Selasa, 23 April 2024

Kakek Buyut Wartawan Berasal Dari Lebak? Ini Referensinya

Surat yang ditemukan Bonnie Tryana, yang diyakini dokumen dari Mas Darna Koesuma. (Foto-ist)
Kamis, 28 Sept 2017 | 13:55 WIB - Lebak Pendidikan

IBC, Lebak – Benarkah kakek buyutnya wartawan berasal dari Kabupaten Lebak? Kemungkinan bisa iya. Lantaran, seorang sejarawan nasional yang juga berasal dari Lebak, Bonnie Tryana mengatakan ada nama tokoh kelahiran Lebak, Banten yang mempunyai peran penting dalam pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia. Nama pria itu adalah Mas Darna Koesuma.

Siapa Mas Darna Koesuma ?  Bonnie Triyana pernah menemukan sebuah surat yang sedikit mengungkap sosok Mas Darna tersebut.

“Mas Darna Koesuma adalah pria kelahiran Lebak, yang merupakan teman dekat dari Ernest Douwes Dekker dan Tiga Serangkai.” kata Bonnie Triyana, seperti yang dikutip Toptime.  

Kata Bonnie yang sering pergi ke Belanda untuk melacak dokumen sejarah ini, Mas Darna Koesuma adalah seorang wartawan dan pimpinan redaksi koran Pertimbangan.

Ernest Douwes Dekker bersama Suryadi Suryaningrat dan Tjipto Mangunkusumo dikenal sebagai Tiga Serangkai yang mendirikan partai politik pertama di Hindia Belanda bernama Indische Partij atau Partai Hindia pada tanggal 25-Desember-1912.

Tentu saja, peran Mas Darna Koesuma yang seorang wartawan dan anggota Indische Partij pasti ada dalam pergerakan Tiga Serangkai dan partainya tersebut, karena Mas Darna juga anggota Indische Partij.

Artinya, bisa dikatakan Mas Darna Koesuma yang kelahiran Lebak ini adalah “kakek buyutnya” wartawan yang ada di Indonesia saat ini.

Pimpinan Redaksi (Pemred) Majalah Historia ini juga menunjukkan sebuah poto dokumen surat yang berkaitan dengan Mas Darna.

Beleezend, aan Mas Darna Koesoema, oud 29 jaar, geboren te Rangkasbetoeng, residentie Bantam, demikian judul surat tersebut.

 

 

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Kakek Buyut Wartawan Berasal Dari Lebak? Ini Referensinya
aulmummc zf

INILAH SERANG

1674 dibaca
Innalillahi, Sopir Truk Kontainer Ditemukan Tewas di Tol Tangerang-Merak

HUKUM & KRIMINAL

424 dibaca
Gerebek Judi Sabung Ayam, Polres Serang Tetapkan Tiga Tersangka

POLITIK

2622 dibaca
Pilkada Kota Serang 2018, PKPI Resmi Usung Vera Nurlaela
Top