Kamis, 18 Oktober 2018

Kedewasaan Politik Masyarakat Banten Diapresiasi

[Foto Istimewa]
Kamis, 20 Sept 2018 | 13:49 WIB - Serang Politik

IBC, Serang - Gubernur Banten Wahidin Halim menghadiri acara Deklarasi Gerakan Banten Bisa yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten bertempat di Hotel Le Dian, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 88, Kota Serang pada Rabu, 19 September 2018 malam. 

Dalam deklarasi tersebut, Gubernur menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran penyelenggara Pemilu serta seluruh masyarakat Banten yang senantiasa menciptakan suasana kondusif dan sikap kedewasaan dalam berpolitik.

Hadir pada deklarasi  tersebut Ketua DPRD Banten Asep Rahmatulloh, Danrem 064 Maulana Yusuf, Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi Banten, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Provinsi Banten, Pimpinan Partai Politik.

Gubernur mengungkapkan bahwa selama perjalanan Provinsi Banten dengan berulang kali diselenggarakannya Pemilu, tidak pernah terjadi sesuatu hal yang mengkhawatirkan. Kedewasaan dan kesadaran masyarakat Banten dalam berdemokrasi sudah teruji, dilihat tidak adanya gejolak mengkhawatirkan dan sikap tenang meskipun waktu pencoblosan sudah dekat.

"Silahkan berkontestasi, tapi jangan jadikan masyarakat sebagai objek untuk kepetingan pribadi maupun kelompok partainya sendiri. Mudah-mudahan deklarasi ini tidak sekedar formalitas atau seremonial belaka, tetapi sudah harus masuk ke dalam pikiran-pikiran dan kolektif kita, bahwa kita harus memastikan dan menjaga bahwa pesta demokrasi harus dibawa dengan suasana kegembiraan,”papar Gubernur

Oleh karena itu, lanjut Gubernur, masyarakat Banten harus terus dididik agar secara politik teredukasi hingga memiliki kesadaran serta kedewasaan dalam berpolitik. Sebab, dalam demokrasi berbeda itu menjadi sebuah khasanah serta sebuah kekuatan bagi masyarakat Banten itu sendiri. Karena, ujarnya, Ia ingin membangun Banten yang beradab dan berakhlakul karimah.

Gubernur menjamin terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap pemilu. "Silahkan berbeda pilihan, berbeda politik tetapi dalam koridor semangat membangun, agar Banten kedepan jauh lebih baik”,tegasnya

Ketua Bawaslu Provinsi Banten Didih M Sudi menyatakan komitmennya untuk menolak dan melawan politik uang dan politisasi suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) serta ujaran kebencian dalam penyelenggaraan Pemilu baik pemilihan Presiden maupun Calon Anggota Legislatif (Caleg) 2019. Komitmen itu dinyatakan dalam “Deklarasi Gerakan Banten Bisa” yang diselenggarakan hari ini.

Didih mengatakan, pemilu Pilpres dan Pileg tentunya ada kontestasi peserta pemilu bersaing dengan masing-masing cara agar kontestan menang. Ia menegaskan, acara ini diadakan bukan sekedar seremonial saja, tetapi ada kelanjutannya bagaimana menjaga persaingan diantara peserta pemilu itu, agar tidak merembet keakar rumput sehingga dikhawatirkan menimbulkan pertentangan secara horizontal.

"Kalau semua berkomitmen tentu kontestasi itu akan dijalankan secara aman dan damai. Alhamdulillah dari pemilu ke pemilu, Banten ini selalu dalam keadaan aman dan damai. Banten termasuk kedalam  provinsi yang kondusif. Kedewasaan masyarakat dan juga para peserta pemilu, partai politik dan pemerintah daerah menjaga hal itu.

“Karena itu tugas Bawaslu adalah menjaga keadilan pemilu dan juga menegakkan keadilan pemilu,” ujar Didih.[Kominfo] 

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kedewasaan Politik Masyarakat Banten Diapresiasi

BERITA TERKAIT

PEMERINTAHAN

210 dibaca
ASN Pemprov Banten jangan Main-main dalam Absen
270 dibaca
HUT Ke-492, Pemkab Serang Diminta Perkuat Ekonomi Desa
247 dibaca
Dilantik, Pj Walikota Serang Diminta Perbaiki Jalan

POLITIK

129 dibaca
Pemilu 2019, Andika Ajak Masyarakat Cek Data Diri Sebagai Pemilih
415 dibaca
Ratusan Buruh Cikoja Deklarasi Pemilu Damai 2019
323 dibaca
Serempak di 29 Kecamatan, KPU Kabupaten Serang Lakukan GMHP

HUKUM & KRIMINAL

288 dibaca
6 Oknum Anggota Ormas Pengeroyok Polisi Terancam 7 Tahun Penjara
311 dibaca
Pengguna dan Pengedar Narkotika, Tiga Warga Cilegon Diringkus
215 dibaca
Alfamart Dibobol Maling, Uang Rp60 Juta Raib

PERISTIWA

156 dibaca
Polres Serang Kota Sita 3500 Lebih Botol Miras
184 dibaca
Tim PFA Dompet Dhuafa Pulihkan Anak-anak Pasca Gempa-Tsunami Sulteng
219 dibaca
Warga Petir Ditemukan Tewas Gantung Diri

EKONOMI & BISNIS

170 dibaca
MoU dengan DP3AKKB, Bank Banten Dukung Pemberdayaan Perempuan
181 dibaca
Andika Launching Toko Online Industri Rumahan Sijelita
Top