Selasa, 29 September 2020

Juni, KPU Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Serang

Jumat, 24 Jan 2020 | 23:01 WIB - Serang Politik

lBC, Serang – Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Serang menyosialisasikan proses pencalonan Calon Bupati dan Wakil Bupati Serang periode 2020-2025 di Gedung PKPRI Serang, Cikepuh Kota Serang pada Jumat, 24 Januari 2020. Dengan menghadirkan, pemateri dari KPU Provinsi Banten maupun kabupaten.

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengatakan bahwa sosialisasi ini memberikan pemahaman tentang bagaimana tata cara pencalonan untuk mendaftarkan diri menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Serang pada Pilkada Serentak 2020.

"Tidak hanya calon perseorangan, tetapi calon melalui partai politik juga kita berikan pemahaman, jadi dalam pencalonan ini ada aturan main yang harus difahami oleh siapa pun yang ingin mencalonkan," ujar Abidin.

Ia menyebutkan, salah satu syarat calon dari perseorangan harus mendapatkan dukungan dari warga Kabupaten Serang sebanyak 76.752 KTP yang tersebar di 50 persen plus satu jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Serang. "Berarti harus tersebar di 15 kecamatan, itu untuk calon perseorangan,"terangnya.

Untuk calon dari partai politik paling tidak mendapat dukungan 10 kursi yang ada di DPRD Kabupaten Serang. "Kalau punya 50 kursi berarti cuma butuh 10 kursi," katanya.

KPU Kabupaten Serang akan membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati baik dari perseorangan maupun partai pada Juni mendatang. "Kalau yang mau nyalon banyak, tapi kalau calon perseorangan itu sudah ada satu orang yang berkomunikasi dengan KPU," katanya.

Sementara Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang hadir pada sosialisasi tersebut mengimbau kepada KPU untuk memperbaiki tingkat partisipasi masyarakat karena pada Pilkada 2015 sangat rendah kurang dari 70 persen. Maka, ini buaknnya hanya tugas KPU tapi juga pemda dan perangkatnya mulai dari tingkat kecamatan dan desa harus menyampaikan kepada masyarakat pentingnya dating ke TPS (tempat pemungutan suara).

“Masyarakat harus punya kepentingan pada pilkada karena mereka memilih calon pemimpin yang akan membawa kebijakan di Kabupaten Serang lima tahun kedepan, itu harus disadarkan di masyarakat. Memang kalau semakin tinggi pastisipasi masyarakat semakin bagus, karena masyarakat sadar akan politik,”ujar Tatu.

Reporter: Didi Rosadi
Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Juni, KPU Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Serang

PEMERINTAHAN

72 dibaca
Rakor, Pjs Bupati Serang Fokus Penanganan Covid-19
175 dibaca
Wagub Andika Lantik Pjs Bupati Serang dan Pandeglang

POLITIK

20 dibaca
Uji Publik DPS, KPU Kabupaten Serang Pastikan DPT Bakal Bertambah
305 dibaca
Dapat Nomor Urut 1, Tatu-Pandji Siap Tuntaskan Pembangunan
201 dibaca
Terapkan Prokes Covid, KPU Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wabup Serang

HUKUM & KRIMINAL

173 dibaca
Polres Serang Ringkus Dua Pelaku Penggelapan Ribuan Sepatu Ekspor
89 dibaca
Dua Gadis ABG Digilir Tujuh Pemuda

PERISTIWA

277 dibaca
Curi Kotak Amal, TSP jadi Bulan-bulanan Warga
447 dibaca
Razia Prokes, Gugus Tugas Kabupaten Serang Sanksi Puluhan Pelanggar

EKONOMI & BISNIS

135 dibaca
Dukung Ketahanan Pangan, Polda Banten PT. IP Budidaya Ikan
Top