Kamis, 20 Januari 2022

Kue Balok Menes, Rasanya Lembut di Mulut Kebanggaan Warga Menes

(Foto-Ist)
Sabtu, 21 Okt 2017 | 06:43 WIB - Pandeglang Wisata

IBC, Pandeglang - Kue balok menes memiliki cita rasa khas. Kue olahan dari singkong atau ubi kayu ini sangat lembut di mulut. Jika Anda kenal dengan makanan tradisional getuk, itulah salah satu jenis getuk, tapi tetap mempertahankan warna asli singkong yang berwarna putih.

Nama "Balok menes" diambil dari nama sebuah daerah daerah yaitu Menes. Menes merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Pandeglang. Selain dikenal sebagai kawasan pendidikan, Kecamatan Menes juga terkenal dengan beberapa panganan tradisional salah satunya Balok Menes. Ketika Anda berkunjung ke Pandeglang, cobalah makanan khas ini.

Masih di Pandeglang, kue balok memiliki nama daerah lain yaitu gegetuk Cioda. Gegetuk Cioda untuk membedakan dengan kue getuk biasa berwarna cokelat campuran gula merah. Keduanya sama-sama makanan tradisional olahan singkong. Di beberapa wilayah, kue balok Menes tetap dengan nama getuk.

Rasa kue balok menes masih kental aroma singkong. Tapi, Anda tidak benar-benar merasakan singkong. Aroma goreng bawang menjadikan makanan ini sangat nikmat. Kue balok menes ditambah campuran minyak kelapa membuat kue balok lumer di mulut. Bumbu lain yang menambah rasa kue ini yaitu serundeng. Serundeng berada di dalam kue balok yang dilipat. Saat menggigit kue balok, serundeng bisa Anda rasakan. Serundeng ini dibuat dengan beberapa campuran bumbu. Ada penyajian lain kue balok. Serundeng tidak dimasukkan tetapi hanya ditaburkan di bagian atas kue balok.

Kue balok Menes mudah didapat. Pasar Menes yang terletak dekat Alun-alun Menes merupakan tempat yang tepat untuk berburu jajanan basah tradisional, salah satunya balok Menes ini. Selain di Pasar Menes, pasar-pasar tradisional di Pandeglang juga banyak menyediakan panganan ini. Jadi, jika Anda berkunjung ke Pandeglang cobalah bertanya di mana kue ini bisa didapat.[Berbagai sumber]

 

 

 


 

 

Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Kue Balok Menes, Rasanya Lembut di Mulut Kebanggaan Warga Menes

INILAH SERANG

75 dibaca
Aset Milik Pemkab Serang Terkena Pelebaran Jalan Segera Dirampungkan Pemprov
72 dibaca
Pemkab Serang Fasilitasi Isbat Nikah 1.469 Pasangan Suami Istri
78 dibaca
Bupati Beri Semangat, Vaksinasi Anak di Kabupaten Serang Dimulai

HUKUM & KRIMINAL

160 dibaca
Begini Kronologi Pembuangan Bayi di Areal Pesawahan Pontang
257 dibaca
Polres Serang Tangkap Dua Pelaku Pembuang Bayi di Pontang
436 dibaca
Penemuan Bayi di Areal Sawah Gegerkan Warga Pontang

POLITIK

425 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang 2024, KPU Ajukan Anggaran Rp107 Miliar
1124 dibaca
Pendukung Anies Dideklarasikan di Banten
1309 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Ajak IPPNU Sinergi Adakan Literasi Digital

PENDIDIKAN

405 dibaca
Ratusan Kepala Sekolah di Pandeglang Dilantik
223 dibaca
Pemkab Serang Berikan Bantuan Sepatu untuk Siswa SDN Ujungtebu 3
Top