemkab Serang Gelar Halabihalal Terbatas
593 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Satgas Ketahanan Pangan Daerah

POLITIK

1110 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
1196 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

111 dibaca
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok
67 dibaca
Kantongi Sabu, Seorang Pemuda di Cilegon Diciduk Polisi

PERISTIWA

85 dibaca
Diduga Stres, Mahasiswi Bina Bangsa Gantung Diri
539 dibaca
Warga Curug Ditemukan Tewas Mengambang di Sungai

EKONOMI & BISNIS

531 dibaca
Sekretaris Bapenda: Bank Banten Gagal Bayar Disebabkan Utang ASN dan DPRD
582 dibaca
Bupati Serang Sebut Bantuan Beras Harus Serap Petani Lokal
Top