Kamis, 23 Januari 2020

KPU Launching Pilbup dan Wabup Serang 2020

Rabu, 04 Des 2019 | 13:51 WIB - Serang Politik

lBC, Serang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaunching Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati (Wabup) Serang yang akan dihelat pada 23 September 2020 bertempat di Alun-alun Kecamatan Kramawatu pada Rabu, 4 Desember 2019. KPU juga mengenalkan maskot Sikuwuk dan Jingle Pilkada Kabupaten Serang 2020.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar mengatakan, Selain pihaknya melaksanakan launching juga mengenalkan maskot dan jingle. Sedangkan untuk tahapan saat ini sekarang sudah dibuka penjaringan calon perseorangan, kemudian pada bulan Juni calon yang usung partai politik (parpol).

“Jadi kalau untuk calon yang diusung partai politik sebagaimana kita tahu minimal didukung 10 kursi (di DPRD Kabupaten Serang) kalau maju melalui partai politik. Kalau untuk calon perseorangan harus mengumpulkan 76.752 KTP yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Serang sebanyak 50 Persen,”katanya kepada wartawan.

Sedangkan untuk tahapan selanjutnya, sambung Abidin, KPU sudah mulai melaksanakan sosialisasi sampai tanggal 20 September 2020 mendatang. Kemudian terkait partisipasi pemilih pihaknya menargetkan pada Pilbup dan Wabup Serang 2020 80 persen.

“Tapi partisipasi ini tergantung nanti bagaimana semua stakeholder bekerja keras bersama-sama menyosialisasikan. Tadi saya sampaikan dalam sambutan untuk Pilbup menyisakan 295 hari lagi, mudah-mudahan semua eleman masyarakat sama-sama menyosialisasikan. Maka target partisipasi pemilih mencapai 80 persen bisa tercapai,”tegas Abidin.

Kemudian Abidin mengimbau, kepada masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai PPK dan PPS akan dibuka mulai Bulan januari 2020. “Bulan Januari kita mulai rekrutmen PPK, dan PPS Bulan Februari,”tutur Abidin.

Hadir pada launching tersebut, Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tantowi, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa, Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, para pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Serang, Kapolres Serang, AKBP Indra Gunawan, Kapolres Serang Kota, AKBP Edhi Cahyono dan para tamu undangan, serta masyarakat.

Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tantowi, berharap KPU Kabupaten Serang betul-betul bisa berfungsi sebagai fasilitator yang menyelenggarakan kegiatan Pilkada Kabupaten Serang tahun 2020 secara netral dan berintegritas. Juga betul-betul tidak ada indikasi sedikit pun yang menimbulkan masalah yang tidak di inginkan.

“Kemudian untuk Bawaslu Kabupaten Serang bisa membangun sinergi sebaik-baiknya menjalankan tugas sesuai dengan kewenangan masing-masing, saling menghargai. Teman-teman Bawalsu juga bisa melasanakan fungsi penegakan hukum yang seadil-adilnya, karena masih ada potensi pelanggaran sehingga ketegasan Bawaslu betul-betul kita harapkan,”tutur Pramono.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

LAINNYA

Pemkab Serang Launching Sensus Penduduk 2020
Rabu, 22 Jan 2020 | 19:35 WIB
Pemkab Serang Launching Sensus Penduduk 2020

KOMENTAR

KPU Launching Pilbup dan Wabup Serang 2020
x.ackd

PEMERINTAHAN

234 dibaca
Bupati Serang: APBD Rp 3 Triliun Adalah Amanah Rakyat
331 dibaca
Lantik 277 Pejabat, Bupati Serang Minta Pemerintah Kecamatan Siaga Bencana

POLITIK

310 dibaca
Buka Pendaftaran Calon PPK, KPU Pastikan Tak Ada TitipanĀ 
535 dibaca
KPU Kabupaten Serang Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK

HUKUM & KRIMINAL

830 dibaca
Motor Hasil Curian Disimpan di Parkiran RS Sari Asih

PERISTIWA

254 dibaca
Banjir, Ratusan Rumah di Kecamatan Kasemen Terendam

EKONOMI & BISNIS

213 dibaca
Andika: Banten Siap Dukung Kebijakan Strategis OJK
Top