Selasa, 18 Januari 2022

Kanker Serviks Bukan Penyakit Keturunan

(Foto Ilustrasi)
Kamis, 02 Feb 2017 | 17:06 WIB - Kesehatan

IB, Jakarta--Kanker serviks adalah biasa dikenal sebagai kanker pada leher rahim bukan termasuk dalam penyakit keturunan.

Karena itu, menurut dr. Fara Vitantri, SpOG(K)Onk, saat ditemui di acara peringatan World Cancer Day 2017 di Siloam Hospitals TB Simatupang, Jakarta, Kamis (02/02/2017), menjelaskan bahwa kanker serviks tersebut dapat dicegah sejak awal. Hal ini bisa diatasi jika cepat melakukan deteksi dini sebelum keadaan kanker masuk stadium lanjut.

"Kanker serviks disebabkan oleh tipe tipe tertentu dari virus umum. Yaitu Human Papillomavirus (HPV)," papar dr. Fara Vitantri, SpOG(K)Onk.

Masih menurutnya, terdapat dua tipe kanker serviks. Untuk tipe pertama adalah risiko tinggi, dan tipe kedua adalah risiko rendah.

"Risiko tinggi adalah penyebab dari sekitar 70 persen kasus kanker serviks. Jika melihat yang risiko rendah, dapat terjadi seperti kutil atau penyakit kelamin lainnya," tambahnya.

Dia menambahkan, HVP bisa juga menginfeksi tidak hanya pada perempuan. Namun, virus tersebut bisa juga terdapat pada laki - laki.

"Ternyata kontak kelamin dengan orang terinfeksi bukan hanya melalui hubungan seksual. Misalnya, cara penularan virus tersebut bisa melalui hal lain seperti, tidak higienis dalam membersihkan kelamin, paparnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan pencegahan sejak dini. Mulai dari melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan kelamin, menggunakan kondom saat berhubungan, dan melakukan vaksinasi.

"Vaksinasi untuk mencegah kanker serviks yang baik dilakukan pada usia 9 - 13 tahun. Semakin muda semakin bagus imunitasnya," ujarnya.

Jika sudah menderita kanker serviks, para penderita harus memilih jalan yang tepat untuk pengobatan. Menurut dr. Yuddi Wahyono, SpRad, Onk, terapi kanker umumnya dilakukan dengan terapi bedah, radiasi atau medikasi seperti kemoterapi, hormonal dan atau terapi biologik, baik salah satu modalitas atau dalam kombinasi.

"Dengan penanganan yang tepat, penyakit kanker dapat disembuhkan," ungkap dr. Yuddi Wahyono, SpRad, Onk.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kanker Serviks Bukan Penyakit Keturunan

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

29 dibaca
Bupati Beri Semangat, Vaksinasi Anak di Kabupaten Serang Dimulai
37 dibaca
Begini Kronologi Pembuangan Bayi di Areal Pesawahan Pontang
85 dibaca
Tekan Harga, Diskopumindag Kabupaten Serang Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

HUKUM & KRIMINAL

37 dibaca
Begini Kronologi Pembuangan Bayi di Areal Pesawahan Pontang
121 dibaca
Polres Serang Tangkap Dua Pelaku Pembuang Bayi di Pontang
326 dibaca
Penemuan Bayi di Areal Sawah Gegerkan Warga Pontang

POLITIK

331 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang 2024, KPU Ajukan Anggaran Rp107 Miliar
1051 dibaca
Pendukung Anies Dideklarasikan di Banten
1304 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Ajak IPPNU Sinergi Adakan Literasi Digital

PENDIDIKAN

308 dibaca
Ratusan Kepala Sekolah di Pandeglang Dilantik
195 dibaca
Pemkab Serang Berikan Bantuan Sepatu untuk Siswa SDN Ujungtebu 3
Top