Rabu, 12 Juni 2024

Imigrasi Hapus Deposit Rp25 Juta Pemohon Paspor

Senin, 20 Mar 2017 | 23:22 WIB - Nasional

lB, Jakarta -- Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham resmi menghapus persyaratan tabungan deposit dengan besaran minimal Rp25 juta untuk pembuatan paspor baru, baik TKI maupun para wisatawan.

Kabag Humas Dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno menjelaskan, hal tersebut dilakukan lantaran banyak masyarakat yang kurang sepakat. Akibatnya menimbulkan sentimen negatif.

"Masyarakat sepertinya kurang berkenan dengan kebijakan ini. Dalam bahasa intelijen media yakni, sentimen negatif. Karena itu buat kami jika tak berkenan maka masyarakat harus didengar jika kebijakan belum dipahami," kata Agung saat jumpa pers dikantornya, Jakarta pada Senin, 20 Maret 2017.

Agung menjelaskan, intinya adalah bukan kalimat Rp25 juta semata. Namun, harus dilihat dokumennya bersifat resmi atau tidak.

Karena, menurutnya, jika dokumennya tidak asli maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi seperti kasus Siti Aishah, yang diduga terlibat pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

"Intinya dokumen asli atu tidak, lalu motifnya genuine atau tidak. Karena jika tak genuine terjadilah kasus Aisyah-Aisyah yang lain," kata Agung.

Namun untuk masyarakat yang hendak melaksanakan haji dan umroh tetap akan diberlakukan deposit. Sedangkan para masyarakat yang hendak berwisata tidak ada rekomendasi namun akan diperketat melalui proses wawancara lebih mendalam.

"Untuk pastikan motifnya jujur agar gak jadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)," papar Agung.

Dengan adanya kebijakan tersebut, Agung menyatakan akan menerbitkan surat edaran ke seluruh Kantor Imigrasi yang ada pada hari ini, Senin, 20 Maret 2017.[lnilahcom]

Redaktur: Arif Soleh
Bagikan:

KOMENTAR

Imigrasi Hapus Deposit Rp25 Juta Pemohon Paspor

BERITA TERKAIT

hclh

INILAH SERANG

1295 dibaca
Berharap Terjalin Hubungan Simbiosis Mutualisme, Jabar Ajak Banten Kerjasama T...
1491 dibaca
Dua Balon Walikota Lukman dan Agus Kritik Pemkot Serang

HUKUM & KRIMINAL

4222 dibaca
Lima Aparatur Desa di Pandeglang Terjaring OTT Saber Pungli
288 dibaca
Warga Pandeglang Buang Bayi hasil Hubungan Gelap di Saluran Air

POLITIK

2554 dibaca
Spanduk Reses Anggota DPRD Pandeglang Diduga Dijadikan Kepentingan Pilkades

PENDIDIKAN

1556 dibaca
Kemdikbud Minta Kepala dan Pengawas Sekolah Berprestasi Sebarkan Praktik Ba...
Top