Jumat, 26 April 2019

Kapolres Serang: Polri dan TNI Siap Menjaga Pemilu Berjalan Aman

[Foto: Haji Imat/InilahBanten]
Sabtu, 23 Mar 2019 | 14:29 WIB - Serang

lBC, Serang - Guna menjaga situasi dan kondisi tetap kondusif jelang pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, Satuan Binmas Polres Serang menggelar Focus Group Discussion (FGD) disebuah hotel di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang pada Jumat, 22 Maret 2019. Acara FGD digelar dalam mengantisipasi serangan hoax atau berita bohong yang sangat berdampak kepada masyarakat.

"FGD digelar untuk mewujudkan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat yang kondusif di wilayah Kabupaten Serang menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pilpres dan Pileg 2019, yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Serang," ungkap Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan.

Menurut Kapolres, kondisi menjelang pelaksanaan pesta demokrasi akbar ini, situasi politik akan semakin menghangat, sehingga jika masyarakat mudah terpengaruh dengan isu hoax, maka bisa memanaskan situasi. Oleh karenanya, Kapolres berharap kepada seluruh peserta yang hadir untuk lebih teliti dalam menerima berita dari media sosial.

"Kami juga berharap para peserta juga ikut membantu mengingatkan masyarakat dimana masyarakat banyak yang terperdaya karena tidak mampu membedakan berita yang benar dengan berita yang tidak benar," pinta Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengatakan selain hoax, permasalahan Pemilu yang sangat mendasar terdapat 3 jenis yaitu black campaigne, politik identitas dan money politik. Oleh karena itu, Polri dan TNI serta penyelenggara pemilu berkomitmen menjaga keamanan Pemilu 2019 sehingga diharapkan seluruh masyarakat bisa datang ke TPS untuk memberikan suaranya dengan jurdil.

"Kepolisian dan TNI serta penyelanggara pemilu akan menjaga pemilu berjalan aman, damai dan senjuk seperti yang diharapkan bersama," tandasnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Serang, Ari Setiawan menambahkan langkah yang tepat untuk menangkal serbuan hoax adalah membanjiri informasi dengan informasi yang benar sehingga tidak ada ruang bagi informasi yang tidak benar. Langkah selanjutnya, adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait konsekuensi hukum terhadap penyebar hoax.

"Untuk menanggulangi serbuan hoax yaitu dengan saling mengingatkan agar tidak dengan mudah mencerna informasi yang diterima serta perlunya pemahaman kepada masyarakat terkait konsekuensi resiko hukum terhadap penyebar berita bohong," kata Ari Setiawan.

Acara FGD juga dihadiri Komandan Kodim 0602 Serang, Letkol Inf. Erwin Agung, Ketua KPU Serang, Abidin Nasyar, Komisioner Bawaslu Serang, Ari Setiawan, Ketua MUI Serang, KH. Rahmat Fathoni, Ketua FKUB Serang, Drs. Maskun, Pimpinan Parpol peserta Pemilu Tahun 2019, Tokoh Agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kapolres Serang: Polri dan TNI Siap Menjaga Pemilu Berjalan Aman

PEMERINTAHAN

203 dibaca
Tatu Optimis Pemkab Serang Raih WTP Tanpa Catatan dari BPK RI
6828 dibaca
Soal Tiga Guru Dilantik jadi Pejabat, Gubernur WH: Apa, Apa?
5969 dibaca
Guru Diangkat jadi Pejabat, Ombudsman Sebut Melanggar SE MenPAN- RB

POLITIK

21748 dibaca
Akui Kalah di Banten, Ketua TKD Salahkan Masyarakat dan Kyai Ma'ruf
224 dibaca
Tunggu Hasil Resmi KPU, Andika: Kita Jaga Kondusifitas
202 dibaca
Gubernur Tunggu Rekomendasi KASN Soal Tiga ASN Dukung Calon DPD RI

HUKUM & KRIMINAL

194 dibaca
Polisi Tembak Dua Tersangka Perampok Spesialis Mini Market
126 dibaca
Dua Ribu Gram Sabu dari Jaringan Internasional Dimusnahkan
182 dibaca
Polda Selidiki Pemalsuan 80 SPBJ Palsu di Tangerang

PERISTIWA

1254 dibaca
Pertemuan Gubernur Banten dengan HMI Serang Tuai Kritikan
262 dibaca
Satu Petugas KPPS Meninggal Dunia, Bupati Serang Berduka
269 dibaca
Ricuh Saat Demo Gubernur, HMI Lapor ke Propam Polda Banten

EKONOMI & BISNIS

64 dibaca
Layani Pensiunan, Bank Banten Jalin Kemitraan dengan BPR Baturaja
186 dibaca
Bank Banten Dukung Layanan Samsat Nasional Modern Channel
Top