Senin, 20 Mei 2024

Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Banten Dikukuhkan

[Foto Istimewa]
Senin, 28 Agt 2023 | 21:25 WIB - Banten

lBC, Jakarta - Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten dikukuhkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Senin, 28 Agustus 2023. Ekonomi dan keuangan syariah menjadi salah satu pilar mencapai kesejahteraan masyarakat.

 

Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin mengatakan, sebagai bagian pembangunan ekonomi Indonesia, ekonomi dan keuangan syariah terus dipacu. Hal itu sesuai dengan visi Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia.

 

”Saat ini telah terbentuk KDEKS di 22 Provinsi,”ujar wapres dalam sambutannya. Wapres mengajak menjadikan ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber energi baru pembangunan perekonomian Indonesia.

 

Masih menurut Wapres RI KH Ma'ruf Amin, Indonesia saat ini menjadi pemegang saham terbesar ketiga Islamic Development Bank (IDB) sebesar  7,9 persen. Indonesia juga meraih Penghargaan IDB pada inovasi sukuk wakaf secara online, serta menjadi destinasi wisata syariah utama dunia.

 

Sebagai informasi, sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Banten Nomor 500.05/Kep.26-Huk/2023 tentang Pembentukan Komite Daerah Ekonomi Dan Keuangan Ekonomi Syariah Provinsi, Tim KDEKS Provinsi Banten antara lain; Pelindung Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Taufiqurrahman Ruki. Penasihat: H Embay Mulya Syarif dan KH Tb Hamdi Ma'ani. Ketua:  Siti Ma'rifah, dan Sekretaris: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Banten Imaduddin Sahabat

 

Selain KDEKS Provinsi Banten, pada saat yang sama juga dikukuhkan KDEKS Provinsi DKI Jakarta, Lampung. Bangka Belitung, dan Nusa Tenggara Barat. Pengukuhan dilakukan oleh Plt Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi Dan Keuangan Syariah Taufik Hidayat.

 

"Kita (KDEKS Provinsi Banten, red) baru saja dikukuhkan di Istana Wakil Presiden RI. Dengan Pengukuhan ini maka ekonomi dan keuangan syariah Provinsi Banten yang pada dasarnya sudah berjalan dengan baik bahkan sejak era Kesultanan Banten, maka kita akan lebih fokus lagi dalam rangka ekonomi dan keuangan syariah," ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

 

"Beberapa waktu lalu, kita telah mendapatkan dua penghargaan dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah,"sambung Pj Gubernur Banten. Dia berharap, melalui ekonomi dan keuangan syariah, masyarakat dapat terfasilitasi kesejahteraannya berbasis syariah.

 

"Ekonomi dan keuangan syariah menjadi peta jalan serta mampu mendorong berbagai basis pertumbuhan di Provinsi Banten. Ekonomi dan keuangan itu satu parameter utama dalam rangka kita makin menuju untuk upaya kesejahteraan masyarakat. Ekonomi dan keuangan syariah sebagai pilar Kesejahteraan masyarakat,"ungkapnya.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Banten Dikukuhkan

INILAH SERANG

847 dibaca
Iuran Sukarela Selama 8 Bulan, Warga TBL Bangun Jalan Secara Swadaya
362 dibaca
Pemkab Serang Kejar Peningkatan Rangking IGA 2022

HUKUM & KRIMINAL

1565 dibaca
Persit Polsek Kasemen dan Kodim 0602 Serang Gelar Donor Darah
1223 dibaca
Polda Banten Limpahkan Berkas dan 2 Tersangka Mafia Tanah

POLITIK

5677 dibaca
Andiara Raih Suara Terbanyak Calon DPD Dapil Banten, Anak Gubernur Gagal
1113 dibaca
Jelang Pilkada, Golkar Banten Panaskan Mesin Partai di Empat Daerah

PENDIDIKAN

1575 dibaca
Penyegelan SMPN 1 Mancak, Bupati Serang Tempuh Jalur Hukum
1951 dibaca
RBB Dukung Ketua Komisi 5 Fitron Soal Tolak Pendidikan Gratis
Top