Selasa, 18 Januari 2022

Instagram Tambah Fitur Keamanan untuk Remaja

Sabtu, 20 Mar 2021 | 22:09 WIB - Teknologi

lBC, Jakarta - Platform berbagi foto dan video Instagram memperbarui fitur keamanan mereka untuk menjaga pengguna anak muda atau remaja.

Fitur keamanan tersebut antara lain membatasi aktivitas di fitur Direct Messages hingga panduan untuk orang tua, seperti dikutip dari siaran resmi Instagram, Sabtu (20/3/2021).

Panduan untuk orang tua

Instagram memperbarui panduan untuk orang tua, yang kini berisi penjelasan tentang fitur keamanan, pengaturan privasi, tips dan sejumlah inspirasi pernyataan untuk membuka percakapan dengan remaja seputar pengalaman di media sosial.

Di AS, Singapura, Indonesia, Brasil, Argentina, India, Meksiko, dan Jepang, Instagram bekerja sama dengan ahli dan institusi untuk isu media sosial di kalangan remaja.

Batasan usia

Instagram selama ini mewajibkan pengguna berusia minimal 13 tahun untuk bergabung ke platform tersebut. Instagram sudah mengadakan verifikasi untuk memastikan pengguna mematuhi batasan usia.

Terbaru, platform ini mengaplikasikan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu remaja menerapkan fitur-fitur yang sesuai dengan usia mereka.

Membatasi fitur DM

Instagram kini membatasi fitur pesan pribadi Direct Messages atau DM untuk pengguna yang berusia di bawah 18 tahun. Orang dewasa tidak bisa mengirim DM kepada remaja yang bukan pengikut mereka.

Fitur ini mengandalkan kemampuan pembelajaran mesin atau machine learning untuk memprediksi usia pengguna, yang dimasukkan ketika mendaftar Instagram. Platfom tersebut sedang berupaya beralih ke teknologi enkripsi end-to-end.

Notifikasi di DM

Instagram juga memperkenalkan fitur notifikasi di fitur DM untuk mendorong pengguna remaja berhati-hati ketika berinteraksi dengan orang dewasa yang sudah terhubung dengan mereka.

Notifikasi akan muncul jika Instagram menemukan ada pengguna dewasa yang berperilaku mencurigakan ingin berinteraksi lewat DM, misalnya ketika pengguna dewasa mengirim banyak permintaan pertemanan kepada pengguna di bawah 18 tahun.

Instagram akan memperingatkan remaja penerima pesan dan memberikan pilihan untuk mengakhiri percakapan, memblokir atau melaporkan pengirim pesan.

Perbaikan di 'Suggested Users'

Instagram akan membatasi pengguna dewasa melihat akun remaja melalui fitur 'Suggested Users', terutama untuk orang dewasa yang berperilaku mencurigakan.

Pembatasan ini juga berlaku untuk fitur Explore dan Reels.

Akun privat

Instagram akan menawarkan opsi mengaktifkan akun privat kepada pendaftar yang berusia di bawah 18 tahun agar mereka bisa mempelajari perbedaan antara akun publik dan privat.[lnilahcom]

Bagikan:

KOMENTAR

Instagram Tambah Fitur Keamanan untuk Remaja

INILAH SERANG

29 dibaca
Bupati Beri Semangat, Vaksinasi Anak di Kabupaten Serang Dimulai
36 dibaca
Begini Kronologi Pembuangan Bayi di Areal Pesawahan Pontang
85 dibaca
Tekan Harga, Diskopumindag Kabupaten Serang Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

HUKUM & KRIMINAL

36 dibaca
Begini Kronologi Pembuangan Bayi di Areal Pesawahan Pontang
121 dibaca
Polres Serang Tangkap Dua Pelaku Pembuang Bayi di Pontang
326 dibaca
Penemuan Bayi di Areal Sawah Gegerkan Warga Pontang

POLITIK

330 dibaca
Pilkada Kabupaten Serang 2024, KPU Ajukan Anggaran Rp107 Miliar
1051 dibaca
Pendukung Anies Dideklarasikan di Banten
1304 dibaca
Diskominfosatik Kabupaten Serang Ajak IPPNU Sinergi Adakan Literasi Digital

PENDIDIKAN

308 dibaca
Ratusan Kepala Sekolah di Pandeglang Dilantik
195 dibaca
Pemkab Serang Berikan Bantuan Sepatu untuk Siswa SDN Ujungtebu 3
Top