Jumat, 12 Juli 2024

Ini Klarifikasi Panitia Pilkades di Pandeglang Soal Dugaan Pungutan Biaya ke Calon

Surat keterangan pernyataan Klarifikasi ketiga Panitia Pilkades. (Foto-Saepullah/inilahbanten)
Selasa, 10 Okt 2017 | 18:46 WIB - Pandeglang Hukum & Kriminal

IBC, Pandeglang - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  Desa Ciburial,  Desa Keramat Jaya dan Waringin Kirung,  Kecamatan Cimanggu,  Kabupaten Pandeglang membuat klarifikasi terkait mencuatnya dugaan pungutan biaya kepada Calon Kepala Desa (Calkdes).

Ketiga panitia masing-masing membuat surat keterangan pernyataan klarifikasi yang ditandatangani Penanggung Jawab Panitia Pilkades dan Ketua Panitia Pilkades masing-masing desa yang beredar dikalangan wartawan. Dalam keteranganya,  para panitia tidak meminta atau memungut biaya kepada Bakal Calon Kepala Desa tersebut.

Dalam pernyataan dari panitia Pilkades Desa Ciburial dengan nomor surat 03/pilkades/ds/2017 ditandatangani oleh Penanggungjawab Pilkades Desa Aang Wardani dengan cap BPD dan Ketua Pilkades Desa Ciburial Otong Suntana dan diketahui Camat Cimanggu Suheli dan Ketua Panita Pilkades Tinggal Kecamatan yang juga Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Encep Hadikusuma.

Sementara suara penyataan panitia Pilkades Keramatjaya, dengan nomor 07/pilkades/ds/2017 yang ditandatangani Penanggung Jawab Pilkades  Suharya BT  dan Ketua Pilkades Madi Ahmadi dan mengetahui Camat Cimanggu dan Sekretaris Kecamatan (Sekcam).

Begitu pula yang dilakukan panita Pilkades Waringin Kurung, dengan nomor surat 07/pilkades/ds/2017 yang ditandatangani Penanggung Jawab Pilkades Suherman dan ketua Pilkades Aceng Suprandi dengan Camat Cimanggu dan Sekretaris Kecamatan (Sekcam).

Sementara redaksi Surat Keterangan Pernyataan Klarifikasi dari ketiga panitia Pilkades tersebut sama.  Berikut isi lengkap klarifikasi Panitia Pilkades Keramat Jati.

Yang bertandatangan dibawah ini,  kami panitia Pemilihan Kepala Desa Keramat Jati, Kecamatan Cimanggu,  Kabupaten Pandeglang dengan menyatakan bahwa kaitan dengan Pemilihan Kepala Desa,  Kami panitia Pilkades menyatakan dengan sebenarnya tidak pernah meminta/memungut biaya kepada Bakal Calon Kepala Desa yang akan dilaksanakan pemilihannya pada 05 November 2017.

Demikian surat pernyataan klarifikasi ini kami dibuat dengan sebenarnya untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Taufik Hidayat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD)  Kabupaten Pandeglang  mengaku, pihaknya sudah membuat Surat Edaran terkait larangan adanya pungutan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  kepada calon. SE tersebut melarang adanya pungutan biaya kepada calon kepala desa.

"Sudah dilakukan,  ada surat edaran yang saya tandatangani. Pokoknya tidak boleh ada pungutan apapun, sepeserpun, apapun alasannya. Kita tidak mau dengar(adanya pungutan)," tegas Taufik kepada wartawan,  Selasa, 10-Oktober-2017.

Taufik memastikan panitia ketiga desa tersebut telah di panggil Camat dan intansinya. "Sudah dipanggil sama kita,  tapi didahului oleh Camat.  Kata kita panggil mereka (Panitia red), kalau memang mereka tidak melakukan buat surat pernyataan,"ungkapnya.

Reporter: Saepullah
Redaktur: Akew
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Klarifikasi Panitia Pilkades di Pandeglang Soal Dugaan Pungutan Biaya ke Calon

BERITA TERKAIT

jbkj

INILAH SERANG

1078 dibaca
Siap Menangkan Tatu-Pandji, Ini Aspirasi Warga Baros
1296 dibaca
400 Peserta Ikuti Lomba Mancing AKCF 2018

HUKUM & KRIMINAL

1692 dibaca
Personil Polsek Cikande Berhasil Selamatkan Uang Nasabah Rp80 Juta
1620 dibaca
Diduga Aniaya Mantan Istri, Pejabat Dinkes Banten Dilaporkan ke Polisi

POLITIK

651 dibaca
HUT Ke-57 Golkar, Andika Ingatkan Target Pemilu 2024 Airlangga Hartarto Presiden
1608 dibaca
Kapolresta Serang Kumpulkan Ulama, Tokmas dan Cakades, Ada Apa?

PENDIDIKAN

1871 dibaca
Pemkab Pandeglang dan Lebak Siap Berdayagunakan Fasda Untuk Lanjutkan Praktik Ba...
Top