Senin, 20 Januari 2020

Kumuh, Pemkab Lebak Diminta Rehab Terminal Sunan Kalijaga

Kondisi terminal Sunan Kalijaga saat ditertibkan oleh petugaa Satpol PP berapa waktu lalu karena diduga kerap menjadi tempat mangkalnya para PSK.[Foto: lnilahBanten]
Selasa, 05 Feb 2019 | 19:44 WIB - Lebak Ekonomi & Bisnis

lBC, Lebak - Pengurus Koperasi Angkutan Lebak (Kopal) mendesak kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak segera merehabilitasi bangunan Terminal angkutan kota Sunan Kalijaga di Kecamatan Rangkasbitung. Karena saat ini, kondisinya sudah rusak dan memprihatinkan serta sudah tidak untuk sebuah terminal.

"Kondisi terminal ini sudah rusak dan sudah tidak nyaman. Harus segera direhab total,"ujar Deni Ketua Kopal di Terminal Sunan Kalijaga kepada wartawan di Lebak pada Selasa, 5 Februari 2019.

Menurutnya kondisi terminal sudah tidak nyaman lagi ditempati. Karena kondisi bangunan terminal sudah rusak serta kondisi lingkungannya juga kumuh dan semrawut. "Sehingga harus segera dilakukan penataan dan rehab gedungnya. Untuk memberikan kenyamanan kepada calon penumpang maupun para sopir angkutan," cetusnya.

Deni mengatakan, rehab total menjadi kebutuhan mendesak saat ini karena Terminal Sunan Kalijaga menjadi salah satu aset penyumbang PAD terbesar diantara terminal lain. "Kalau dibangun dengan bagus, saya yakin angkot akan kembali masuk terminal mencari penumpang dan berpotensi meningkatkan PAD. Maka dari itu, seharusnya pelaksanaan pembangunan tidak harus ditunda menunggu sampai terwujudnya pembangunan terminal terpadu bersama PT KAI," katanya.

Deni mengungkapkan, terminal Kalijaga memiliki potensi besar meningkatkan PAD. Dengan syarat dilakukan rehab total. "Bila perlu buat bangunan layaknya Mall, bangunan atas untuk parkiran kendaraan roda dua atau empat, pertokoan dan bagian bawah tetap terminal. Jika itu sampai diwujudkan maka akan memberikan sumbagan PAD besar, terutama dari potensi retribsi parkiran," ujarnya.

Berdasarkan pantauan,kondisi terminal Sunan Kalijaga Rangkasbitung. Selain becek dan kumuh, juga pada malam hari kerap menjadi tempat mengkalnya para PSK dan kerap ditertibkaan oleh petugas Satpol PP Lebak.  

Kepala Bidang Angkutan Terminal dan Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak Dudi Mulyadi yang dikonfirmasi mengatakan, terkait keberadaan terminal Sunan Kalijaga yang kini kondisinya sangat memprihatinkan akan dilakukan rehab tahun ini. "Namun rehab ringan dan hanya memperbaiki atap plafon yang bolong-bolong dan pengecatan," ungkap Dudi.

Selain Terminal Sunan Kalijaga, rehab juga akan dilakukan pada  Terminal angkot Aweh dan Terminal Bayah. "Untuk Terminal Sunan Kalijaga belum bisa rehab total karena memang anggarannya terbatas. Ditambah akan dibangun terminal terpadu oleh PT KAI, jadi takutnya mubazir karena sudah dibangun nanti kembali dibongkar menyesuiakan dengan PT KAI,"katanya.

Dudi mengakui, kondisi terminal Sunan Kalijaga saat ini memang sudah tidak layak karena tidak dapat memberikan kenyamanan kepada calon oenumpang dan sopir. "Saya akui memang harus direhab total berikut akses jalan terminal mesti di aspal karena sudah berlubang. Namun itu tadi, anggaran dari APBD cukup untuk rehab sementara pengajuan kepada pusat belum terealisasikan," tukasnya.[chan]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kumuh, Pemkab Lebak Diminta Rehab Terminal Sunan Kalijaga
x.ackd

PEMERINTAHAN

228 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
322 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

246 dibaca
Buka Pendaftaran Calon PPK, KPU Pastikan Tak Ada TitipanĀ 
462 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

HUKUM & KRIMINAL

75 dibaca
Resmob Polda Banten Ringkus Pelaku Curanmor dan Penadah

PERISTIWA

209 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam

EKONOMI & BISNIS

192 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top