Jumat, 01 Maret 2024

KPU Kota Tangerang Gandeng Kejaksaan Tangani Masalah Hukum

KPU Kota Tangerang saat melakukan audien dengan Kejaksaan. (Foto-uis/inilahbanten)
Kamis, 10 Agt 2017 | 15:49 WIB - Tangerang Hukum & Kriminal

IBC, Tangerang-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang berencana menjalin kerja sama penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang.

Atas rencana ini, Kapala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Tangerang, Edyward Kaban menyambut baik niat KPU Kota Tangerang.

“Kami sangat apresiasi dengan rencana KPU untuk minta pendampingan hukum kepada kejaksaan selama pelaksanaan Pilkada. Kalau perlu, kita buat MoU tentang penanganan hukum mana saja yang bisa dikerjasamakan,” kata Edyward Kaban, saat silaturahmi KPU Kota Tangerang ke Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, Rabu 9-Agustus-2017.

Menurut Edyward, KPU Kota Tangerang tidak perlu takut dalam menjalankan tugasnya, baik dalam kegiatan yang sudah direncanakan dan tentang pengadaan-pengadaan yang akan dilaksanakan selama proses Pilkada Kota Tangerang 2018.

“Selama sesuai aturan, jalan saja. Kalau ragu, kami siap memberikan pendampingan kajian hukum untuk KPU,” tegasnya.

Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Kota Tangerang, Marolop Pandiangan menambahkan, Kejari Kota Tangerang memiliki jaksa pengacara negara (JPN) yang bisa dimanfaatkan untuk membantu KPU dalam menangi sengketa hukum yang dihadapi. Baik sengketa administrasi, tata usaha negara, bahkan sengketa hasil pemilihan. 

“Prinsipnya, kejaksaan bisa memberikan bantuan pada masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara yang dibutuhkan KPU Kota Tangerang. Bahkan bisa dituangkan dalam MoU kerja samanya,” kata Marolop.

Sementara, Kepala Divisi Hukum Komisioner KPU Kota Tangerang, Wahyul Furqon menuturkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti rencana kerjasama yang akan KPU laksanakan bersama Kejari Kota Tangerang. Sinkronisasi naskah MoU juga akan diselesaikan dalam pekan ini.

“Jika semua sudah siap, kita akan langsung tandatangani bersama MoU tersebut,” kata Wahyul.

Ditambahkan Wahyul, pendampingan hukum yang diberikan Kejari Kota Tangerang memang sangat dibutuhkan KPU.

“Kita sangat perlu bekerjasama dalam penanganan hukum ini, karena kami yakin semakin banyak orang yang terlibat dalam kesempurnaan proses Pilkada, Pilkada Kota Tangerang bukan hanya sukses tahapan juga sukses semuanya. Seperti tagline KPU Kota Tangerang, Bersama Sukseskan,” pungkas Wahyul.  

 

 

Reporter: Uis
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

KPU Kota Tangerang Gandeng Kejaksaan Tangani Masalah Hukum

INILAH SERANG

2251 dibaca
Warga Kibin Ditemukan Tewas Gantung Diri
620 dibaca
Puluhan Warga Dilatih Ciptakan Batik Khas Kabupaten Serang

HUKUM & KRIMINAL

1398 dibaca
Empat Pelaku Jambret dan Curanmor Diringkus
1741 dibaca
Anggota Sub Denpom III/4-3 Pandeglang Nyaris Tertabrak Avanza

POLITIK

680 dibaca
Hasil Survei Elektabilitas PDI Perjuangan dan Gerindra Turun Drastis
1564 dibaca
Pilkades Serentak, Polres Serang Hidupkan Fungsi Deteksi Dini

PENDIDIKAN

1306 dibaca
Ponpes Berbasis IT Dibangun di Kawasan Pariwisata Cinangka
1557 dibaca
Hari Pertama Masuk, SMPN Mancak Disegel Ahli Waris  
Top