Minggu, 13 Juni 2021

Komitmen, Pemkab Serang Tolak Izin PT Mayora

Kondisi beko milik PT Mayora usai dibakar pengunjukrasa. (Foto Ist)
Rabu, 08 Feb 2017 | 02:00 WIB - Serang Peristiwa

IB, Serang--Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menyatakan, bahwa keberadaan PT. Mayora di Kecamatan Baros dan Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang memiliki dampak negative. Maka, pihaknya tidak akan segan untuk menutup perusahaan tersebut.

"Kita akan kaji ulang, kalau seandainya dampak negatifnya lebih besar dari pada manfaatnya, kita akan tutup permanen, tapi kalau seandainya setelah kita kaji ternyata manfaatnya lebih besar dari dampak negatifnya, tidak menutup kemunginan kita akan buka lagi," kata Pandji Tirtayasa saat menghadiri acara peresmian sanitasi air bersih di Desa Cisalam, Kecamatan Baros Kabupaten Serang pada Selasa, 7 Februari 2017.

Ia mengatakan, persoalan air merupakan masalah yang sensitif, ketika ada sumber air yang seharusnya menjadi sarana untuk kehidupan orang banyak. Namun kemudian dimiliki oleh perorangan bahkan dikomersilkan, sehingga kebutuhan hajat hidup orang banyak terpinggirkan, pastinya akan sangat mengganggu.

"Makanya ada reaksi dari masyarakat terhadap PT Mayora, Pemkab Serang komitmen tidak akan memberikan izin, karena dalam Perda RTRW. Kawasan itu menjadi kawasan kesmen area, untuk endapan air," katanya.

Pandji berjanji, bahwa pihaknya juga akan melakukan kajian ulang terhadap perizinan pendirian perusahaan tersebut secara seksama dengan melibatkan seluruh stakeholder. Terutama masyarakat yang merasa dirugikan.

"Kami juga mengimbau masyarakat sebaiknya tidak mengambil langkah diluar konstitusi. Salurkan aspirasi secara baik, secara demokratis tanpa harus anarkis," pungkasnya. Baca juga:Serbu Areal PT. Mayora, Warga Bakar Gudang dan Beko

Sebelumnya, ratusan warga yang diduga warga Kecamatan Baros, Kabuapten Serang ngamuk di arela pabrik pengolahan air kemasan PT Mayora, di Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang pada Senin, 6 Februari 2017. Dalam insiden keributan ini, sejumlah fasilitas perusahan dirusak, termasuk diantaranya gudang dan kendaraan beko dibakar. Tak ada korban jiwa dalam keributan ini, petugas gabungan Polres Pandeglang, Polres Serang Kota dan Brimobda Banten telah mengamankan lokasi keributan.

Reporter: Ahmad Hifni Nm
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Komitmen, Pemkab Serang Tolak Izin PT Mayora

INILAH SERANG

145 dibaca
Polres Serang Bagikan Masker ke Pengunjung Ponpes Syech Nawawi Tanara
703 dibaca
Polres Serang Amankan Belasan Preman dan Sita Uang Pungli
160 dibaca
Polres Serang Ringkus Dua Pengedar Obat Tramadol dan Hexymer

HUKUM & KRIMINAL

43 dibaca
Polda Banten Gagalkan Penyelundupan 90 Ribu Bibit Lobster
703 dibaca
Polres Serang Amankan Belasan Preman dan Sita Uang Pungli
160 dibaca
Polres Serang Ringkus Dua Pengedar Obat Tramadol dan Hexymer

POLITIK

389 dibaca
Pemkab Serang Soroti Pilkades Serentak di Dua Kecamatan
444 dibaca
Amankan Pemilihan Anggota BPD Tanara, Polres Serang Prokes Covid-19
650 dibaca
Andika Minta PPP Banten Dukung Pemprov Sejahterakan Masyarakat

PENDIDIKAN

353 dibaca
Andika: Data BPS Menunjukkan Kualitas Pendidikan Penduduk Banten Meningkat
381 dibaca
PPDB di Kabupaten Serang Dibuka 21 Juni, Ini Tahapannya
Top