Rabu, 12 Juni 2024

Jelang Pemilu 2024, Pemprov Banten Gencar Salurkan Bantuan Sosial

[Foto Ilustrasi/Net]
Selasa, 06 Feb 2024 | 08:09 WIB - Banten Lebak

lBC, Lebak - Proses Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 hanya tinggal menghitung hari yakni pada 14 Februari 2024. Pada momen menjelang pesta demokrasi tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) gencar menyalurkan bantuan sosial atau bansos kepada masyarakat.

Terbaru, melalui rilis Pemprov Banten penyaluran bansos dan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk masyarakat Kabupaten Lebak diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar. Penyaluran dilaksanakan di dua tempat, yakni di Halaman RSUD Malingping dan di Halaman Kantor Kecamatan Curugbitung pada Senin, 5 Februari 2024.

Penyaluran itu dilakukan dalam rangka Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak Pemerintah Provinsi Banten di Kabupaten Lebak. Ratusan paket Bansos dan UEP itu diberikan guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Pemprov Banten melakukan penyalurannya di awal tahun, sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat penerima bantuan.

“Hari ini kita Segenap Aparatur tampil melayani. Kita lakukan penyerahan bantuan sosial, TNI dengan pelayanan pembinaan masyarakatnya dan Polri dengan pelayanan ketertiban masyarakat dan seterusnya,” ungkap Al Muktabar seusai penyerahan Bantuan Sosial di Lapangan Parkir RSUD Malingping Kabupaten Lebak.

“Bantuan Sosial ini diberikan kepada masyarakat merupakan bantuan yang telah menjadi hak masyarakat, dimana jumlah sasaran penyalurannya merupakan usulan dari bawah atau secara button up,” tambahnya.

Penjabat Sekretaris Daerah Banten Virgojanti dalam sambutannya mengatakan, bantuan kursi roda bagi disabilitas diberikan sebanyak 81 unit se Provinsi Banten untuk Kabupaten Lebak sebanyak 10 Unit, bantuan tongkat ketiak bagi disabilitas sebanyak 80 pasang se Provinsi Banten untuk Kabupaten Lebak sebanyak 10 Pasang.

Kemudian Bantuan Kaki Palsu sebanyak 30 buah se Provinsi Banten untuk Kabupaten Lebak sebanyak 3 buah, bantuan Alat Bantu Dengar bagi Disabilitas sebanyak 39 pasang se Provinsi Banten dan alokasi untuk Kabupaten Lebak sebanyak 5 Pasang.

“Bantuan tongkat kaki tiga bagi lanjut usia sebanyak 200 buah Se Provinsi Banten untuk Kabupaten Lebak Sebanyak 25 Buah, bantuan Jaminan Sosial Keluarga dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrim se Provinsi Banten sebanyak 65.000 per Kartu Keluarga (KK) untuk Kabupaten Lebak sebanyak 15.897 Penerima KK, Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) se Provinsi Banten sebanyak 740 penerima untuk Kabupaten Lebak sebanyak 100 penerima,” ungkap Virgojanti.

Selanjutnya bantuan Permakanan Susu dan Telur se Provinsi Banten lanjut virgo, sebanyak 12.000 anak stunting dan gizi buruk, masing masing anak mendapatkan 6 Kg Telur dan Susu UHT ukuran 125 ml sebanyak 90 buah, bantuan beras untuk Kabupaten Lebak sebanyak 3.380 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masing-masing 10 Kg.

Bantuan makanan bernutrisi untuk anak Stunting sebanyak 425 anak Se Provinsi Banten untuk kabupaten Lebak Sebanyak 50 paket jenis bantuan yang diberikan berupa beras fortifikasi, telur, Susu UHT, Kacang hijau, Biscuit regal, gula aren dan minyak goreng.

“Untuk bantuan pemberdayaan ekonomi perempuan untuk perempuan kepala keluarga dan orang tua anak stunting, jenis bantuan yang diberikan oven dan loyang sebanyak 2.200 penerima bantuan Se- Provinsi Banten dan chopper sebanyak 385 buah, untuk bantuan natura untuk perempuan dan anak penyintas kekerasan diberikan sebanyak 100 orang penerima berupa beras, kacang hijau, sarden, teh celup, susu, minyak goreng dan tepung terigu,” tambahnya.

Sedangkan bantuan benih padi, sambung Virgo, untuk 120 Ha sebanyak 3.000 Kg (3 Ton) dengan simbolis diterima oleh Poktan Tani Bina Harapan, bantuan benih cabai untuk 0,5 Ha, Sebanyak 6 Pack, Insektisida Karbofuran 3 G 5 Kg, Mulsa Plastik Hitam Perak 4 Roll, Pupuk Organik Granule 250 Kg, NPK 16-16-16 100 Kg, TSP/SP36 25 Kg, KCl 25 Kg diserahkan secara simbolis kepada Poktan Gelam Tani.

“Untuk bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa untuk Kabupaten Lebak diberikan kepada 340 Desa masing-masing Desa menerima sebesar Rp. 100.000.000, bantuan Ikan Konsumsi Sebanyak 100 bag, bantuan listrik Desa untuk Kabupaten Lebak diberikan kepada 2.500 Rumah Tangga Sasaran, serta melakukan penyerahan Sertifikat Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Bagi UMKM di Kabupaten Lebak sebanyak 17 Sertifikat yang diterima secara simbolis oleh UMKM Utas Bambu,” tutup Virgojanti.[Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Jelang Pemilu 2024, Pemprov Banten Gencar Salurkan Bantuan Sosial
hclh

INILAH SERANG

458 dibaca
Varietas Migo Sukses, Kabupaten Serang Bersiap Jadi Sentra Kedelai
2319 dibaca
Fitnah Keluarga Atut, Aktivis Isbatullah Alibasja Dilaporkan ke Polda Banten

HUKUM & KRIMINAL

723 dibaca
132 Bandar, Pengedar dan Pemakai Narkoba Diringkus Polres Serang
1542 dibaca
Ini yang Terjadi Ketika Polisi di Serang Kena Teror Bom

POLITIK

1326 dibaca
Isu Cagub Rano Karno Akan Tersangka Gerus Elektabilitas

PENDIDIKAN

3016 dibaca
Mahasiswa Desak Dindikbud Banten Usut Pungli di SMKN 2 Kota Serang
Top