Jumat, 14 Desember 2018

Kompak, Airin dan Benyamin Bayar PBB di Pekan ASN Tangsel

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany (Foto Istimewa)
Selasa, 17 Apr 2018 | 18:44 WIB - Tangerang Pemerintahan

lBC, Tangsel - Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie dan Sekretaris Daerah Muhamad melakukan transaksi pembayaran pajak PBB-P2 di halaman Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangsel, dalam rangka pekan ASN taat pajak pada Selasa, 17 April 2018.

Orang nomor satu di Kota Tangsel tersebut mencontohkan kepada bawahannya betapa pentingnya membayar pajak. Mereka langsung duduk di loket pelayanan yang dibuka bapenda di depan halaman kantor Bapenda Tangsel.

"Bagaimanapun Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari Pajak Bumi Bangunan (PBB) pada tahun 2017 sebesar 30 persen dari Rp1,4 triliun. Pekan ASN ini merupakan satu cara strategis untuk meningkatkan PAD tahun ini," ungkap Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, selesai membayar pajak PBB, menjelaskan, ASN merupakan pegawai yang penghasilannya berasal dari pemerintah. Sehingga kesadaran pajak harus lebih besar dibandingkan dengan masyarakat lainnya.  

"Ini bagus, dan ini yang pertama di Tangsel juga. Semoga bisa terus dilakukan, dan bisa meningkatkan kesadaran bayar pajak untuk ASN Tangsel," ujarnya.

Airin pun menyampaikan dengan berlakunya Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah memiliki kewenangan untuk mengelola pajak daerah secara mandiri, termasuk PBB-P2.

Sebagai implementasi atas kewenangan yang diberikann Pemkot Tangsel telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2010 tentang pajak daerah sebagaimana telah diubah dengan peraturan daerah nomor 3 tahun 2017.

ASN yang ada di Tangsel merupakan wajib pajak sepanjang yang bersangkutan mempunyai hak atas bumi  dan atau memperoleh manfaat atas bumi dan bangunan di Tangsel.

“Pekan ASN TAAT PBB-P2 yang dilaksanakan saat ini merupakan harapan bagi kita, melalui para ASN dapat menjadi tauladan bagi para wajib pajak secara umum untuk selalu melunasi pembayaran PBB-P2 dan Saya berharap semua ASN di Tangsel dapat secara antusias mendukung pelaksanaan pekan ASN ini," ungkapnya.

Sementara Sekda Tangsel, Muhamad, menjelaskan, dirinya membayar pajak PBB sebesar Rp 8.000.470 ribu. "Saya bayar pajak PBB tergantung SPPT datang kerumah,setelah SPPT datang langsung membayarkan,"katanya.

Program ini sangat bagus dan terus dilakukan."Saya bersama dengan Walikota dan Wakil Walikota Tangsel memberikan contoh kepada ASN yang ada di Tangsel agar menjadi ASN taat pajak," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Toto Sudarto merupakan ASN yang taat membayar pajak. "Saya bayar pajak awal Januari, karena saya berusaha untuk disiplin dalam pengurusan pajak, baik pajak pbb,kendaraan dan lainnya," ungkapnya.

Kepala Bapenda Tangsel Dadang Sofyan, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan pertama yang dilakukan di Tangsel.

"Pembukaan loket ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran pajak kepada masyarakat. Karena dengan adanya loket ini, pasti masyarakat akan lebih termotivasi," kata Dadang Sofyan.

Menurut Dadang banyak sekali ASN Tangsel yang memiliki aset bumi bangunan di Kota Tangsel. Karena itu loket ini efektif memberikan solusi pembayaran kepada ASN. Apalagi waktu pembukaannya sendiri dilakukan di lokasi yang sama dengan Apel Hari Kesadaran Nasional 2018.

Dadang menambahkan dengan cara seperti ini juga jumlah PAD Tangsel dari sektor pajak bisa meningkat. Dan bisa sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.[Miftahul]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kompak, Airin dan Benyamin Bayar PBB di Pekan ASN Tangsel

PEMERINTAHAN

202 dibaca
Gubernur Banten Terima DIPA TA 2019 dari Presiden
2775 dibaca
Gaji Guru Naik Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Menekan Angka Pengangguran
317 dibaca
Walikota dan Wakil Walikota Serang Periode 2018-2023 Dilantik

POLITIK

310 dibaca
Eeng Kosasih Pimpin KNPI Kabupaten Serang, Ini Program Unggulannya
154 dibaca
Pemilu 2019, Pemprov Banten Target Partisipasi Pemilih 80 Persen
219 dibaca
Bahas Pemilu 2019 Damai di Banten

HUKUM & KRIMINAL

128 dibaca
Sabu 2,5 Kg dan 51 Pil Ekstasi Siap Edar di Tangsel Diamankan
256 dibaca
Meresahkan, Tiga Warga Lebak Tersangka Curanmor Diringkus
332 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal

PERISTIWA

251 dibaca
Naik Tipe, Polda Banten Diminta Tingkatkan Kamtibmas
280 dibaca
Kapolri Resmikan Kenaikan Tipologi Polda Banten dari Tipe B ke Tipe A

EKONOMI & BISNIS

157 dibaca
Investasi di Banten Harus Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat 
210 dibaca
Pemprov Banten Lepas Seluruh Saham di Bank BJB
Top