Selasa, 30 November 2021

Kalimaya, Permata Asal Lebak yang Harganya Selangit

Kalimaya Kristal (Foto-Alyahya)
Sabtu, 21 Okt 2017 | 12:03 WIB - Lebak Suara Pembaca

Oleh : Fahdi ‘Akew’ Khalid

Kalimaya, ya jika mendengar nama tersebut, maka orang akan langsung  teringat  kepada salah satu batu permata asal Kabupaten Lebak. Lantaran, keberadaan batu permata tersebut di Indonesia hanya ada di bumi Multatuli saja, itupun tidak semua daerah  di Lebak terdapat kandungan batu Kalimaya, karena untuk mendapatkanmya hanya terdapat di  beberapa  Kecamatan saja yaitu, Sajira, Maja, Curugbitung, serta Cimarga.

            Berbeda dengan batu Akik lainnya, disaat harga batu akik kini terjun bebas. Namun tidak demikian dengan harga permata Kalimaya, mengingat harganya masih sama dengan harga saat masa keemasan batu Akik, hanya yang membedakannya adalah, saat ini peminatnya dari kalangan tertentu yang memang termasuk dalam kategori penggemar murni Kalimaya.

            Cara mendapatkan batu Kalimaya di penambangan menjadi salah satu faktor penyebab masih tingginya harga di pasaran. Lantaran, untuk mendapatkan bahan Kalimaya, para penambang harus memasuki lubang berukuran 2x2 meter dengan kedalaman yang bervariasi. Tentu saja, sewaktu waktu ancaman bahaya bisa mengintai para penambang, karena saat menambang kemungkinan terjadinya kecelakaan sangat besar.

            Selain itu, cara menambang yang masih menggunakan alat tradisional dan seadanya juga menjadi rintangan tertentu. Jelas, dengan peralatan berupa palu dan pahat, jaminan untuk mendapatkan Kalimaya di dalam tambang menjadi bias dan tidak pasti. Terkadang, para penambang butuh waktu berhari hari hanya untuk mendapatkan bahan Kalimaya, tentu saja hasil yang didapat juga terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Mengingat terkadang mendapatkan bahan yang bagus serta berkualitas tinggi, bahkan sebaliknya, para penambang hanya mendapatkan bahan yang biasa saja.

            Lantas ada berapa kelas atau kategori Kalimaya yang berada di pasaran? Menurut beberapa praktisi, ada  beberapa kelas Kalimaya yang kerap di lombakan atau di gemari masyarakat, diantaranya Kalimaya Black Opal Solid, Black Opal, Black Opal Transclucen, Kalimaya Teh, Kalimaya Kristal, Kalimaya Bunglon Camelion, Black Abu dan Kalimaya Black Sempur.

            Sekedar informasi, Kalimaya asal Kabupaten Lebak diyakini merupakan Kalimaya terbaik yang ada di dunia. Lantaran dari segi warna dan keindahan Kalimaya Lebak (Indonesia) lebih unggul dari pada Kalimaya Brazil, Africa (Ethopia) dan Australia.

 

Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Kalimaya, Permata Asal Lebak yang Harganya Selangit

INILAH SERANG

87 dibaca
Kerjasama Produsen Sepatu, Bupati Serang Gelorakan ‘UMKM Bisa’
102 dibaca
Hari Korpri ke-50 Tahun, Sekda Kabupaten Serang Ingatkan ASN Tiga Hal
198 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus Pentolan Perampas Motor

HUKUM & KRIMINAL

198 dibaca
Resmob Polres Serang Ringkus Pentolan Perampas Motor
232 dibaca
Lanjutkan Pembongkaran THM, Pemkab Serang Terjunkan 500 Personil Satpol PP
271 dibaca
Duh, Gadis ABG Disetubuhi Orangtua Angkatnya hingga Melahirkan

POLITIK

421 dibaca
Target Golkar di 2024, Andika Tugaskan AMPI Banten Rangkul Milenial
679 dibaca
144 Kades Dilantik, Sekda Entus: Berhentikan Perangkat Desa Kades Bakal Disanksi
613 dibaca
144 Kades Terpilih Dilantik, Bupati Serang Larang Kades Ganti Perangkat Desa

PENDIDIKAN

148 dibaca
Pemkab Ajak Paguyuban Anak Serang Gencar Lakukan Literasi Digital
229 dibaca
Hari Guru Nasional ke-76 Tahun, Wabup Serang harap Kuantiti dan Kualitas Ditingkatkan
Top