Jumat, 12 Agustus 2022

Kanker Serviks Bukan Penyakit Keturunan

(Foto Ilustrasi)
Kamis, 02 Feb 2017 | 17:06 WIB - Kesehatan

IB, Jakarta--Kanker serviks adalah biasa dikenal sebagai kanker pada leher rahim bukan termasuk dalam penyakit keturunan.

Karena itu, menurut dr. Fara Vitantri, SpOG(K)Onk, saat ditemui di acara peringatan World Cancer Day 2017 di Siloam Hospitals TB Simatupang, Jakarta, Kamis (02/02/2017), menjelaskan bahwa kanker serviks tersebut dapat dicegah sejak awal. Hal ini bisa diatasi jika cepat melakukan deteksi dini sebelum keadaan kanker masuk stadium lanjut.

"Kanker serviks disebabkan oleh tipe tipe tertentu dari virus umum. Yaitu Human Papillomavirus (HPV)," papar dr. Fara Vitantri, SpOG(K)Onk.

Masih menurutnya, terdapat dua tipe kanker serviks. Untuk tipe pertama adalah risiko tinggi, dan tipe kedua adalah risiko rendah.

"Risiko tinggi adalah penyebab dari sekitar 70 persen kasus kanker serviks. Jika melihat yang risiko rendah, dapat terjadi seperti kutil atau penyakit kelamin lainnya," tambahnya.

Dia menambahkan, HVP bisa juga menginfeksi tidak hanya pada perempuan. Namun, virus tersebut bisa juga terdapat pada laki - laki.

"Ternyata kontak kelamin dengan orang terinfeksi bukan hanya melalui hubungan seksual. Misalnya, cara penularan virus tersebut bisa melalui hal lain seperti, tidak higienis dalam membersihkan kelamin, paparnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan pencegahan sejak dini. Mulai dari melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan kelamin, menggunakan kondom saat berhubungan, dan melakukan vaksinasi.

"Vaksinasi untuk mencegah kanker serviks yang baik dilakukan pada usia 9 - 13 tahun. Semakin muda semakin bagus imunitasnya," ujarnya.

Jika sudah menderita kanker serviks, para penderita harus memilih jalan yang tepat untuk pengobatan. Menurut dr. Yuddi Wahyono, SpRad, Onk, terapi kanker umumnya dilakukan dengan terapi bedah, radiasi atau medikasi seperti kemoterapi, hormonal dan atau terapi biologik, baik salah satu modalitas atau dalam kombinasi.

"Dengan penanganan yang tepat, penyakit kanker dapat disembuhkan," ungkap dr. Yuddi Wahyono, SpRad, Onk.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Kanker Serviks Bukan Penyakit Keturunan

BERITA TERKAIT

pemda

INILAH SERANG

71 dibaca
Perakit Mobil Odong-odong Ditetapkan sebagai Tersangka
94 dibaca
Pemkab Serang Bentuk Tim Pertahankan 26 Ribu Hektare LSD
103 dibaca
BPS Jadikan Desa Kemanisan sebagai Desa Cantik 2022

HUKUM & KRIMINAL

71 dibaca
Perakit Mobil Odong-odong Ditetapkan sebagai Tersangka
150 dibaca
Pengamen Jalanan Nekat Jualan Sabu
153 dibaca
Personil Polres Serang Gerebeg Rumah Pengedar, 20 Paket Sabu Diamankan

POLITIK

139 dibaca
Wabup Serang Harap Anggota DPRD Hasil PAW Berikan Masukan Positif
189 dibaca
Pemprov Banten Siap Fasilitasi Pemilu 2024
484 dibaca
Andika Ingatkan Pembangunan Baitul Qur’an oleh Pemprov Banten Tahun Ini
Top