Rabu, 19 Februari 2020

Kapolres Serang: Penyebab Banjir Akibat Pendangkalan Sungai dan Sampah

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan dan Kapolsek Ciruas Kompol Sukirno saat mengunjungi lokasi banjir di Bumi Ciruas Permai 2, Kabupaten Serang.[Foto:Inilahbanten.co.id/Haji Imat]
Senin, 03 Feb 2020 | 16:25 WIB - Serang Peristiwa

lBC, Serang – Intensitas curah Hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Serang, mengakibatkan beberapa wilayah tergenang banjir. Dampak banjir bahkan terjadi hingga di 6 kecamatan. Pendangkalan, buruknya drainase (saluran air) serta kebiasaan masyarakat membuang sampah bukan pada tempatnya menjadi faktor terjadinya banjir.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Cikande dan Ciruas banjir setinggi 30 hingga 60 cm merendam ratusan pemukiman warga di sejumlah komplek perumahan. Menghindari peristiwa yang tidak diinginkan, Tim Satgas Bencana Polres Serang, Kodim 0602 serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, terpaksa harus mengevakuasi warga ke tempat yang aman.

"Dari hasil analisa kami, penyebab terjadinya banjir karena pendangkalan aliran sungai dan sampah. Juga buruknya sistem drainase mengakibatkan air tidak segera mengalir," ungkap Kapolres Serang, AKBP Indra Gunawan saat menghubungi wartawan pada Senin, 2 Februari 2020.

Oleh karena itu, kata Kapolres, agar tidak lagi terjadi banjir pihaknya meminta kepada pihak pengembang perumahan untuk segera membuat drainase, masyarakatpun diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan agar banjir tidak lagi terjadi.

Dikatakan Kapolres, selain melakukan evakuasi, Tim Siaga Bencana TNI Polri juga melakukan upaya mengurangi genangan air dengan membuat tanggul karung yang diisi dengan pasir serta alat penyedot air (alkon). Dalam upaya penangan banjir ini, lanjut Kapolres, pihaknya bersama Dandim 0602 Kolonel Inf. Mudjiharto turun langsung membantu personil di lapangan.

"Para personil juga membuat saluran air darurat serta membuat tanggul karung pasir agar air dapat mengalir. Bapak Dandim juga turun langsung membantu para personil di lapangan serta menemui para pengungsi sambil memberikan bantuan makanan, pengobatan dan air bersih," ujar Kapolres.

Indra menegaskan saat ini pengungsi yang terdiri dari balita hingga orangtua di evakuasi ke tempat ibadah dan kantor desa, hingga banjir surut dan dianggap aman untuk kembali ditempati. Kapolres juga memastikan, kondisi para korban banjir dalam keadaan baik.

"Alhamdulillah kebutuhan masyarakat terlayani dan para korban banjir dalam keadaan baik. Kami berharap bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir," ucap Kapolres.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, banjir terjadi 6 Kecamatan yang tersebar di 15 Desa yakni Kecamatan Kragilan 3 Desa, Kecamatan Ciruas 6 Desa, Kecamatan Kibin 3 Desa, Kecamatan Tanara 1 Desa, Kecamatan Pontang 1 Desa dan Kecamatan Carenang 1 Desa.

Reporter: Haji Imat
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kapolres Serang: Penyebab Banjir Akibat Pendangkalan Sungai dan Sampah
HPN1

PEMERINTAHAN

145 dibaca
SAKIP Berpredikat A, Pemkab Serang Siap Jadi Rujukan Daerah Lain
210 dibaca
Wagub Banten Cecar Soal Call Center, Kepala BPBD Gelagapan

POLITIK

136 dibaca
DPP Serahkan ke DPD Gerindra Banten Tentukan Balon Kada
252 dibaca
PDIP Usulkan Tatu-Pandji di Pilkada Kabupaten Serang 2020

HUKUM & KRIMINAL

59 dibaca
Enam Bandit Spesialis Pencurian Baterai Cctv Diringkus
111 dibaca
Ancam Ratakan Mapolsek Curug, TNI Gadungan Diringkus

PERISTIWA

112 dibaca
Warga Temukan Mayat Mengambang di Sungai Ciujung
281 dibaca
Kapolres Serang: Penyebab Banjir Akibat Pendangkalan Sungai dan Sampah

EKONOMI & BISNIS

87 dibaca
Bupati Serang: Kawal UMKM Hingga Tuntas
274 dibaca
KADIN Serang Diharap Jadi Tulang Punggung Perekonomian Daerah
Top