Sabtu, 13 Juli 2024

KPU Kabupaten Serang Segera Tetapkan DCS Pileg 2024, Ini Tahapannya

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar.[Foto Diskominfosatik Kabupaten Serang]
Senin, 14 Agt 2023 | 22:05 WIB - Serang Politik

lBC, Serang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang segera menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 pada 18 Agustus 2023 dan 20 Agustus 2023 di umumkannya. Sebelum penetapan DCS KPU melakukan penetapan KPU hingga saat ini masih melakukan syarat tahapannya.

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengatakan mengungkapkan, bahwa terkait dengan mekanisme penyusunan DCS yang pertama pihaknya sudah melakukan pencermatan rancangan DCS sejak 6 sampai tanggal 11 Agustus. 6 sampai 11 Agustus itu adalah partai politik memberikan ketika memang ada beberapa syarat dan persyaratan yang belum terpenuhi.

”Contohnya misalkan SKCK nya belum selesai atau ada persoalan atau persoalan di pengadilan, itu masuk di pencermatan rancangan DCS kami di tanggal 6 sampai 11 Agustus,”ujar Abidin melalui keterangan tertulisnya yang di siarkan Diskominfosatik Kabupaten Serang pada Senin, 14 Agustus 2023.

Kemudian, lanjut Abidin, penyusunan dan penetapan DCS yang pertama pihaknya akan melakukan verifikasi dokumen persyaratan bakal calon pasca pencermatan rancangan DCS pada 12 Agustus sampai 15 Agustus. Jadi, sampai besok (Selasa 15 Agustus) tahapannya memverifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon legislati.

”Selanjutnya DCS itu akan kita susun tanggal 16 sampai 17 Agustus. 16 sampai 17 Agustus kemudian penetapan, setelah itu kami akan tetapkan DCS itu tanggal 18 Agustus hari Jumat, hari Minggu hari Sabtunya kami umumkan untuk DCS itu. Jadi pengumuman 20 Agustus sampai 23 Agustus,”terangnya.

 Selain itu, sambung Abidin, dari 19 sampai 23 Agustus KPU Kabupaten mendapatkan masukan dari masyarakat atas DCS bacaleg yang sudah di umumkan untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari masyarakat sejak diumumkan sampai dengan tanggal 28 Agustus. Hasilnya pihaknya akan merekap masukan masyarakat terhadap DCS atau daftar calon sementara itu pada tanggal 29 Agustus. Mulai 29 Agustus juga KPU akan minta klarifikasi kepada partai politik atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap daftar calon sementara tersebut.

”Jadi ketika ada masukkan dari masyarakat terkait calon yang kami umumkan akan meminta tanggapan parpol terhadap bacaleg atas masukan masyarakat karena ada keterlibatan permasalahan, kami minta klarifikasi itu kepada parpol. Itu terkait dengan DCS,”jelasnya.

Untuk hasil klarifikasi parpol atas bacaleg yang masuk DCS tersebut, papar Abidin, KPU Kabupaten Serang juga menyampaikan hasil klasifikasi dari partai politik kepada KPU Provinsi Banten pada Jumat 8 September sampai 11 September 2023. ”Itu kan kemudian tahapannya masih panjang, baru setelah ada verifikasi atas pengajuan penggantian DCS anggota DPRD kabupaten, DPRD Provinsi DPR dan DPD itu tanggal 21 September sampai 23 september,”ungkapanya.

Sedangkan untuk penetapan DCT atau Daftar Calon Tetap, lebih lanjut Abidin memaparkan, pertama dilakukan pencermatan rancangan DCT KPU akan membuat rancangan DCT itu pada 24 September sampai 3 Oktober 2023. Kemudian penyusunan dan penetapan DCT yang tahap pertama atas klarifikasi, administrasi dokumen persyaratan calon sementara hasil pencermatan rancangan DCT itu 4 Oktober sampai 18 Oktober 2023.

”Kemudian rekapitulasi hasil tahap verifikasi penggantian calon pada masa pencermatan DCT itu 19 Oktober sampai 23 Oktober. Penyusunan DCT itu dari 24 Oktober sampai 2 November. Penetapan DCT tanggal 3 November 2023 dan pengumuman DCT pada 4 November 2023. Itu tahapan dari DCS sampai DCT,”urai Abidin Nasyar.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

KPU Kabupaten Serang Segera Tetapkan DCS Pileg 2024, Ini Tahapannya
jbkj

INILAH SERANG

1089 dibaca
Dompet Dhuafa dan Hutchison 3 Bangun Sekolah Islami
77 dibaca
Bupati Serang Edukasi Masyarakat PBPU Daftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

HUKUM & KRIMINAL

1296 dibaca
Ribuan Butir Obat Keras Diamankan, Tiga Tersangka Ikut Diciduk
1153 dibaca
Staf Khusus Menteri KKP Turut Diciduk KPK

POLITIK

2458 dibaca
Penjelasan Ahli Sejarah Soal Maskot Pilkada Kota Serang 2018 
2198 dibaca
Eeng Kosasih Pimpin KNPI Kabupaten Serang, Ini Program Unggulannya

PENDIDIKAN

1705 dibaca
HUT Banten ke 17, Gubernur Diminta Tingkatkan Mutu Pendidikan
Top