Sabtu, 20 April 2024

Kinerja Rendah, Ruang Kerja Kanit Dipasangi Bendera Hitam

(Foto-lnilahBanten.co.id)
Sabtu, 22 Apr 2017 | 13:08 WIB - Serang Hukum & Kriminal

lB, Serang - Guna mengetahui kinerja anggotanya di lapangan, Polsek Kragilan setiap bulannya menggelar Analisa dan Evaluasi (anev) yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Kragilan Kompol Tosriadi Jamal. Hasil anev, bagi yang terbaik kinerjanya diberikan reward (penghargaan) sedangkan yang terendah akan mendapatkan bendera hitam bergambar jari jempol ke bawah.

"Anev ini kami laksanakan setiap bulan dan pemberian bendera hitam, dimaksudkan sebagai pemicu agar seluruh unit lebih semangat dalam menjalankan tugas sesuai fungsinya," kata Kompol Tosriadi Jamal, ditemui di kantornya pada Sabtu, 22 April 2017.

Tosriadi membeberkan jumlah anggota dibawah komandonya berjumlah 42 personil yang terdiri dari 5 unit diantaranya Unit Reskrim, Intelkam, Sabhara, Binmas dan Lalulintas. Kata Tosriadi, penilaian untuk Unit Reskrim, diantaranya mencakup kecepatan mendatangi lokasi kejadian serta penyidikan tak lebih dari 20 hari.

"Kecepatan datang ke lokasi kejadian serta penanganan kasus merupakan bagian penting dalam penilaian," kata Tosriadi.

Sedangkan Unit Intelkam yang jadi penilaian adalah penggalangan terhadap seluruh lapisan masyarakat. Sementara Unit Sabhara, patroli rutin ke pemukiman warga serta obyek vital lainnya baik industri maupun perdagangan. Untuk Unit Lalulintas, kecepatan mendatangi TKP lakalantas dan mengatasi kemacetan serta menolong penyeberang jalan dan kendaraan mogok.

Sedangkan Unit Binmas bersilaturahmi door to door ke masyarakat sambil memberikan penyuluhan terkait tugas-tugas kepolisian. Untuk personil Binmas ini diwajibkan mengunjungi masyarakat tak kurang dari 120 kunjungan ke rumah warga setiap bulannya yang dicatat dan ditandatangi oleh kepala keluarga yang dikunjungi.

"Untuk pengawasan merupakan wewenang Kanit masing-masing untuk menempatkan personil yang pantas. Bendera hitam yang mereka dapatkan harus dibawa setiap apel pagi dan selanjutnya dipasang di samping meja Kanit. Kecuali yang terendah, hasil kerja seluruh unit mendapatkan reward," tegas Kapolsek.

Kapolsek menambahkan meski tugas-tugas telah dilaksanakan oleh anggotanya, dirinya mengaku tidak duduk santai di balik meja kerja. Tugas Kapolsek sendiri, kata Tosriadi, bersama Camat dan Danramil Kragilan,  mengumpulkan seluruh kepala desa se Kecamatan Kragilan di kantor desa secara bergiliran untuk diberikan penyuluhan serta menerima laporan perkembangan yang ada di desa.

"Tugas Kapolsek ini saya jalankan setiap bulan dan sudah dilaksanakan sejak Januari lalu. Untuk meningkatkan kinerja TNI Polri, kami juga melaksanakan apel bersama personil Koramil sekali dalam sebulan. Seluruh kegiatan ini kita laporkan kepada Kapolres Serang. Alhamdulillah, dengan sistem kerja yang sudah berjalan ini kepuasan masyarakat terpenuhi dan tingkat kriminal menurun," kata Kapolsek.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kinerja Rendah, Ruang Kerja Kanit Dipasangi Bendera Hitam
aulmummc zf

INILAH SERANG

565 dibaca
Diramaikan Artis dan Door Prize Paket Umroh, Dies Natalis UPG ke-3 Meriah

HUKUM & KRIMINAL

269 dibaca
Buruh dan Sopir Ditangkap Polisi saat Asyik Main Judi Remi

POLITIK

1144 dibaca
FSKP Baros Bantah Dukung Nasrul-Eki di Pilkada Kabupaten Serang
Top