Minggu, 19 Mei 2024

Koperasi di Pandeglang Terus Maju dan Berdampak untuk Masyarakat

[Foto Istimewa]
Rabu, 15 Nov 2023 | 18:43 WIB - Pandeglang Ekonomi & Bisnis

lBC, Pandeglang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Dumanta menekankan perlu dilakukan pembinaan yang lebih intensif terhadap gerakan koperasi yang ada di Kabupaten Pandeglang. Sehingga terus berkembang lebih berdaya, guna mensejahterakan anggota dan memberi manfaat untuk masyarakat sekitarnya.

Hal itu disampaikan Ali fahmi Sumanta saat menghadiri acara Hari Koperasi ke-76 tingkat Kabupaten Pandeglang di Wisma PKPRI pada Rabu, 15 November 2023.

Ali Fahmi mengatakan, dari 675 koperasi yang ada di Pandeglang baik koperasi nasional, provinsi maupun kabupaten saat ini koperasi aktif mencapai 572 koperasi atau 84,7 persen. Disisi lain, pada usia koperasi yang ke-76 tahun ini, ada yang patut disyukuri karena banyak koperasi yang telah maju dan dapat memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitarnya.

“Koperasi - koperasi tersebut memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapatan, sehingga tingkat kesenjangan atau ketimpangan ekonomi dapat dikurangi. Salah satu contoh yang harus menjadi inspirasi bagi kita semua, adalah koperasi syariah bmi, yang merupakan koperasi nasional, sampai saat ini sudah memberikan bantuan pembangunan rumah layak huni sebanyak 45 unit rumah bagi masyarakat Kabupaten Pandeglang,” terangnya.

Kata Fahmi, pemerintah juga menyadari masih banyak koperasi yang belum berhasil, memiliki permasalahan intern, kesulitan permodalan dan persoalan organisasional lainnya. Dan sejauh ini masih banyak pula anggapan negatif, pandangan pesimis sebagian masyarakat terhadap peran dan fungsi koperasi.

“Semua ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi, untuk mewujudkan amanat dalam uud 1945 pasal 33, yang menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan dan bangun usaha yang sesuai dengan itu adalah koperasi,”terangnya.

Masih kata Fahmi, Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan terus hadir dan berkomitmen untuk membangun koperasi melalui berbagai kebijakan dan program, dalam bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan akses pembiayaan, fasilitasi pemasaran, dan fasilitasi teknologi informasi.

“Saya berharap seluruh lembaga pendidikan dari mulai sd, smp, sma, perguruan tinggi dan pesantren agar memiliki warung yang berbasiskan usaha koperasi dengan dimotori oleh para guru, para kiyai agar koperasi sebagai lokomotif perekonomian maju dan berkembang di Kabupaten Pandeglang,”ungkapnya.

“Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi, karena semua kegiatan yang diadakan pada hari koperasi tahun ini, menjadi bukti bahwa gerakan koperasi di kabupaten pandeglang telah mampu berkontribusi terhadap pembangunan dan bermanfaat untuk masyarakat,” imbuhnya.

Kepala Dinas Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pandeglang R.Gunara Drajat mengatakan, pada peringatan hari koperasi ke-76 tingkat kabupaten pandeglang diselenggarakan beberapa kegiatan seperti diklat perkoperasian, pemberian bantuan warga dhuafa , pemberian penghargaan untuk koperasi berprestasi dan tokoh koperasi, donor darah dari para insan koperasi, jambore kader koperasi, penggalangan infaq peduli palestina.

“Tujuannya adalah untuk menumbuhkan dan terus mengembangkan koperasi di Pandeglang, selain itu kualitas sumberdaya manusia pengelola koperasi juga akan meningkat,” terangnya.

Ketua Panitia Hari Koperasi Kamir mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai wahana gerakan koperasi pandeglang dalam menggerakkan potensi perekonomian rakyat di Kabupaten Pandeglang. "Gerakan koperasi untuk terus berbenah dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan teknologi,"katanya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Koperasi di Pandeglang Terus Maju dan Berdampak untuk Masyarakat

INILAH SERANG

436 dibaca
Bappenas jadikan Kabupaten Serang Percontohan Penurunan AKI dan AKB
207 dibaca
Pengendara Honda Scoopy Tewas Terlindas Dump Truk

HUKUM & KRIMINAL

1677 dibaca
Tiga Perampok Counter HP di Cikupa Diringkus
414 dibaca
Gerebeg Perjudian, Personil Polres Serang Amankan Enam Pelaku

POLITIK

2159 dibaca
Calon Tunggal di Pilkada Lebak, Ini yang Akan Terjadi
2786 dibaca
PKS Sebut Memilih WH-Andika Karena Tidak Ingin di Banten Ada Komunis

PENDIDIKAN

1917 dibaca
Dana BOS Belum Cair, Kepsek di Tangerang Mulai Teriak
1656 dibaca
Usai Peringati Hari Guru, WH Kunjungi Sekolah Rusak di Ciruas
Top