Kamis, 15 April 2021

Kelembutan Cinta Rasulullah kepada Istri-istrinya

Ilustrasi/Net
Minggu, 07 Mar 2021 | 21:18 WIB - Mozaik Islami

RASULULLAH SAW sangat mencintai dan lembut pada istri-istrinya. Berikut adalah contoh sikap luar biasa beliau yang harus diteladani oleh setiap suami:

- Rasulullah SAW tidak pernah menyusahkan istrinya. Jika pakaiannya koyak, Rasulullah SAW menambalnya sendiri tanpa menyuruh isterinya.

- Rasulullah SAW selalu bertanggung jawab mencari nafkah untuk keluarganya. Contoh: Rasulullah SAW memerah sendiri susu kambing untuk keperluan keluarga maupun untuk dijual.

- Rasulullah SAW tidak segan membantu istrinya di dapur. Contoh: Setiap kali pulang ke rumah, bila dilihat tiada makanan yang sudah siap dimasak untuk dimakan, sambil tersenyum Rasulullah SAW menyingsingkan lengan bajunya untuk membantu isterinya di dapur.

- Rasulullah SAW sering memanggil istrinya dengan panggilan mesra. Contoh: Aisyah r.a. dipanggil dengan panggilan Khumaira (yang kemerah-merahan) oleh beliau.

- Rasulullah SAW tidak pernah mendesak istrinya menyediakan makanan. Contoh: suatu ketika, Rasulullah SAW pulang pada waktu pagi. Beliau pasti sangat lapar saat itu. Tetapi dilihatnya tidak ada apapun untuk sarapan, bahkan yang mentah pun tidak ada karena Sayidatina Aisyah belum ke pasar. Maka beliau bertanya, "Belum ada sarapan ya Khumaira?" Aisyah menjawab dengan agak serba salah, "Belum ada apa-apa wahai Rasulullah." Rasulullah SAW lantas berkata, "Jika begitu aku puasa saja hari ini." Sedikit pun tidak tergambar raut kesal di wajah beliau.

- Rasulullah SAW sangat marah ketika melihat seorang suami sedang memukul istrinya. Contoh: suatu saat beliau melihat seseorang memukul istrinya. Beliau menegur, "Mengapa engkau memukul istrimu?" Orang itu menjawab, "Isteriku sangat keras kepala! Sudah diberi nasihat dia tetap bandel juga, jadi aku pukul dia." Rasulullah SAW berkata lagi, "Aku tidak menanyakan alasanmu, aku bertanya mengapa engkau memukul teman tidurmu dan ibu dari anak-anakmu?"

- Rasulullah SAW tetap lembut dan santun kepada istri. Rasulullah selalu memperlakukan istrinya sangat istimewa sekalipun beliau adalah pemimpin umat Islam tertinggi, bahkan saat itu adalah pemimpin terbesar di dunia. Sayidatina Aisyah menceritakan "Kalau Nabi berada di rumah, beliau selalu membantu urusan rumahtangga. Jika mendengar adzan, beliau cepat-cepat berangkat ke masjid, dan cepat-cepat pula kembali sesudah selesai sembahyang."

- Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik lelaki adalah yang paling baik, kasih dan lemah lembut terhadap isterinya." [caramuhammad/lnilahkoran]

Bagikan:

LAINNYA

Tips Berhubungan Badan di Bulan Ramadan
Selasa, 13 Apr 2021 | 20:34 WIB
Tips Berhubungan Badan di Bulan Ramadan
Wanita-wanita yang Membuat Resah Bidadari
Senin, 12 Apr 2021 | 00:03 WIB
Wanita-wanita yang Membuat Resah Bidadari
Allah Sangat Dekat: Yakinlah, Jangan Resah-Gelisah
Minggu, 11 Apr 2021 | 23:59 WIB
Allah Sangat Dekat: Yakinlah, Jangan Resah-Gelisah

KOMENTAR

Kelembutan Cinta Rasulullah kepada Istri-istrinya
pa aef

INILAH SERANG

60 dibaca
Beli Sabu Patungan, Dua Sekawan Dicokok Polres Serang
121 dibaca
Supporter Bola dan Club Motor Sepakat Jaga KondusivitasRamadhan

HUKUM & KRIMINAL

60 dibaca
Beli Sabu Patungan, Dua Sekawan Dicokok Polres Serang
119 dibaca
Lagi, Polres Serang Ringkus Penjual Obat Tramadol dan Hexymer

POLITIK

201 dibaca
Antisipasi Kerawanan Pilkades, Pemkab Serang Lakukan Pemetaan
755 dibaca
Ngopi Bareng Kapolres, Apdesi dan DPMD Bahas Pilkades Aman, Damai dan Sehat

PENDIDIKAN

420 dibaca
Mendikbud: Sekolah Diperbolehkan Belajar Tatap Muka Terbatas
547 dibaca
Pemkab Serang Akan Tingkatkan Penerima dan Insentif Guru Paud
Top