Kamis, 18 April 2024

Inspektorat Kabupaten Serang Audit Akhir Masa Jabatan 32 Kepala Desa

Inspektur Kabupaten Serang, Drs. Rudy Suhartanto, M.Si
Senin, 13 Nov 2023 | 10:06 WIB - Serang Pemerintahan

lBC, Serang - Inspektorat Kabupaten Serang dibawah komando inspektur, Drs. Rudy Suhartanto, M.Si dan Sekretaris Inspektorat Rudi Pringadi terus berupaya agar tugas pokok dan fungsi pemerintahan berjalan sesuai aturan.

Hal tersebut tercermin dari sejumlah program kerja yang dilakukan, salah satunya melakukan audit kepala desa habis masa jabatan hingga menindaklanjuti rekomendasi Monitoring Center for Prevention (MCP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada area pengawasan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP).

Inspektur Kabupaten Serang Rudy Suhartanto mengatakan berdasarkan Undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah Daerah pasal 216 agar 2 Inspektorat daerah mempunyai tugas membantu kepala daerah membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menandai kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.

Salah satu yang dilaksanakan tahun ini adalah melakukan pemeriksaan khusus (Riksus) Akhir Masa Jabatan Kades (AMJ) atau audit terhadap 32 kepala desa habis masa jabatan pada 2023. Dimana audit dilakukan sejak Agustus 2023. "Hasil audit dari inspektorat tersebut merupakan salah satu persyaratan incumbent untuk dapat mencalonkan kembali dengan ketentuan bebas dari segala temuan hasil audit akhir masa jabatan kades tersebut," ujar Rudy Suhartanto.

Ia mengatakan riksus AMJ baru selesai sekitar 50 persen. Apabila ada temuan maka akan ditindaklanjuti oleh desa, dimana desa diberi waktu 60 hari sejak ditetapkan LHP untuk menindaklanjuti temuan. "Masing masing desa berbeda 60 harinya, karena penerapan LHP nya sendiri sendiri. Tapi diberi kesempatan untuk menindaklanjuti hasil riksus," ucapnya.

Inspektorat telah berkoordinasi dengan Inspektorat Jendral (Irjen) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) untuk dapat melaksanakan open recruitment pegawai Aparat Pengawas Intern Pemerintah atau APIP di tahun 2023, khususnya pada Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah (PPUPD) sebanyak 21 orang.

Hal itu disampaikan Inspektur Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto. Selanjutnya pada tahun 2024, Inspektorat Kabupaten Serang juga akan open recruitment Jabatan Fungsional Auditor sebanyak 10 orang yang akan dikoordinasikan dengan BPKP.

”Perekrutan dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi Monitoring Center For Prevention (MCM) KPK pada Area Pengawasan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), Inspektorat Kabupaten Serang memiliki permasalahan kurangnya jumlah SDM pengawas APIP,” kata Rudy Suhartanto melalui keterangan tertulis pada Rabu, 8 November 2023. 

Dalam pelaksanaan pemenuhan pegawai APIP, Inspektorat Kabupaten Serang telah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan BKPSDM Kabupaten Serang dalam open recruitment tersebut.

Pihaknya pun telah melakukan penjaringan di OPD-OPD Kabupaten Serang sesuai dengan kualifikasi umur, latar belakang pendidikan, track record selama menjadi ASN Kabupaten Serang, dan lain-lain yang telah ditentukan dengan kebutuhan pegawai APIP di Inspektorat Kabupaten.

Sekadar diketahui, saat ini Inspektorat Kabupaten Serang memiliki 86 pegawai. Rinciannya, eselon II satu orang, eselon III enam orang, eselon IV satu orang, penyetaraan pejabat fungsional dua orang, auditor 45 orang, PPUPD 10 orang, pelaksana 11 orang, dan pramubakti (pegawai non PNS) 10 orang.

Di samping itu, dalam rangka mengevaluasi kinerja Inspektorat Kabupaten Serang dan mencari solusi dari permasalahan-permasalahan atau hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas, minimal sebulan sekali, pihaknya melaksanakan Diskusi bersama Inspektur dan APIP (Diskobarpapi).[Adv]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Inspektorat Kabupaten Serang Audit Akhir Masa Jabatan 32 Kepala Desa
aulmummc zf

INILAH SERANG

681 dibaca
PKK Kabupaten Serang Gelar Rapid Tes Gratis, Ini Hasilnya

HUKUM & KRIMINAL

1556 dibaca
Dua Pengedar Sabu di Serang Diringkus Polisi

POLITIK

1729 dibaca
Konsolidasi, Ribuan PKS Muda Banten Ikut The Beach Party
Top