Rabu, 22 Agustus 2018

Kenakan Pin Bergambar WH, Mahasiswa Demo Kejati Banten

Mahasiwa dari Tangerang saat unjuk rasa di Kejati Banten pada Senin, 14 Mei 2018. [Foto:Arif Soleh/InilahBanten]
Senin, 14 Mei 2018 | 14:28 WIB - Serang Peristiwa

IBC, Serang - Lebih dari 20 massa dari Tangerang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa dan Pemuda Aspiratif (Kompas) Banten, melakukan aksi unjukrasa di depan Gerbang Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten di Jalan Serang-Pandeglang Pal Empat Kota Serang pada Senin, 14 Mei 2018 siang.

Dalam aksi demo, mahasiswa mendesak Kejati Banten secepatnya menindakkanjuti dugaan korupsi di Sekretariat DPRD Banten terkait anggaran publikasi tahun 2015 senilai Rp21,5 miliar. Dalam pelaksanaan anggaran tersebut, ada indikasi kerugian negara sebesar Rp6 miliar.

"Ini berdasarkan temuan BPK RI. Kalau ini tidak segera di usut, ini akan terus menjadi temuan BPK RI setiap tahunnya. Kami meminta Kejati Banten segera mengusut temuan ini, " kata Koordinator aksi, Rifki kepada lnilahBanten.

Selain menyoroti soal anggaran publikasi di DPRD Banten, mahasiswa juga menyikapi DPD KNPI Banten versi Ali Hanafiah yang akan melaksanakan kegiatan Rapimpurnas DPP KNPI versi Fahd A. Rafik. Menurut Rifki, sungguh ironis jika seorang pemimpin organisasi yang notebane nya telah dituntut 4 tahun penjara malah diberikan panggung kehormatan.

"Kami menilai adanya upaya pelemahan daya nalar organisasi. Ini membuktikan telah mati daya nalar organisasi yang berhimpun didalamnya," tukas Rifki.

Untuk itu, mahasiswa mendukung pemerintah yang bersih dan bermartabat di Provinsi Banten. Mendukung sikap tegas Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dalam memberantas korupsi dan pejabat yang korupsi serta pengusaha hitam yang bersekongkol tanpa sedikit pun memperhatikan kepentingan rakyat.
Kemudian, mahasiswa juga meminta kepada Gubernur Banten WH untuk tidak berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Rapimpurnas.

"Hal ini dilakukan karena lembaga tersebut telah menghancurkan dan mematikan semangat pemberantasan korupsi. Meminta kepada Gubernur Banten agar merotasi, mutasi pejabat yang tidak bersih untuk membangun Banten bebas korupsi," tandas Rifki.

Pantauan dilokasi, perwakilan mahasiswa usai melakukan orasi yang dikawal petugas Kepolisian dipersilahkan masuk untuk melakukan dialog. Usai dialog, Rifki mengatakan, bahwa pihak Kejati Banten untuk meminta untuk melengkapi berkas terkait anggaran publikasi di DPRD Banten.

Usai dialog, puluhan mahasiswa membubarkan diri dengan tertib. Selain itu, ada yang unik terlihat sejumlah mahasiswa saat aksi di Kejati Banten dengan mengenakan Pin bergambar Gubernur Banten Wahidin Halim (WH).

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kenakan Pin Bergambar WH, Mahasiswa Demo Kejati Banten
besar

PEMERINTAHAN

256 dibaca
Cegah Korupsi, APIP dan APH Teken MoU
222 dibaca
HUT ke-11, Andika Minta Pemkot Serang Tingkatkan Pelayanan

POLITIK

3139 dibaca
Panitia Deklarasi #2019GantiPresiden Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok
173 dibaca
Anggaran 5 Raperda Inisiatif DPRD Banten Tidak Transparan

HUKUM & KRIMINAL

199 dibaca
3.678 Warga Binaan di Lapas dan Rutan se-Banten Dapat Remisi
331 dibaca
Kadinkes Banten Terjerat Korupsi, WH: Pemecatan Ketika Sudah Inkrah
Top