Minggu, 13 Juni 2021

Kunker ke Pemkab Pandeglang, DPR RI Bahas Kesenjangan Signal

Jumat, 04 Jun 2021 | 22:06 WIB - Pandeglang Teknologi

IBC, Pandeglang - Ketersediaan signal internet yang memadai sangat dibutuhkan di era digital. Pasalnya, di era saat ini dituntut harus serba cepat dalam menyajikan data dan informasi.

"Di kami masih ada kesenjangan akses untuk signal, ini sangat penting bagi Pandeglang yang merupakan daerah wisata,"ungkap Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Pendopo Bupati Pandeglang pada Jum'at, 4 Juni 2021.

"Wilayah kami sangat luas, kami kira pemerataan signal sangat dibutuhkan di Pandeglang untuk di seluruh Kecamatan,"tambah Irna.

Selain mendukung di bidang Pemerintahan, ketersediaan signal juga sangat dibutuhkan untuk promosi pariwisata di Pandeglang. "Promosi yang sangat cepat dan mudah adalah media sosial, ini harus mendapat dukungan yang cukup dari kekuatan signal internet,"tutur Irna.

Apa yang disampaikan Bupati Irna, didukung oleh salah satu Anggota Komisi I DPR RI, Yan Fermanas Mandenas. Kata dia, di Pandeglang harus mendapatkan akses signal yang cukup. "Saya tahu Pandeglang memiliki potensi wisata yang bagus, jika signal nya bagus bisa menjadi alternatif untuk kunjungan wisatawan," ujarnya.

Sejauh ini Kabupaten Pandeglang hanya mendapatkan 31 titik akses internet gratis yang tersebar di layanan pemerintahan, fasilitas layanan kesehatan dan pendidikan. "Sepertinya jumlah itu tidak cukup, pihak Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) harus survey lokasi kembali karena masih banyak blankspot," ungkap Yan Fermana.

"Saya minta kunjungan kita ini harus menghasilkan, jangan sampai kunjungan kita tidak ada hasil. Tindaklanjuti blankspot yang ada di Pandeglang karena ini bertepatan dengan perancangan anggaran untuk 2022," sambungnya.

Danny Januar Ismawan Direktur Layanan TI Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengatakan, untuk Provinsi Banten ada 132 titik akses layanan gratis internet yang terpasang di kantor desa, puskesmas dan sekolah. "Pandeglang memang mendapat 31 titik, tahun ini memang kita ada program kerjasama dengan BUMDes untuk layanan internet mandiri,"katanya.

Untuk penguatan signal yang cukup, pihak BAKTI di tahun 2023 punya progran prioritas yaitu pengorbitan satelit. "Secara masif akan kita selesaikan, jika satelit mengorbit penyebarluasan dan kecepatan akan optimal," pungkasnya.

Sementara ketua rombongan Kunker DPR RI Komisi I Rizki Aulia Rachman mengatakan, sepertinya harus ada penambahan titik akses layanan internet agar tidak terjadi kesenjangan signal di Pandeglang. "Pandeglang sangat luas, ada 35 Kecamatan 339 Desa dan Kelurahan, dengan signal memadai tentu akan mempermudah dalam berbagai pelaksanaan kegiatan," kata Rizki.[Syam]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kunker ke Pemkab Pandeglang, DPR RI Bahas Kesenjangan Signal

INILAH SERANG

138 dibaca
Polres Serang Bagikan Masker ke Pengunjung Ponpes Syech Nawawi Tanara
701 dibaca
Polres Serang Amankan Belasan Preman dan Sita Uang Pungli
160 dibaca
Polres Serang Ringkus Dua Pengedar Obat Tramadol dan Hexymer

HUKUM & KRIMINAL

43 dibaca
Polda Banten Gagalkan Penyelundupan 90 Ribu Bibit Lobster
701 dibaca
Polres Serang Amankan Belasan Preman dan Sita Uang Pungli
160 dibaca
Polres Serang Ringkus Dua Pengedar Obat Tramadol dan Hexymer

POLITIK

383 dibaca
Pemkab Serang Soroti Pilkades Serentak di Dua Kecamatan
444 dibaca
Amankan Pemilihan Anggota BPD Tanara, Polres Serang Prokes Covid-19
648 dibaca
Andika Minta PPP Banten Dukung Pemprov Sejahterakan Masyarakat

PENDIDIKAN

353 dibaca
Andika: Data BPS Menunjukkan Kualitas Pendidikan Penduduk Banten Meningkat
374 dibaca
PPDB di Kabupaten Serang Dibuka 21 Juni, Ini Tahapannya
Top