Jumat, 07 Mei 2021

Kejar Target SP Online 2020, Bupati Serang Libatkan Perangkat Daerah

Kamis, 14 Mei 2020 | 20:26 WIB - Serang

lBC, Serang - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memastikan akan menggerakan seluruh perangkat pemerintah daerah (pemda) baik dari tingkat organisasi perangkat daerah (OPD), para guru sampai tingkat RT (rukun tetangga), dan organisasi kepemudaan. Sebagai upaya untuk mengejar target pencapaian Sensus Penduduk (SP) Online tahun 2020.

“Masih sangat sedikit masyarakat yang melakukan sensus, dari jumlah penduduk di Kabupaten Serang baru 91.844 jiwa dan 23.316 KK (kepala keluarga), masih jauh dari target. Pihak BPS meminta bantu kepada kita agar bisa tercapai minimal 20 persen,”ujar Tatu.

Hal itu disampaikan Tatu usai Rapat evaluasi SP Online tahun 2020 bersama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang, Indra Warman dan para Camat se-Kabupaten Serang melalui Video Conference di Pendopo Bupati Serang pada Kamis, 14 Mei 2020.

Hadir juga pada rapat tersebut, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian dan Statistik (Diskominfosatik), Anas Dwi Satya Prasadya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dasa (DPMD), Rudy Suhartanto, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), Asep Nugrahajaya.

Tatu menyebutkan, masih jauhnya sensus yang ditargetkan sama halnya karena terkendala adanya wabah covid-19. Maka, untuk batas waktunya pun dimundurkan sampai akhir Bulan Mei sehingga perlu dimaksimalkan waktu sampai dua pekan kedepan. 

"Agar tidak stagnan untuk tetap bergerak, jadi perangkat-perangkat pemda ini kita gerakan dengan optimal. Setelah lebaran kita evaluasi lagi masing-masing kecamatan mendapatkan berapa. Camat juga harus langsung koordinasi dengan para kades untuk memenej para RT,”terangnya.

Berdasarkan hasil komunikasi dengan para camat, kata Tatu, ada beberapa rencana aksi dibawah karena untuk masyarakat di pedesaan banyak yang tidak familier dengan gadget. Akan tetapi, di setiap desa ada organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna dijadikan pendamping karena kalau bentuknya imbauan ke masyarakat sangat sulit.

“Jadi harus secara teknis masyarakat awam didampingi, protokol covid juga harus di jalankan. Minimal untuk para RT yang familier bisa mendampingi lima KK dibantu dengan organisasi pemuda. Ada 5 ribu lebih RT di Kabupaten Serang, kalau sehari satu RT bisa mendampingi 5 KK saya rasa akan dapat progresnya yang signifikan,”ungkap Tatu.

Selain para RT dan organisasi pemuda, Tatu juga meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya agar para guru pun dilibatkan membantu dijadikan pendamping masyarakat yang awam dengan gadget untuk mengisi Sensus Penduduk Online 2020. “Untuk anak-anak yang saat ini tengah belajar online juga bisa membantu orangtuanya memasukan data KK dan KTP, karena anak SMP juga ujian pakai gadget ini bisa di manfaatkan,”jelas Tatu.

Sementara Kepala BPS Kabupaten Serang, Indra Warman mengatakan, masih rendahnya masyarakat yang mengisi data Sensus Penduduk secara online bukan hanya di Kabupaten Serang melainkan di kabupaten dan kota lain pun sama. Hal ini karena sosialisasi yang tengah dilakukan terkendala dengan adanya wabah covid-19, meski sosialisasi melalui media sosial masih dilakukan.

“Sensus online ini hatrus kmai optimalkan, tadi rapat juga ibu Bupati Serang memerintahkan para camat dan kepala desa untuk membantu masyarakat mengisi data sensus. Diharapakna minimal bisa mencapai 20 persen untiuk sensus online ini,”ujarnya.

Sedangkan untuk sensus secara manual atau wawancara tetap dilakukan namun tidak untuk saat ini, karena anggarannya digeser untuk penangguklangan covid-19. “Makanya kita maksimalkan dulu yang sensus penduduk online,”tutur Indra.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kejar Target SP Online 2020, Bupati Serang Libatkan Perangkat Daerah
hut cilegon pa aef

INILAH SERANG

41 dibaca
Lagi, Polres Serang Ringkus Pengguna dan Pengedar Sabu

HUKUM & KRIMINAL

41 dibaca
Lagi, Polres Serang Ringkus Pengguna dan Pengedar Sabu

POLITIK

254 dibaca
Dinilai Sudah Tak Sehat, Pengurus Bapera Tangsel Membubarkan Diri

PENDIDIKAN

255 dibaca
Pemkab Serang Mulai Pembelajaran Tatap Muka Dimasa Pandemi
Top