Kamis, 13 Juni 2024

Kuliner Khas Serang Ludes  Diserbu Pengunjung Milad BJS 

[foto istimewa]
Selasa, 20 Nov 2018 | 22:42 WIB - Serang Gaya Hidup

lBC, Serang - Kuliner khas Serang Banten seperti nasi syekh, cucur, cecuer, jejorong, Sambel blohok hingga sambel blohok ludes tak tersisa diserbu pengunjung milad komunitas Bahasa Jawa Serang (BJS) ke 8 di lapangan tennis indoor Pemkab Serang pada Minggu, 18 November 2018.

Ratusan pengunjung langsung menyerbu stand makanan tradisional khas Serang begitu panitia mempersilahkan mencicipi hidangan tersebut. Mulai dari Wakil Walikota Serang terpilih Subadri, Ketua TPM Banten Agus Setiawan, bahkan para budayawan dan seniman pun ikut mencicipi.

Tak ketinggalan puluhan Pelajar dari SMP Pontang yang sedang belajar mengenal tradisi Jawa Serang, mereka antusias. Serbuan antuasme pengunjung bukan lantaran digratiskan, namun yang disajikan banyak makanan yang tidak terdapat di pasar atau warung.

"Seperti kueh ratuban  dan Bontot Pontang, meski pun saya asli orang serang, tapi saya sangat jarang  menemukan makanan ini," kata Udin ,seorang pengunjung.

Ila, salah seorang panitia mengatakan, festival makanan tradisional  ini  rutin diselenggarakan untuk melestarikan dan memgenalkan kepada khalayak.

"Kalau kita tidak mengenalkan kepada masyarakat, lama-lama akan punah makanan seperti ini. Dan akan digantikan oleh makanan junk food," kata dia.

Selain festival Kuliner khas Serang, dalam milad BJS yang didanai secara swadaya tersebut, panitia juga menyediakan permainan traditional.  Seperti egrang, lompat karet, perahu air dan lainnya.

"Sebenarnya, jika masyarakat terutama anak-anak gemar memainkan permainan tradisional ini, mereka sehat jiwa raga. Tidak butuh pulsa atau kuota, " kata Suryadi, salah seorang panitia.

Ketua panitia Milad BJS ke-8 Ihwanul Hakim mengatakan , dengan diadakannya festival tradisional  milad BJS ini  pihaknya  berupaya melestarikan ,Bahasa ,Semi, Budaya dan Kuliner."Kalau bukan kita, siapa lagi?," tegasnya.

Sementara Wakil walikota terpilih Subadri sangat mengapresiasi kegiatan tahun Komunitas BJS tersebut. "Kami sangat mengapresiasi dan insya Allah tahun depan Pemkot Serang akan membantu kegiatan ini," ujarnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kuliner Khas Serang Ludes  Diserbu Pengunjung Milad BJS 
hclh

INILAH SERANG

793 dibaca
Polres Serang Dukung Kampung Tangguh Nusantara
1717 dibaca
Pilkada Kota Serang 2018, KPU Minta Ulama Berperan Aktif

HUKUM & KRIMINAL

1737 dibaca
Nyambi Jual Pil Tramadol, Pegawai Toko Kosmetik Diamankan Polisi
843 dibaca
Polda Banten Tangkap 4 Tersangka Pembuat Girik Palsu

POLITIK

1407 dibaca
Setelah PKS, NasDem Siap Usung Ranta di Pilkada Kota Serang 2018

PENDIDIKAN

687 dibaca
Pelepasan KKM Untirta, Bupati Serang Sebut Fokus Tangani Tiga Bidang
Top