Senin, 20 Mei 2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Ingatkan Pengawas Hindari Intervensi Pihak Lain

[Foto: Ahyaruddin Ayonk/InilahBanten]
Sabtu, 22 Sept 2018 | 15:30 WIB - Serang Politik

IBC, Serang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019 dengan mengundang seluruh jajaran Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Serang di Lapangan Taman Ciruas Permai pada Sabtu, 22 September 2018. Hadir juga Anggota Bawaslu Provinsi Banten, Polres Serang dan TNI.

Ketua Bawaslu) Kabupaten Serang, Yadi mengatakan, bahwa tahapan kampanye merupakan tahapan pemilu yang paling panjang, tahapan yang sangat rentan terjadinya pelanggaran pemilu. Oleh karena itu, Bawaslu Kabupaten Serang sebagai penyelenggara yang bertugas melakukan pengawasan untuk memastikan Pemilu berlangsung dengan baik, berkualitas dan berintegritas.

“Seluruh jajaran pengawas pemilu sigap dan siaga dalam menghadapi proses pemilu 2019 dengan tetap memperhatikan tugas dan tanggung jawab pengawas pemilu,” kata Yadi dalam sambutannya.

Selain itu, sambungnya, kerjasama pengawasan bersama stakeholder seperti kepolisian dan kejaksaan yang difasilitasi dalam Pokja Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), berkomitmen untuk membangun komunikasi dengan sangat baik, agar pelanggaran pidana pemilu dapat diselesaikan dengan cepat, tegas dan berkeadilan.

“Sentra Gakkumdu Kabupaten Serang yang sebelumnya diganjar penghargaan sebagai sentra Gakkumdu terbaik se-Indonesia harus mempertahankan kinerja dan performanya pada Pemilu 2019 ini,”pesannya.

"Pemilu 2019 sebagai sarana penting dalam membangun kualitas demokrasi di Indonesia, sudah memasuki tahapan yang sangat krusial, setelah ditetapkan Daftar Calon Tetap oleh KPU, maka tiga hari setelahnya seluruh peserta pemilu dapat memanfaatkan tahapan kampanye sebagai sarana untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan gagasannya,"kata Yadi.

Maka, lanjut dia, penting sikap kerja dalam pengawasan yang sesuai dengan undang-undang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 untuk bekerja sungguh-sungguh, jujur, adil, profesional, tegas, dan cermat, serta mengedepankan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

“Dan tidak kalah penting yang harus diinternalisasi seluruh pengawas dalam menjalankan tugasnya adalah bersikap netral dan menolak segala sesuatu yang dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap pelaksanaan tugas dan menghindari intervensi pihak lain,"tegas Yadi.

"Semoga dengan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019 ini seluruh jajaran Pengawas Pemilu 2019 se-Kabupaten Serang mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan kompak demi pelaksanaan dan hasil Pemilu 2019 yang berkualitas. Dan kita meyakini kita bisa menjaga kualitas demokrasi dengan baik,"tutur Yadi.

Reporter: Ahyaruddin Ayonk
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Ingatkan Pengawas Hindari Intervensi Pihak Lain

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

1257 dibaca
Anggaran Dipangkas, Dinsos Banten Dituntut Lebih Bijak Susun Renja
763 dibaca
Cegah Aksi Premanisme, Ini yang Dilalukan Polda Banten

HUKUM & KRIMINAL

1031 dibaca
Polres Serang Ringkus Dua Pelaku Penggelapan Ribuan Sepatu Ekspor
1576 dibaca
Tahun Ini, 76 Napi Rutan Rangkasbitung Diusulkan Dapat Remisi

POLITIK

1467 dibaca
Hasil Quick Count, Tatu-Pandji Pemenang Pilkada Kabupaten Serang
2059 dibaca
Bukti Dukungan yang Maksimal, Ribuan Warga Hadiri Kampanye Andika di Rajeg

PENDIDIKAN

1095 dibaca
Andika Dorong Banten Memiliki Kopertais Tersendiri
1394 dibaca
Pemkab Serang Mulai Pembelajaran Tatap Muka Dimasa Pandemi
Top