Jumat, 01 Maret 2024

Koperasi Syariah BMI Bangun RTLH di Kabupaten Serang

Selasa, 14 Jul 2020 | 19:34 WIB - Serang

lBC, Serang - Dalam upaya menyinergikan program emerintah daerah, Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (BMI) terus menunjukan keseriusannya dalam membantu masyarakat yang tidak mampu. Baik membangun rumah tidak layak huni atau RTLH, pemberian beasiswa, santunan anak yatim dan khitanan massal.

Kali ini, kembali Koperasi Syariah BMI meresmikan pembangunan RTLH di Kabupaten Serang tepatnya di Kampung Ciseeng, Desa Curug Agung, Kecamatan Baros pada Selasa, 14 Juli 2020. RTLH milik seorang janda berusia 50 tahun yakni, Rasiah diresmikan langsung Presiden Direktur Koperasi Syarah BMI, Kamarudin didampingi Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang, Abdul Wahid, dan unsur Muspika Kecamatan Baros.

Presiden Direktur Koperasi Syarah BMI, Kamarudin mengatakan, Rasiah yang sudah ditinggal sang suami karena meninggal dunia lima tahun yang lalu. Sedangkan, Rasiah terdata sebagai anggota Koperasi Syariah BMI sudah tiga tahun terakhir. 

"Untuk tabungan ibu Rasiah di koperasi syariah hanya 1,9 juta. Sedangkan untuk biaya pembanguman rumahnya yang tidak layak huni menghabiskan dana Rp50 juta merupakan bantuan dari koperasi, dengan fasilitas satu kamar tidur, kamar mandi, satu dapur,”ujar Kamarudin.

Untuk di wilayah Kabupaten Serang, sebut Kamaruddin, bukan kali pertama membantu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dalam menuntaskan program perbaikan RTLH atau rutilahu. “Sejak tahun 2018 lalu sampai tahun ini, sudah 51 unit RTLH yang dibangun. Baik anggota koperasi maupun bukan, pasti kami bantu jika memang sangat prioritas,”terangnya.

Oleh karena itu, Kamaruddin mengimbau kepada pemerintah desa, pemerintah daerah untuk mengajak masyarakat untuk masuk atau menjadi anggota Koperasi Syariah BMI. “Ini supaya bisa saling membantu masyarakat ynag membutuhkan,”kata Kamaruddin.

Rasiah dengan mata berkaca-kaca mengucapkan terima kasih dengan dibangunnya rumah miliknya secara cuma-cuma. “Saya doakan agar koperasi syariah ini terus maju dan bermanfaat untuk masyarakat,”ujarnya.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang, Abdul Wahid, Abdul Wahid mengapresiasi sinerginya program Koperasi Syariah BMI dengan program Bupati Serang dalam upaya penuntasan perbaikan RTLH di Kabupaten Serang. Kemudian, koperasi ini juga harus dijadikan contoh oleh koperasi yang di ada di Kabupaten Serang dengan banyaknya memberikan bantuan kepada masyarakat. Juga sudah mendapatkan penghargaan dari Presiden dan Kementrian Republik Indonesia.

“Saya berharap masyarakat untuk tidak ragu menjadi anggota koperasi, sebagai salah satu cara untuk mengurangi pinjaman bank keliling atau rentenir. Untuk mencegah itu, kalau rentenir masuk pasar, ya pasar itu harus membentuk koperasi,”ajak Abdul Wahid.[Ars] 

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Koperasi Syariah BMI Bangun RTLH di Kabupaten Serang

INILAH SERANG

574 dibaca
Langkah KPK Sejalan Dengan Komitmen Anti Korupsi Pemprov Banten
1508 dibaca
Tiga Kecamatan di Kabupaten Serang Terendam Banjir

HUKUM & KRIMINAL

780 dibaca
Tepergok Curi Motor, Dua Pelaku Babak Belur Dihajar Warga
4083 dibaca
Politik Uang, Dua Warga Terjaring OTT di Kota Serang

POLITIK

1743 dibaca
PMII STIE Bina Bangsa Sepakat Tolak Khilafah
2535 dibaca
Tak Dianggap Gubernur WH, Puluhan Relawan Gelar Buka Puasa Bersama

PENDIDIKAN

1159 dibaca
WH : Alumni UIN Harus Berkontribusi dalam Pembangunan Banten
1145 dibaca
NU Ikut Program Organisasi Penggerak Kemendikbud
Top