Selasa, 23 April 2024

Kemdikbud Akan Meniadakan Pelajaran Agama di Kelas

Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy (foto istimewa)
Rabu, 14 Jun 2017 | 07:34 WIB - Nasional Pendidikan

lB, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyatakan akan meniadakan pelajaran agama di kelas dan menggantinya dengan pendidikan agama di madrasah diniyah, masjid, pura, atau gereja.

"Sekolah lima hari tidak sepenuhnya berada di sekolah. Siswa hanya beberapa jam di dalam kelas dan sisanya di luar kelas," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta pada Selasa, 13 Juni 2017.

Sekolah, menurut dia, bisa memberikan pendidikan agama dengan mengajak siswa ke rumah ibadah atau mendatangkan guru madrasah ke sekolah.

Kalau sudah mendapat pendidikan agama di luar kelas, otomatis murid tidak perlu lagi dapat pelajaran agama di dalam kelas.

Kemendikbud akan mengatur teknis pelaksanaan pendidikan agama di luar kelas atau sekolah dan menyelaraskannya dengan kurikulum.

Muhadjir menjelaskan pula bahwa kegiatan belajar lima hari tidak wajib dilaksanakan seluruhnya di sekolah.

Ia menjelaskan sekolah lima hari akan dijalankan mulai tahun ajaran baru 2017/2018. Sekitar 9.830 sekolah akan melaksanakannya.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu mengatakan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Hari Sekolah belum wajib dilaksanakan tahun ini, tapi dilaksanakan secara bertahap sampai seluruh sekolah siap.[Antaranews.com]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kemdikbud Akan Meniadakan Pelajaran Agama di Kelas

BERITA TERKAIT

aulmummc zf

INILAH SERANG

3089 dibaca
Tak Penuhi Kuorum, Paripurna DPRD Kabupaten Serang Batal Digelar

HUKUM & KRIMINAL

660 dibaca
Kapolres Serang Pimpin Sertijab Kapolsek Cikande dan Pamarayan

POLITIK

1682 dibaca
Puluhan Peserta Panwascam Ikut Tes Wawancara
Top