Sabtu, 02 Maret 2024

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Byson Karbu

Foto: Liputan6.com
Rabu, 28 Des 2022 | 01:20 WIB - Teknologi

Yamaha Byson sudah dirilis sejak tahun 2010 lalu. Kendaraan satu ini sempat menjadi motor naked bike yang banyak dicari oleh orang pada masa itu. Daya tarik dari Yamaha Byson Karbu ini adalah desainnya yang gagah dan terlihat lebih berotot. Bahkan, ini juga termasuk ke dalam salah satu model motor sport yang cukup populer.

Memang motor sudah sangat lama tidak diproduksi lagi. Meskipun begitu, kamu tetap bisa membelinya melalui motor bekas. Untuk kamu yang berencana membeli motor Yamaha Byson Karbu ini, simak kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut.

Kelebihan Yamaha Byson Karbu

  1. Tampilan yang Mirip Dengan Big Bike

Hal pertama yang menjadi kelebihan Yamaha Byson Karbu adalah tampilannya mirip dengan Big Bike. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bodi sepeda motor ini begitu kekar dengan tangki berukuran besar, yakni 12 liter. Covernya sendiri menggunakan plastik yang diklaim oleh Yamaha agar mudah membentuk lekuk tangkinya.

Lalu pada bagian kaki-kakinya yang kekar dan padat juga menjadi daya tarik tersendiri. Pada saar itu, Yamaha Byson jadi motor sport dengan ukuran ban terbesar. Pada bagian depan memakai ukuran 110/80-17 dan bagian belakang berukuran 120/70-17. Hal tersebut tidak terlepas dari suspensi depan teleskopik yang memiliki diameter tabung 41 mm. Sedangkan suspensi belakang menggunakan monosok sehingga sangat empuk dan nyaman dikendarai.

  1. Sangat Irit Bensin

Bagian selanjutnya yang menjadi kelebihan Yamaha Byson Karbu adalah sangat irit bensin. Walaupun masih menggunakan sistem pengabutan bahan bakar jenis karburator, namun konsumsi bahan bakar Yamaha Byson generasi pertama ini tergolong irit. Sepeda motor ini bisa mencapai 44 km/liter dengan bahan bakar oktan 92.

Sedangkan kapasitas tangkinya adalah mencapai 12 liter. Iritnya konsumsi bahan bakar ini tidak terlepas dari spesifikasi mesin 4 tak, 153 cc, SOHC 2 katup pendingin  udara. Hal tersebut bisa menghasilkan tenaga 10,1 PS di 7.500 rpm. Bahkan, bagian torsi maksimal adalah 10,5 Nm di 5.500 rpm yang nantinya disalurkan melalui transmisi manual lima percepatan.

Untuk bagian mesinnya sudah disokong penyuplai bahan bakar berupa karburator tipe vakum, mikuni BS 26. Kinerja mesinnya juga cenderung smooth dan mulai terasa ngisi ketika putaran mesin berada di angka 4.000 rpm lebih.

  1. Posisi berkendara menjadi sangat nyaman

Kenyamanan berkendara saat menggunakan sepeda motor juga menjadi pertimbangan yang sangat tinggi. Hal tersebut ternyata bisa dilakukan melalui Yamaha Byson Karbu. Hal itu dikarenakan setangnya sangat lebar sehingga memudahkan dalam bermanuver.

Selain itu, bagian joknya juga berukuran besar dan empuk dengan model tandem. Hal tersebut semakin menambah kenyamanan untuk pengemudi. Bahkan, kenyamanan itu juga bisa terasa pada saat akan berboncengan.

Kekurangan Yamaha Byson Karbu

  1. Karburator Terasa Ngempos

Kekurangan yang paling terasa pada Yamaha Byson ini adalah bagian karburator terasa ngempos. Ini juga menjadi salah satu kendala yang sering dialami oleh pengendara. Gejala yang paling terasa adalah karburator selalu batuk-batuk sehingga performa mesinnya tidak lagi maksimal.

Solusi yang sering dilakukan adalah mengganti dengan karburator tipe skep langsung atau non vakum. Mayoritas penggunakan Kelhin PE28. Selain sebagai obat karburator, Kelhin PE28 juga bisa untuk menambah akselerasi lebih agresif.

Demikian kelebihan dan kekurangan Yamaha Byson Karbu. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Byson Karbu

INILAH SERANG

1201 dibaca
Menyerap Informasi Kapolsek Cikeusal Datangi Ketua MUI
723 dibaca
Warga Komplek Lebak Indah Digerebeg Polisi saat Asik Hisap Sabu

HUKUM & KRIMINAL

2176 dibaca
Tiga Tersangka Curanmor Tersungkur Ditembak
1442 dibaca
Polres Kota Serang Siap Gusur Ormas Yang Bertentangan Dengan Pancasila

POLITIK

2957 dibaca
Tim WH-Andika Tagih Janji Tim Rano-Embay ‘Siap Menang dan siap Kalah’
1810 dibaca
Rolling Posisi Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Pontjo Gantikan Nurhadi

PENDIDIKAN

1604 dibaca
Kondisinya Sudah Tak Layak, SMPN Satap 5 Sajira Butuh Perbaikan
1006 dibaca
Andika Sebut 91,32 Persen SMA/SMK Menyelenggarakan UNBK Mandiri
Top