Jumat, 14 Desember 2018

Kedewasaan Politik Masyarakat Banten Diapresiasi

[Foto Istimewa]
Kamis, 20 Sept 2018 | 13:49 WIB - Serang Politik

IBC, Serang - Gubernur Banten Wahidin Halim menghadiri acara Deklarasi Gerakan Banten Bisa yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten bertempat di Hotel Le Dian, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 88, Kota Serang pada Rabu, 19 September 2018 malam. 

Dalam deklarasi tersebut, Gubernur menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran penyelenggara Pemilu serta seluruh masyarakat Banten yang senantiasa menciptakan suasana kondusif dan sikap kedewasaan dalam berpolitik.

Hadir pada deklarasi  tersebut Ketua DPRD Banten Asep Rahmatulloh, Danrem 064 Maulana Yusuf, Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi Banten, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Provinsi Banten, Pimpinan Partai Politik.

Gubernur mengungkapkan bahwa selama perjalanan Provinsi Banten dengan berulang kali diselenggarakannya Pemilu, tidak pernah terjadi sesuatu hal yang mengkhawatirkan. Kedewasaan dan kesadaran masyarakat Banten dalam berdemokrasi sudah teruji, dilihat tidak adanya gejolak mengkhawatirkan dan sikap tenang meskipun waktu pencoblosan sudah dekat.

"Silahkan berkontestasi, tapi jangan jadikan masyarakat sebagai objek untuk kepetingan pribadi maupun kelompok partainya sendiri. Mudah-mudahan deklarasi ini tidak sekedar formalitas atau seremonial belaka, tetapi sudah harus masuk ke dalam pikiran-pikiran dan kolektif kita, bahwa kita harus memastikan dan menjaga bahwa pesta demokrasi harus dibawa dengan suasana kegembiraan,”papar Gubernur

Oleh karena itu, lanjut Gubernur, masyarakat Banten harus terus dididik agar secara politik teredukasi hingga memiliki kesadaran serta kedewasaan dalam berpolitik. Sebab, dalam demokrasi berbeda itu menjadi sebuah khasanah serta sebuah kekuatan bagi masyarakat Banten itu sendiri. Karena, ujarnya, Ia ingin membangun Banten yang beradab dan berakhlakul karimah.

Gubernur menjamin terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap pemilu. "Silahkan berbeda pilihan, berbeda politik tetapi dalam koridor semangat membangun, agar Banten kedepan jauh lebih baik”,tegasnya

Ketua Bawaslu Provinsi Banten Didih M Sudi menyatakan komitmennya untuk menolak dan melawan politik uang dan politisasi suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) serta ujaran kebencian dalam penyelenggaraan Pemilu baik pemilihan Presiden maupun Calon Anggota Legislatif (Caleg) 2019. Komitmen itu dinyatakan dalam “Deklarasi Gerakan Banten Bisa” yang diselenggarakan hari ini.

Didih mengatakan, pemilu Pilpres dan Pileg tentunya ada kontestasi peserta pemilu bersaing dengan masing-masing cara agar kontestan menang. Ia menegaskan, acara ini diadakan bukan sekedar seremonial saja, tetapi ada kelanjutannya bagaimana menjaga persaingan diantara peserta pemilu itu, agar tidak merembet keakar rumput sehingga dikhawatirkan menimbulkan pertentangan secara horizontal.

"Kalau semua berkomitmen tentu kontestasi itu akan dijalankan secara aman dan damai. Alhamdulillah dari pemilu ke pemilu, Banten ini selalu dalam keadaan aman dan damai. Banten termasuk kedalam  provinsi yang kondusif. Kedewasaan masyarakat dan juga para peserta pemilu, partai politik dan pemerintah daerah menjaga hal itu.

“Karena itu tugas Bawaslu adalah menjaga keadilan pemilu dan juga menegakkan keadilan pemilu,” ujar Didih.[Kominfo] 

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kedewasaan Politik Masyarakat Banten Diapresiasi

PEMERINTAHAN

202 dibaca
Gubernur Banten Terima DIPA TA 2019 dari Presiden
2778 dibaca
Gaji Guru Naik Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Menekan Angka Pengangguran
317 dibaca
Walikota dan Wakil Walikota Serang Periode 2018-2023 Dilantik

POLITIK

310 dibaca
Eeng Kosasih Pimpin KNPI Kabupaten Serang, Ini Program Unggulannya
154 dibaca
Pemilu 2019, Pemprov Banten Target Partisipasi Pemilih 80 Persen
219 dibaca
Bahas Pemilu 2019 Damai di Banten

HUKUM & KRIMINAL

128 dibaca
Sabu 2,5 Kg dan 51 Pil Ekstasi Siap Edar di Tangsel Diamankan
256 dibaca
Meresahkan, Tiga Warga Lebak Tersangka Curanmor Diringkus
332 dibaca
Di Pandeglang, Seorang Anak Bacok Ibu Tirinya Hingga Meninggal

PERISTIWA

251 dibaca
Naik Tipe, Polda Banten Diminta Tingkatkan Kamtibmas
280 dibaca
Kapolri Resmikan Kenaikan Tipologi Polda Banten dari Tipe B ke Tipe A

EKONOMI & BISNIS

157 dibaca
Investasi di Banten Harus Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat 
210 dibaca
Pemprov Banten Lepas Seluruh Saham di Bank BJB
Top