Selasa, 11 Agustus 2020

Kunjungan Wisatawan ke Anyer-Cinangka Meningkat Capai 80%

[foto inilahbanten]
Senin, 02 Des 2019 | 10:22 WIB - Serang Wisata

lBC, Serang – Sepinya kunjungan wisatawan ke destinasti wisata pantai Anyer dan Cinangka pasca tsunami tahun lalu sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Sehingga, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan kembali kunjungan wisatawan.

Salah satunya, dengan melalui program Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF). Dimana saat ini sudah terlihat dampaknya positifnya kembali meningkatnya kunjungan wisatawan dari dalam daerah maupun luar daerah. Bahkan, peningkatan sudah mencapai 70 sampai 80 persen.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa menuturkan, bahwa dampak dari kegiatan AKCF hunian hotel sudah di atas 30 sampai 50 persen. Perlu diketahui, kata Pandji sejak 150 tahun silam Anyer sudah lebih dikenal keitmbang Serang.

“Makanya kita dorong Anyer sebagai ikon wisata Serang. Menjadikan Anyer-Cinangka ikon wisata unggulan wisata di Kabupaten Serang. Wisata Anyer legendaris,”ungkap Pandji usai melepas ratusan crosser pada kegiatan trail adventure Bertajuk Anyer Krakatau Adventure Destination di Pantai Florida Indah Anyer Kecamatan Cinangka pada Minggu, 1 Desember 2019. 

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Pandji mengapresiasi kepada ratusan crosser yang turut meramaikan kegiatan tersebut baik dari wilayah Banten dan luar Banten. Dia emnyebutkan, para crosser saat ini merupakan orang-orang yang mempunyai ekstra keberanian.

“Ini bagian dari trauma healing (pasca tsunami). Kita lakukan berbagai upaya bagaimana membangkitkan kepercayaan masyarakat bahwa Anyer aman dan layak dikunjungi. Ayo ke Anyer. Anyer aman,”ajak Pandji.

Senada dikatakan Ketua AKCF, Agus Erwana. Dengan digelarnya AKCF untuk membangkitkan wisata sehingga banyak masyarakat luar kembali mengunjungi wisata Anyer dan Cinangka.

Agus menyebutkan, selama rangkaian AKCF dilaksanakan berdasarkan laporan dari Dinas Pariwisatan Pemudan dna Olah Raga (Disparpora) dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Serang hotel-hotel di Anyer dan Cinangka penuh oleh wisatawan.

“Ini dampaknya sudah meningkat. Sejak kejadian (tsunami, kunjungan wisatawan) ) nol, sekarang penuh lebih dari 50 mungkin 70 sampai 80 persen. Saya yakin hari-hari berikutnya akan bagus kunjungan wisatawan.

Diketahui dalam rangkaian Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar trail adventure Bertajuk Anyer Krakatau Adventure Destination. Kegiatan yang digelar Minggu, 1 Desember 2019 ini, akan menjadi petualangan para riders trail dengan menyajikan pemandangan pantai dan pegunungan di Kabupaten Serang.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kunjungan Wisatawan ke Anyer-Cinangka Meningkat Capai 80%

PEMERINTAHAN

137 dibaca
Permudah Koordinasi, Ombudsman Banten Kunjungi Pemkab Serang
224 dibaca
Pemkot Bengkulu dan Pemkab Serang MoU Program Keagamaan

POLITIK

251 dibaca
Siap Menangkan Tatu-Pandji, Barata Fokus Perkuat Akar Rumput
134 dibaca
FSKP Baros Bantah Dukung Nasrul-Eki di Pilkada Kabupaten Serang
193 dibaca
Relawan Baret Sebut Tatu-Pandji Terbukti, Tak Mau Coba-coba

HUKUM & KRIMINAL

278 dibaca
Polda Banten Gagalkan Penyelundupan 150 Kg Ganja di Tol Tangerang-Merak
365 dibaca
Duh, Bocah 13 Tahun di Pontang Dicabuli Ayah Tirinya

PERISTIWA

331 dibaca
Simulasi, Polisi Tangani Gangguan Pilkada Kabupaten Serang
2414 dibaca
Ustadz di Pontang Meninggal Dunia Saat Menyembelih Hewan Kurban

EKONOMI & BISNIS

182 dibaca
Shopee Ikut Serta dalam ASEAN Online Sale Day 2020
216 dibaca
Atasi Kelangkaan LPG Melon, Pertamina Gerak Cepat
Top