Senin, 20 Mei 2024

Jambore Komunitas Demokrasi, KPU Banten Utus 2 Relawan

Peseta Jambore Demokrasi dari Banten, Yogi Iskandar (kiri), anggota KPU RI, Pramono U Tantowi (kanan). (Foto Istimewa)
Kamis, 17 Agt 2017 | 18:50 WIB - Politik

lBC, Bogor - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, mengutus dua orang relawan demokrasi sebagai peserta dalam Jambore Komunitas Demokrasi yang diselenggarakan oleh KPU RI di Hotel Neo Sentul, Bogor. Acara yang berlangsung sejak Selasa 15 Agustus hingga Kamis 17 Agustus 2017 ini mengambil tema Gerakan Sadar Pemilu.

Salah satu utusan KPU Banten, Yogi Iskandar mengatakan, secara resmi acara dibuka pada Selasa, 15 Agustus sore. Nampak kata dia, ketua dan semua anggota KPU RI saat pembukaan.

"Peserta dalam acara ini yaitu utusan dari setiap provinsi yang diseleksi oleh KPU provinsi, masing-masing provinsi mendelegasikan tiga orang peserta," kata Yogi yang juga sebagai relawan demokrasi Provinsi Banten pada Kamis, 17 Agustus 2017 di Hotel Neo, Sentul, Bogor.

Kata Yogi, agenda yang didiskusikan dalam jambore diantaranya tentang, grand design komunitas pemilu dan demokrasi, kemudian membentuk komunitas mandiri.

"Dibicarakan juga tentang strategi partisipasi komunitas dan persiapan kegiatan partisipasi komunitas, kemudian secara bersama peserta melakukan upacara kemerdekaan di Kawasan gedung KPU RI tanggal 17 Agustus ini," ujarnya

Atas terselenggaranya acara tersebut, Yogi berharap niatan KPU RI untuk memperluas jaringan relawan pemilu, mampu diaplikasikan secara berkelanjutan.

"Saya ingat seorang aktivis, Munir namanya, kurang lebih dia mengatakan, dia lebih baik berteman dengan tukang kopi, yang mau berbuat dengan kopinya, dari pada dengan intelektual yang tidak mau berbuat dengan makalahnya," katanya

Setidaknya kata Yogi, masih banyak dari masyarakat, kalangan yang rela menuangkan pemikiran dan tenaganya untuk  mendongkrak partisipasi masyarakat dalam proses demokrasai.

"Bukan hanya komunitas dan relawan demokrasi, tapi kesadaran peduli pemilu harus disosialisasikan oleh semua kalangan, tokoh, akademisi, pemerintah dan masyarakat pada umumnya," ujarnya.

Reporter: Arif Soleh
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Jambore Komunitas Demokrasi, KPU Banten Utus 2 Relawan

BERITA TERKAIT

INILAH SERANG

993 dibaca
Wabup Serang Pimpin Pengosongan dan Bongkar Tempat Hiburan Malam di JLS
2379 dibaca
Kementrian PUPR Siapkan Rp185,5 Milyar Untuk Lahan Tanggul Ciujung, Ini Ceritanya

HUKUM & KRIMINAL

1633 dibaca
Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Pembantaian Satu Keluarga
1430 dibaca
Salah Sasaran, Warga Tanara Kena Bacok

POLITIK

212 dibaca
Ulama dan Umaro se Kabupaten Serang Gelar Istighosah Jelang Pemilu 2024
1594 dibaca
Bahrul Ulum: Kuatkan Kelembagaan Karang Taruna Kecamatan dan Desa

PENDIDIKAN

1649 dibaca
IMIKI Banten Imbau Anak-Anak Pilih Tayangan yang Sesuai
1531 dibaca
Tiga Kementrian Teruskan Praktik Baik Usaid Prioritas
Top