Kamis, 05 Agustus 2021

Kejari Lebak Akan Mengawal Penggunaan Dana Desa Sebesar Rp274 Milyar

Ratusan kepala desa di Lebak mendapatkan arahan dari Kejari Lebak terkait kegiatan dana desa tahun 2017. (Foto-Akew/inilahbanten)
Kamis, 24 Agt 2017 | 15:58 WIB - Lebak Hukum & Kriminal

IBC, Lebak-Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebak mengaku akan mengawal penggunaan Dana Desa sesuai dengan aturan yang berlaku kepada seluruh kepala desa se-Kabupaten Lebak. Pasalnya, di tahun 2017 Kabupaten Lebak diguyur anggaran Dana desa sebesar Rp. 274 Milar.

Kepala Kejari Lebak Rinie Hartatie mengatakan, dikumpulkannya seluruh kepala desa ini sesuai dengan intruksi dari Kejaksaan Agung, untuk melakukan sosialisasi penggunaan Dana Desa.

"Kita kumpulkan seluruh kepala desa di Kantor Kejari Lebak untuk sosialisasi penggunaan Dana Desa," kata Rinie, ketika melakukan sosilasasi dana desa dan TP4D seluruh kepala desa di Kabupaten Lebak, di halaman Kejaksaan Negeri Lebak, Kamis 24-Agustus-2017.

Rini mengaku, Kegiatan ini merupakan suatu langkah untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang penggunaan Dana Desa dan sekaligus sebagai pencerahan kepada Kepala Desa.

“Undangan sudah kita sampaikan dan kita harapkan kepada kepala desa bisa menghadirinya agar dalam merealisasikan dana desa tepat sasaran,” katanya.

Rinie menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk memberikan wawasan tentang tufoksi TP4D Kejaksaan Negeri Lebak dalam kegiatan Dana Desa di tahun 2017.

“Yang jelas kita harapkan kepada 340 kepala desa itu untuk dapat hadir, karena ini penting untuk realisasi dana desa mereka,”jelasnya.

Rini menyatakan akan berkomitmen untuk mencegah terjadinya penyelewangan anggaran di desa, menyusul besarnya DD maupun ADD yang dikelola desa. Apalagi, untuk DD tahun 2017 yang diterima 340 Desa di Kabupaten Lebak mencapai sebesar Rp 274,521 miliar atau meningkat dibanding dengan tahun 2016 lalu sebesar Rp 215 miliar.

“Karenanya perlu sosialisasi soal hukum dan aturan yang harus dilakukan oleh kades maupun Prades agar rtidak tersangkut dengan soal hukum. Dengan begitu, manfaat dari DD maupun ADD benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat,” tukasnya

Reporter: Akew
Redaktur: Fahdi Khalid
Bagikan:

KOMENTAR

Kejari Lebak Akan Mengawal Penggunaan Dana Desa Sebesar Rp274 Milyar

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

51 dibaca
Kapolda Banten Lantik Pejabat Utama dan Kapolres
132 dibaca
Polres Serang Tangkap Dua Pembunuh Wanita yang Jasadnya Ditimbun Pasir
132 dibaca
Pilkades Serentak di Kabupaten Serang Ditunda sampai Batas Waktu yang Belum Ditentukan

HUKUM & KRIMINAL

132 dibaca
Polres Serang Tangkap Dua Pembunuh Wanita yang Jasadnya Ditimbun Pasir
330 dibaca
Pengedar Obat Dicokok Polres Serang saat Rebahan di Rumahnya
256 dibaca
Pengedar Obat Terlarang Diringkus Saat Menunggu Pelanggan

POLITIK

132 dibaca
Pilkades Serentak di Kabupaten Serang Ditunda sampai Batas Waktu yang Belum Dite...
218 dibaca
PPKM Diperpanjang, Ini Kata Wabup Serang Soal Pilkades Serentak
487 dibaca
Dijadwal Ulang, Pilkades Serentak di Kabupaten Serang Digelar 8 Agustus

PENDIDIKAN

783 dibaca
Webinar STIE, Mufti Ali: Banten Punya Sejarah Panjang Strategi Ekonomi di Masa K...
1334 dibaca
Andika: Data BPS Menunjukkan Kualitas Pendidikan Penduduk Banten Meningkat
Top