Kamis, 29 Oktober 2020

Jokowi Minta Pembangunan Waduk Karian Dipercepat

Joko Widodo saat meninjau proyek pembangunan Waduk Karian. (Foto-ist)
Rabu, 04 Okt 2017 | 19:34 WIB - Lebak Pemerintahan

IBC,  Lebak - Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lebak, kujungan yang berlangsung selama 1 jam ini difokuskan untuk meninjau secara langsung pelaksanaan pembangunan waduk karian, di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak,  Rabu 4-Oktober-2017.

Rombongan Jokowi yang tiba pukul 10 WIB, disambut menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hadi Mulyono bersama sejumlah pejabat daerah Banten. Kepada Menteri PUPR Jokowi meminta agar pembangunan waduk ini dipercepat.

Pembangunan Waduk ini direncanakan akan selesai pada tahun 2019 mendatang, untuk diketahui waduk ini akan dimanfaatkan sebagai penyediaan air RKI untuk Kabupaten Lebak, Tangerang dan Wilayah DKI Jakarta sebear 9,1 m3/detik, selain itu waduk karian juga rencananya akan berfungsi untuk penyediaan kebutuhan suplesi ke Daerah Irigasi Ciujung dengan luas eksisteing 22.000 ha, kebutuhan air RKI kota Cilegon serta Kabupaten Serang sebesar 5,5 m3/detik.

Waduk terbesar se Asia Tenggara ini juga berfungsi sebagai pengendalian banjir dareah hilir yang merupakan kawasan strategis dengan infrastruktur penting seperti Jalan Tol Jakarta-Merak, Kawasan Industri Terpadu, dengan kapasitas tambungan banjir sebesar 60,8 juta m3.

Menurut Bupati Lebak   Iti Octavia Jayabaya, selain dimanfaatkan sebagai sumber penyediaan air baku dan sebagai pengendali banjir, di waduk ini juga kedepannya akan dikembangkan wisata air dan juga akan dibangun Pembangkit Lisrik Tenaga Minihidro (PLTM) sebesar 1,8 MW.

“Kami ucapkan terimakasih kepada bapak Presiden, tadi Pak Presiden menyampaikan juga Inshaa Allah beliau akan mengecek juga ke lapangan ke wilayah selatan untuk mengecek pembangunan pabrik semen dan kawasan wisata terpadu sawarna” Ujar Bupati.

Setelah meninjau pembangunan waduk karian presiden langsung menuju Kabupaten Pandeglang untuk meninjau embung di Wilayah itu, sebelum bertolak ke Cilegon untuk menghadiri Peringatan HUT TNI.

 

Reporter: Fahdi Khalid
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Jokowi Minta Pembangunan Waduk Karian Dipercepat

BERITA TERKAIT

PEMERINTAHAN

185 dibaca
Terintegrasi dengan Pusat, Pemkab Serang Gunakan Aplikasi SIPD
226 dibaca
Libur Panjang, Sekda : Mending Sama Keluarga

POLITIK

80 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang, KPU Target Partisipasi Pemilih 80 Persen
131 dibaca
Ratu Tatu: Pendidikan Gratis hingga Perguruan Tinggi

HUKUM & KRIMINAL

72 dibaca
Hari Kedua Operasi Zebra Kalimaya, 148 Pengendara Ditilang
179 dibaca
Dua Residivis Sindikat Curanmor Dibekuk Polisi

PERISTIWA

176 dibaca
Dirlantas : Tidak Ada Penilangan Pada Operasi Zebra Kalimaya 2020
112 dibaca
ACT Banten Kunjungi Pulau Tunda

EKONOMI & BISNIS

203 dibaca
Buruh Kerja Selama Cuti, Perusahaan Harus Bayar Lembur
168 dibaca
Empat Perumahan Serahkan Fasos Fasum ke Pemkab Serang
Top