Jumat, 01 Maret 2024

Jangan Menimbun Harta, Ingat Bayar Zakat Mal!

[foto ilustrasi]
Jumat, 22 Jun 2018 | 22:29 WIB - Mozaik Islami

SEORANG muslim yang mampu dalam ekonomi wajib membayar sebagian harta yang dimiliki kepada orang-orang yang berhak menerimanya baik melalui panitia zakat maupun didistribusikan secara langsung / sendiri.

Hukum zakat adalah wajib bila mampu secara finansial dan telah mencapai batas minimal bayar zakat atau yang disebut nisab. Sekarang kita akan lanjut membahas bagaimana perhitungan zakat. Berikut pembahasannya.

Zakat Maal = 2,5% x Jumlah Harta Yang Tersimpan Selama 1 Tahun (tabungan dan investasi)

Menghitung Nisab Zakat Mal = 85 x harga emas pasaran per gram

Contoh Perhitungan Dalam Zakat Maal Harta:

Nyonya Upit Marupit punya tabungan di Bank Napi 100 juta rupiah, deposito sebesar 200 juta rupiah, rumah rumah kedua yang dikontrakkan senilai 500 juta rupiah dan emas perak senilai 200 juta. Total harta yakni 1 milyar rupiah. Semua harta sudah dimiliki sejak satu tahun yang lalu.

Jika harga 1 gram emas sebesar Rp. 250.000,- maka batas nisab zakat maal adalah Rp. 21.250.000,-. Karena harta Nyonya Upit Marupit lebih dari limit nisab, maka ia harus membayar zakat mall sebesar Rp. 1 milyar x 2,5% = 25 juta rupiah per tahun.

Harta yang wajib dibayarkan zakat mal / zakat harta : Emas, perak, uang simpanan, hasil pertanian, binatang ternak, benda usaha (uang, barang dagangan, alat usaha yang menghasilkan) dan harta temuan.

Perhitungan untuk hasil pertanian, peternakan, dan harta temuan ada ketentuan yang berbeda dalam hal nisab maupun besaran zakatnya. Ada juga buku yang berpendapat nisab emas adalah 93,6 gram dan perak 672 gr. Untuk lebih mudah bisa kita konversi ke rupiah dulu.

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang menimbun harta. Oleh karena itu hiduplah sederhana dan gunakan harta untuk diputar kembali dalam perekonomian secara halal. Jangan lupa perbanyak sedekah. [org/lnilah]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Jangan Menimbun Harta, Ingat Bayar Zakat Mal!

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

585 dibaca
Pemilihan Kang Nong Kabupaten Serang Kembali Digelar
718 dibaca
HPN 2021, SMSI Tuntaskan Bangun Jalan dan Sanitasi untuk Masyarakat

HUKUM & KRIMINAL

2313 dibaca
Palsukan Ijazah, Kades Umbul Jaya Ditahan
1046 dibaca
Curi Kotak Amal, TSP jadi Bulan-bulanan Warga

POLITIK

1966 dibaca
Pengumuman Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Lebak
868 dibaca
Pemkab Beri Dukungan terhadap 2 Raperda Prakarsa DPRD

PENDIDIKAN

1745 dibaca
Pemkab Serang Siap Bantu Penerima Beasiswa di Universitas Terbuka
1406 dibaca
Belasan Warga Binaan Rutan Serang Ikuti UNBK
Top