Jumat, 07 Mei 2021

Irna Minta Desa Lebih Tingkatkan PADes

Bupati Pandeglang Irna Narulita. [Foto: lnilahBanten/Syam]
Rabu, 13 Jan 2021 | 21:54 WIB - Pandeglang

lBC, Pandeglang - Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta agar seluruh desa yang ada di Kabupaten Pandeglang bisa lebih meningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) pada 2021 ini. Pasalnya, ditengah pandemi covid-19 ini seluruh desa diharapkan tidak terlalu bergantung kepada anggaran yang digelontorkan dari pemerintah pusat saja. 

"Kondisi seperti ini walaupun pahit harus disampaikan, harus bersiasat untuk menigkatkan PADes," ucap Irna kepada wartawan di Pandeglang pada Rabu, 13 Januari 2021.

Dikatakannya, banyak faktor yang bisa diberdayakan untuk meningkatkan PAD di tingkat desa. Salah satunya memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sehingga dengan adanya pemberdayaan BUMDes bisa meningkatkan PADes. 

"Berdayakan BUMDes, sehingga BUMDes bisa memberikan kontribusi meningkatkan PADes. Minimal tiga tahun seperti ini. Jadi harus bersiasat strategis untuk meningkatkan," katanya. 

Selain itu, Angaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) harus lebih difokuskan kepada padat karya tunai. Dimana, dengan anggaran itu nantinya bisa lebi memberikan peningkatan kepada masyarakat yang memiliki kemampuan di desa tersebut. Pasalnya, uang yang bersumber dari APBDes itu nantinya bisa memutar roda perekonomian masyarakat. 

"Sehingga uang Rp800 juta itu, tidak boleh keluar dari desa tersebut. Mana masyarakat yang bisa bekerja disitu dapat uang bisa untuk makan. Terus, matrial dari sana. Dan Ekonomi itu akan terus berputar," tandasnya.[Syam/Ars]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Irna Minta Desa Lebih Tingkatkan PADes
hut cilegon pa aef

INILAH SERANG

19 dibaca
Lagi, Polres Serang Ringkus Pengguna dan Pengedar Sabu

HUKUM & KRIMINAL

19 dibaca
Lagi, Polres Serang Ringkus Pengguna dan Pengedar Sabu

POLITIK

248 dibaca
Dinilai Sudah Tak Sehat, Pengurus Bapera Tangsel Membubarkan Diri

PENDIDIKAN

251 dibaca
Pemkab Serang Mulai Pembelajaran Tatap Muka Dimasa Pandemi
Top