Sabtu, 25 Mei 2024

Korban Tsunami di Anyer dan Cinangka Terima Bantuan Tunai

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat memberikan bantuan tunai kepada korban tsunami pada Jumat, 28 Desember 2018. [Foto Istimewa]
Jumat, 28 Des 2018 | 20:39 WIB - Serang Peristiwa

IBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bergerak cepat turunkan bantuan tunai  untuk korban bencana tsunami Anyer - Cinangka  yang terkena dampak secara langsung. Bantuan tersebut diberikan secara langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di SDN Cinangka pada Jumat, 28 Desember 2018.

Tatu menjelaskan,  bantuan tersebut diberikan kepada nelayan, kios dan rumah yang terkena dampak kerusakan di sekitar pantai. " Saya mewakili Pemkab Serang untuk memberikan bantuan kepada warga yang telah didata secara rinci  oleh Camat dan Kepala Desa," ungkapnya.

Dia juga mengatakan,  bantuan tersebut akan dimanfaatkan oleh warga  untuk memperbaiki kios dan rumah yang rusak diterjang ombak saat tsunami. " Minimal, dari bantuan ini warga bisa melakukan perbaikan pada kios, rumah dan perahu yang rusak agar bisa kembali beraktifitas seperti biasa," tutur Tatu.

Selain itu, Pemkab Serang juga akan menyediakan dana Tak Terduga (TT) pada tahun 2019 nanti yang diberikan kepada korban belum tercover bantuan oleh Pemkab Serang.  " Tahun depan, Kita  akan anggarkan dana TT untuk membantu  korban yang belum tersentuh  bantuan," kata Tatu.

Diketahui, ASN Pemkab Serang juga begotong royong menggalang dana secara pribadi yang diberikan  untuk korban tsunami di Pandegalang dan Kabupaten Serang. ASN berhasil mengumpulkan berupa dana tunai, sembako, dan pakaian layak pakai  yang sudah disalurkan kepada korban. 

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra), Lukman Harun mengatakan, bantuan tersebut diturunkan hasil perintah langsung dari Bupati Serang untuk membantu korban bencana di pantai Cinangka dan Anyer. “Ini perintah Ibu Bupati agar segera diturunkan anggaran Bansos tidak terencana kepada korban dan sisanya nanti pada 2019 kita anggarkan lagi,” ujarnya.

Diketahui, bantuan dibagi menjadi lima kelompok dengan  masing-masing korban mendapatkan nilai bantuan mulai dari  Rp 1,5 juta sampai Rp 500 ribu. “Kategorinya kita lihat yang terkena dampak rusak berat, sedang, dan ringan,” kata Lukman. 

Ia berharap, bantuan tersebut juga  meringankan beban korban dan warga kembali menjalankan usahanya pasca tsunami.  “Selain bantuan tunai juga kita juga berikan selimut, susu bayi, popok dan sembako agar  meringankan beban yang sedang dialami oleh mereka,” ujarnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Korban Tsunami di Anyer dan Cinangka Terima Bantuan Tunai

INILAH SERANG

2701 dibaca
Pererat Tali Saliturahmi, Alumni SMA Bina Taruna 2002 Gelar Bukber Puasa
1297 dibaca
Mayat Wanita di Cipocok Jaya Ternyata Dibunuh

HUKUM & KRIMINAL

810 dibaca
Tak Jera, Residivis Ini Kembali Ditangkap Kedapatan Konsumsi Sabu
3512 dibaca
Jabatan Akan Diganti, Kasat Reskrim AKP Gogo Sampaikan Permohonan Maaf

POLITIK

557 dibaca
Ratu Tatu Gerakkan Potensi MKGR untuk Kemenangan Golkar di Banten
1859 dibaca
Andika Ajak MKGR Kota Serang Sukseskan Agenda Golkar Menangi Pemilu 2024

PENDIDIKAN

1564 dibaca
Bupati Serang Dapat Anugerah Literasi Kemendikbud Kategori ‘Baik’
2986 dibaca
Sidak Pelayanan PPDB Online, Andika Warning Dindikbud dan DKISP Banten
Top