Minggu, 08 Desember 2019

Kunjungan Wisatawan ke Anyer-Cinangka Meningkat Capai 80%

[foto inilahbanten]
Senin, 02 Des 2019 | 10:22 WIB - Serang Wisata

lBC, Serang – Sepinya kunjungan wisatawan ke destinasti wisata pantai Anyer dan Cinangka pasca tsunami tahun lalu sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Sehingga, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan kembali kunjungan wisatawan.

Salah satunya, dengan melalui program Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF). Dimana saat ini sudah terlihat dampaknya positifnya kembali meningkatnya kunjungan wisatawan dari dalam daerah maupun luar daerah. Bahkan, peningkatan sudah mencapai 70 sampai 80 persen.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa menuturkan, bahwa dampak dari kegiatan AKCF hunian hotel sudah di atas 30 sampai 50 persen. Perlu diketahui, kata Pandji sejak 150 tahun silam Anyer sudah lebih dikenal keitmbang Serang.

“Makanya kita dorong Anyer sebagai ikon wisata Serang. Menjadikan Anyer-Cinangka ikon wisata unggulan wisata di Kabupaten Serang. Wisata Anyer legendaris,”ungkap Pandji usai melepas ratusan crosser pada kegiatan trail adventure Bertajuk Anyer Krakatau Adventure Destination di Pantai Florida Indah Anyer Kecamatan Cinangka pada Minggu, 1 Desember 2019. 

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Pandji mengapresiasi kepada ratusan crosser yang turut meramaikan kegiatan tersebut baik dari wilayah Banten dan luar Banten. Dia emnyebutkan, para crosser saat ini merupakan orang-orang yang mempunyai ekstra keberanian.

“Ini bagian dari trauma healing (pasca tsunami). Kita lakukan berbagai upaya bagaimana membangkitkan kepercayaan masyarakat bahwa Anyer aman dan layak dikunjungi. Ayo ke Anyer. Anyer aman,”ajak Pandji.

Senada dikatakan Ketua AKCF, Agus Erwana. Dengan digelarnya AKCF untuk membangkitkan wisata sehingga banyak masyarakat luar kembali mengunjungi wisata Anyer dan Cinangka.

Agus menyebutkan, selama rangkaian AKCF dilaksanakan berdasarkan laporan dari Dinas Pariwisatan Pemudan dna Olah Raga (Disparpora) dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Serang hotel-hotel di Anyer dan Cinangka penuh oleh wisatawan.

“Ini dampaknya sudah meningkat. Sejak kejadian (tsunami, kunjungan wisatawan) ) nol, sekarang penuh lebih dari 50 mungkin 70 sampai 80 persen. Saya yakin hari-hari berikutnya akan bagus kunjungan wisatawan.

Diketahui dalam rangkaian Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar trail adventure Bertajuk Anyer Krakatau Adventure Destination. Kegiatan yang digelar Minggu, 1 Desember 2019 ini, akan menjadi petualangan para riders trail dengan menyajikan pemandangan pantai dan pegunungan di Kabupaten Serang.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kunjungan Wisatawan ke Anyer-Cinangka Meningkat Capai 80%

PEMERINTAHAN

350 dibaca
Soal Aset, Bupati Serang Tegaskan Gubernur Tidak Perlu Mediasi
124 dibaca
Peringati Hari Korpri, Bupati Serang Minta ASN Berinovasi

POLITIK

143 dibaca
Hadiri Launching Pilbup Serang 2020, Pandji Pastikan ASN Netral
170 dibaca
KPU Launching Pilbup dan Wabup Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

333 dibaca
Polisi Limpahkan Tersangka Penambangan Ilegal ke Kejari Serang
213 dibaca
Ibu dan Ayah Pembuang Bayi di Pagelaran Ditetapkan Jadi Tersangka

PERISTIWA

114 dibaca
Pemkab Serang Siaga Hadapi Musim Penghujan
179 dibaca
Warga Pagelaran Dihebohkan Penemuan Mayat Bayi

EKONOMI & BISNIS

143 dibaca
Wagub Banten Minta Walikota/Bupati Evaluasi Regulasi Hambat InvestasiĀ 
157 dibaca
Inflasi di Kabupaten Serang Terendah di Banten
Top