Minggu, 20 Oktober 2019

Ini Dia Perlengkapan Perkayuan yang Wajib Dimiliki untuk Wood Working

Rabu, 14 Agt 2019 | 13:43 WIB - Ekonomi & Bisnis

Apakah Anda seorang tukang kayu ataukah Anda punya hobi yang berhubungan dengan wood working? Jika iya, maka Anda pasti sudah tak asing dengan beberapa alat perkayuan di bawah ini. Bukan hanya tukang kayu sejati, kini banyak anak muda yang juga belajar membuat aneka perkakas dan kerajinan dari bahan kayu. Hasil karya mereka ternyata cukup Instagrammable juga lho.

Tentunya butuh skill dan pengalaman untuk menghasilkan karya yang bagus dalam wood working dan wood crafting. Nah itu semua harus ditunjang dengan beberapa perkakas wajib untuk carpenter. Apa saja sih senjata para tukang kayu yang wajib dimiliki?

Gergaji

gergaji

sumber : grid.id

Tak ada tukang kayu yang bisa bekerja tanpa gergaji, baik itu gergaji manual maupun gergaji listrik. Seorang tukang kayu sejati bahkan bisa memiliki beberapa gergaji sekaligus dalam berbagai ukuran dan tipe, baik itu handsaw, jigsaw, maupun circular. Dengan memiliki beberapa tipe gergaji sekaligus, pekerjaan perkayuan bisa terselesaikan dengan baik.

Roll meter

rol meter

sumber : Pinterest

Roll meter alias meteran tak boleh lupa ada di saku tukang kayu. Sesuai namanya, alat ini berfungsi untuk mengukur dimensi suatu benda, baik itu panjang, lebar, maupun tinggi. Roll meter sangat fleksibel dan bisa mengukur berbagai jenis bidang dengan leluasa. Ditambah lagi roll meter sekarang sudah punya fungsi menggulung sendiri. Roll meter dijual dalam berbagai ukuran, mulai dari 5 meter, 10 meter, 30 meter, sampai 50 meter

Paku, palu, tang

paku palu tang

sumber : safetysign.co.id

Berikutnya adalah paku, palu, dan tang. Kita semua tentu sudah tahu kan fungsi dari masing-masing benda tersebut. Tukang kayu biasanya memiliki beberapa jenis paku dari berbagai ukuran dan disimpan dalam sebuah wadah paku khusus.

Mesin bor

mesin bor

sumber : bp-guide.com

Nah, inilah alat yang akan sangat membantu memudahkan pekerjaan perkayuan, yaitu mesin bor. Dengan alat ini Anda bisa membuat berbagai lubang di kayu, baik lubang besar maupun lubang kecil. Mesin bor dilengkapi dengan bermacam mata bor. Untuk mengebor permukaan keras, Anda butuh mata bor high speed steel. Sedangkan untuk permukaan yang relatif empuk Anda butuh mata bor baja jenis soft low carbon steel.

Alat serut kayu

serut kayu

sumber : my-best.id

Alat serut kayu atau wood planer (atau biasanya disebut alat pasrah) digunakan untuk meratakan permukaan kayu. Proses ini wajib dilakukan untuk menghasilkan rangka perabotan kayu yang mulus sebelum masuk tahap finishing. Untuk hasil yang lebih halus, tukang kayu biasanya juga akan memakai kain amplas berbagai ukuran, dari yang halus sampai kasar. Keduanya wajib punya lho.

Obeng minus dan plus

oben minus

sumber : Shopee.co.id

Obeng hadir dalam berbagai ukuran dan tipe. Tukang kayu menggunakannya untuk memasang pernak-pernik di sebuah perabotan kayu, misalnya slot kunci.

Mesin pahat

mesin pahat

sumber : pixabay.com

Mesin pahat, dikenal juga dengan nama scroll saw, digunakan untuk membuat lubang pada kayu-kayu tebal, seperti lubang kunci. Dengan alat tukang kayu ini tak perlu lagi membuat pahat secara manual menggunakan palu dan alat pahat. Tak cuma itu, scroll saw juga bisa dipakai untuk membuat ukiran ornamental di kayu.

Alat pahat

alat pahat

sumber : ruparupa.com

Yang satu ini tak boleh terlupa ya, sebab walau kecil kegunaannya besar. Sesuai namanya, alat ini dipakai untuk memahat secara manual dan membuat detail yang indah dan berseni pada sebuah perabotan. Tak semua orang bisa menggunakannya, hanya mereka yang terampil, sabar, dan berjiwa seni yang bisa. Alat pahat biasanya dipakai untuk keperluan art woodworking dan bisa pula untuk menghias furniture rumahan.

Nah, itulah beberapa alat dasar yang wajib dimiliki oleh tukang kayu. Simpan peralatan itu menjadi satu di sebuah kotak peralatan agar Anda bisa menggunakannya dengan mudah jika sewaktu-waktu membutuhkannya.[Adv]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Ini Dia Perlengkapan Perkayuan yang Wajib Dimiliki untuk Wood Working
sayembara2

PEMERINTAHAN

153 dibaca
Pemprov Banten Terima Apresiasi dan Penghargaan dari Kemendagri
167 dibaca
Sosialisasikan SLRT, Layanan Sosial Kini Dilakukan Terpadu

POLITIK

679 dibaca
Didiskualifikasi, Balon Kades Garut Malah Kesurupan
117 dibaca
Rapatkan Barisan, Seluruh Dewan Golkar di Banten Diminta Solid

HUKUM & KRIMINAL

212 dibaca
Unit Reskrim Polsek Curug Tembak Gembong Curanmor
127 dibaca
Belum Nikmati Hasil Curanmor, Dua Pelaku Diringkus

PERISTIWA

68 dibaca
Bupati Serang Minta UPZ Maksimalkan Penerimaan ZIS
230 dibaca
Temui Massa Aksi Demo, Bupati Serang Jawab Semua Tuntutan

EKONOMI & BISNIS

105 dibaca
Musim Kemarau, PDAM Tirta Albantani Alami Kerugian Capai Rp5 Miliar
47 dibaca
Andika Jajaki Ekspor Gula Aren dan Manggis via Platform Digital
Top