Selasa, 23 Juli 2019

Kapolres Serang: Polri dan TNI Siap Menjaga Pemilu Berjalan Aman

[Foto: Haji Imat/InilahBanten]
Sabtu, 23 Mar 2019 | 14:29 WIB - Serang

lBC, Serang - Guna menjaga situasi dan kondisi tetap kondusif jelang pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, Satuan Binmas Polres Serang menggelar Focus Group Discussion (FGD) disebuah hotel di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang pada Jumat, 22 Maret 2019. Acara FGD digelar dalam mengantisipasi serangan hoax atau berita bohong yang sangat berdampak kepada masyarakat.

"FGD digelar untuk mewujudkan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat yang kondusif di wilayah Kabupaten Serang menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pilpres dan Pileg 2019, yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Serang," ungkap Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan.

Menurut Kapolres, kondisi menjelang pelaksanaan pesta demokrasi akbar ini, situasi politik akan semakin menghangat, sehingga jika masyarakat mudah terpengaruh dengan isu hoax, maka bisa memanaskan situasi. Oleh karenanya, Kapolres berharap kepada seluruh peserta yang hadir untuk lebih teliti dalam menerima berita dari media sosial.

"Kami juga berharap para peserta juga ikut membantu mengingatkan masyarakat dimana masyarakat banyak yang terperdaya karena tidak mampu membedakan berita yang benar dengan berita yang tidak benar," pinta Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengatakan selain hoax, permasalahan Pemilu yang sangat mendasar terdapat 3 jenis yaitu black campaigne, politik identitas dan money politik. Oleh karena itu, Polri dan TNI serta penyelenggara pemilu berkomitmen menjaga keamanan Pemilu 2019 sehingga diharapkan seluruh masyarakat bisa datang ke TPS untuk memberikan suaranya dengan jurdil.

"Kepolisian dan TNI serta penyelanggara pemilu akan menjaga pemilu berjalan aman, damai dan senjuk seperti yang diharapkan bersama," tandasnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Serang, Ari Setiawan menambahkan langkah yang tepat untuk menangkal serbuan hoax adalah membanjiri informasi dengan informasi yang benar sehingga tidak ada ruang bagi informasi yang tidak benar. Langkah selanjutnya, adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait konsekuensi hukum terhadap penyebar hoax.

"Untuk menanggulangi serbuan hoax yaitu dengan saling mengingatkan agar tidak dengan mudah mencerna informasi yang diterima serta perlunya pemahaman kepada masyarakat terkait konsekuensi resiko hukum terhadap penyebar berita bohong," kata Ari Setiawan.

Acara FGD juga dihadiri Komandan Kodim 0602 Serang, Letkol Inf. Erwin Agung, Ketua KPU Serang, Abidin Nasyar, Komisioner Bawaslu Serang, Ari Setiawan, Ketua MUI Serang, KH. Rahmat Fathoni, Ketua FKUB Serang, Drs. Maskun, Pimpinan Parpol peserta Pemilu Tahun 2019, Tokoh Agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kapolres Serang: Polri dan TNI Siap Menjaga Pemilu Berjalan Aman

PEMERINTAHAN

702 dibaca
Silpa APBD Kabupaten Serang TA 2018 Capai Rp403 Miliar
1849 dibaca
Dinilai Sukses, Bupati Minsel Belajar Kelola BUMD ke Bupati Serang
1712 dibaca
Pemkab Serang Terapkan Sistem Berbasis Elektronik

POLITIK

898 dibaca
Tak Penuhi Kuorum, Paripurna DPRD Kabupaten Serang Batal Digelar
1944 dibaca
Pilkada Serentak 2020, Golkar Banten Prioritaskan Usung Kader
1780 dibaca
Eks Relawan Sebut Kepemimpinan WH–Andika Bergaya Otoriter

HUKUM & KRIMINAL

118 dibaca
Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Anak Alami Peningkatan
2420 dibaca
Orang Tua Kades di Kecamatan Ciruas Dibacok
1471 dibaca
Tiga Pelaku Curas Biasa Aksi di Wilayah KP3B Diringkus

PERISTIWA

1882 dibaca
Bupati Serang: TMMD Bangkitkan Budaya Gotong Royong di Masyarakat 
1959 dibaca
Diduga Terlibat Jual Aset Negara, Kejari Didesak Usut Walikota Serang
1735 dibaca
Peringati HANI 2019, Bupati Serang Canangkan Program Bersih dan Aman

EKONOMI & BISNIS

78 dibaca
Capai Target, Investasi di Kabupaten Serang Serap 1.152 Tenaga Kerja
443 dibaca
Soal Pasir Laut, Bupati Tatu Minta Kajian Tim Ahli Dipublikasikan
Top